Lempar Cakram

2 min read

Lempar Cakram – Olahraga lempar cakram disebut sebagai Discus throw. Cakram adalah salah satu dari sedikit atlet yang membuang olahraga. Di bawah ini adalah diskusi lengkap tentang olahraga cakram sempurna, yang mencakup wawasan, gaya teknis, sejarah, dan aturan.

Lempar cakram pada awalnya bukanlah sebuah cabang olahraga, tetapi hanya aktivitas yang dilakukan manusia sehari-hari demi bertahan hidup pada masa berburu dan meramu, bahkan hingga saat ini.

Dalam lemparan cakram ini yakni bukanlah olahraga, namun masih merupakan dalam suatu kegiatan sehari-hari yakni berburu dan mengumpulkan sesuatu.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Lempar Cakram. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Lempar Cakram ?

Pengertian Lempar Cakram adalah salah satu cabang atletik nomor satu di lapangan di mana atlet secara teknis harus melempar tiga cakram untuk pertandingan tunggal untuk mencapai jarak lemparan terbaik sesuai aturan.

Cakram memiliki dalam suatu bentuk yang sama dengan UFO dan panjangnya 22 cm untuk atlet pria dan diameter 18 cm untuk atlet wanita. Cakram ini nantinya akan dibuang dari atlet.

Sejarah Lempar Cakram

Lempar-Cakram

Berdasarkan sejarah lempar cakram sebagai nomor atletik, inilah yang kita ketahui berdasarkan buku Homer berjudul “Odyssy” di masa lalu.

Buku ini memberitahu Anda bahwa gerakan latihan dasar Odyssy adalah caranya, berlari, melompat dan melempar yang dikenal dengan prasejarah primitif.

Bahkan dapat dikatakan bahwa sejak keberadaan manusia, gerakan ini dikenal. Dia membuat berlari, berlari, melompat dan melempar hanya untuk membuatnya tetap aman.

Baca Juga :  Pengertian Wesel

Dalam upaya ini, ia yakni sangat bergantung pada efisiensi fisik. Mereka yang kurang terampil, kurang berlari, kurang bisa berjalan, tidak melompat dengan baik atau mati kelaparan atau menjadi korban dari satwa liar, dan menjadi korban bencana alam.

Jadi sejak zaman prasejarah, manusia telah mendapatkan kekuatan dalam hal ketahanan, kecepatan berjalan, melompat & kemiskinan. Jadi, ada sebagian orang yang menganggap olahraga itu tertua.

Orang Belanda menyebutnya “Atletik sebagai moerder der sporten”, yang berarti atletik adalah olahraga orangtua. Meskipun gerakan olahraga dasar ini telah dikenal sejak zaman manusia, perlombaan atletik mencakup penemuan-penemuan yang dibuang dalam sejarah catatan baru yang terjadi pada zaman kuno sekitar 1000 SM.

Teknik Dasar Lempar Cakram

Atletik-Lempar-Cakram

Adapun berbagai teknik dasar dalam olah raga ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Teknik Memegang Cakram

  • Cakram yakni diletakkan di sisi kiri untuk memudahkan penahanan.
  • Kemudian tangan kanan diletakkan pada cakram di tengah. Rentangkan empat jari untuk menutupi sisi cakram.
  • Kemudian letakkan ibu jari gratis pada cakram apa pun.

b. Teknik Awalan Lempar Cakram

  • Pada bentuk badan yakni akan menghadap ke kedua sisi dengan kedua kaki bahu membahu.
  • Fokus pada gerakan tulang belakang untuk membuka dengan benar dan kemudian ulangi dengan cakram di kanan, belakang dan kiri berulang kali.
  • Kemudian ubah tubuh Anda dengan cepat. Tubuh bagian bawah berputar di depan tubuh bagian atas.

c. Teknik Melempar Cakram

  • Tekan pada kaki kanan untuk mengangkat panggul. Setelah itu dorong kaki kanan Anda ke depan dan ke atas.
  • Tubuh berpakaian ke kanan dan kiri ke kiri kemudian juga berhenti dari gerakan panggul di sebelah kiri juga.
  • Tumpukkan tubuh Anda ke kaki kiri Anda. Posisikan tubuh ke arah lubang lengkap dan lepaskan cakram ke atas.
  • Buang cakram pada sudut 90 derajat sekecil dagu ke arah ibu jari. Keluarkan cakram saat menghadap bahu dan dorong dengan jari telunjuk.
  • Dinyatakan tidak berhasil jika cakram dibuang sebelum mencapai bahu.
  • Tetapi jika cakram akhirnya dirilis, hasil lemparan akan keluar dari area rilis dan hasilnya tidak akan memuaskan.
  • Cakram yakni dapat dirilis dalam bentuk tubuh bergerak maju. Fokuskan mata Anda pada lubang atau bagian depan.
Baca Juga :  Akuntansi Menurut Para Ahli

d. Sikap Akhir Lempar Cakram

  • Gerakkan kaki kanan ke depan dan kaki sedikit ditekuk. Ini mencegah tubuh meninggalkan area pengiriman yang ditentukan. Belok desa Anda ke arah cakram dan belok kiri.
  • Posisikan tubuh seperti sebelumnya dan keluar dari lingkaran untuk melewati bagian belakang. Jangan keluar dari lingkaran dengan berlari atau melompat.

Aturan Bermain

Ada berbagai aturan untuk permainan lempar cakram, yang harus menjadi perhatian khusus bagi setiap peserta, misalnya

  • Ukuran choke ditentukan oleh pelepasan yang ditarik ke sumber sesuai dengan ruang pelat di mana cakram berada di dekat ujung pembawa. Jika ada 8 peserta lain, para peserta biasanya diberikan hak untuk melempar dan menilai tiga kali dan kemudian memilih 8 pelempar terbaik untuk mencapai final. Kemungkinan mencapai tempat ke-6 dan memasuki final secara langsung jika jumlah peserta adalah 8.
  • Wacana harus dimulai dengan berdiri dan para peserta harus dipersiapkan dalam lingkaran. Para peserta juga tidak dilepaskan di sekitar lingkaran sebelum meninggalkan lingkaran sebelum posisi fasilitas oleh lingkaran 1/2 dianggap benar.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, kami telah sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Lempar Cakram. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.