Macam-macam Bangun Datar dan Bangun Ruang

Macam-macam Bangun Datar dan Bangun Ruang Plus Gambarnya – Pelajaran matematika tentunya memiliki materi yang sangat luas. Banyak sekali materi yang saling berkaitan dengan ilmu lain. Tapi matematika selalu berhubungan dengan perhitungan. Tanpa adanya matematika bisa jadi perekonomian tidak dapat berjalan. Benar, tidak?

Selain itu, saat kita membuat sesuatu seperti rumah, furniture, dan benda lainnya tanpa disadari kita akan menggunakan matematika. Seperti ketika kita membuat lemari, lemari bisa saja berbentuk balok. Saat membuat layangan, layangan juga berasal dari bentuk layang-layang. Masih banyak benda lainnya tentunya.

Benda-benda tersebut bisa berbentuk bangun datar atau pun bangun ruang. Hal ini tergantung dari ruang benda itu sendiri. Tahukah kamu apa yang membedakan antara bangun datar atau pun bangun ruang? Lalu benda apa saja yang termasuk dalam jenis tersebut?

Artikel guruakuntansi.co.id kali ini akan membahas mengenai macam-macam bangun datar dan bangun ruang yang disertai dengan gambar dilengkapi dengan perbedaan antara bangun ruang dan bangun datar. Kuy simak bersama artikel ini ya.

Pengertian Bangun Datar dan Bangun Ruang

Bangun datar atau disebut bangun 2D adalah bangun yang terdiri dari panjang atau pun lebar. Sedangkan bangun ruang yang dikenal dengan 3D adalah bangun yang memiliki ruang yang dapat diisi dan dilengkapi dengan panjang, lebar, tinggi, serta tiga titik koordinat yaitu x, y, dan z.

Macam-macam Bangun Datar dan Bangun Ruang Plus Gambarnya

Perbedaan Bangun Ruang dan Bangun Datar

Kedua bangun tersebut tentunya memiliki perbedaan yaitu bangun datar merupakan bangun 2D yang memiliki dua titik koordinat yaitu x dan y sedangkan bangun ruang merupakan bangun 3D yang memiliki tiga titik koordinat yaitu x, y, dan z.

Pada bangun ruang kita biasa mencari volume sedangkan bangun ruang akan mencari luas. Meskipun begitu, bangun ruang dan bangun datar memiliki hubungan. Bangun ruang terdiri dari bangun datar yang membentuk bangun ruang itu sendiri. Misalkan pada bangun ruang kubus, kubus terdiri dari 6 bangun persegi. Hal inilah yang menjadi landasan hubungan tersebut, karena kedua ruang tersebut saling membangun.

Saat kita mencari volume dari bangun ruang terlebih dahulu kita akan mencari luas alas dari bangun tersebut. Nah luas alas yang dimaksud adalah luas dari bangun datar yang membangun bangun ruang tersebut. Oleh sebab itu, bangun ruang dan bangun datar saling berkorelasi. Karena bangun ruang tidak dapat dibuat tanpa bangun datar.

Macam-macam Bangun Ruang dan Bangun Datar

Benda yang ada di sekitar kita terdiri dari dua bangun yaitu:

  1. 2D atau Bangun ruang
  2. 3D atau Bangun datar

Bangun ruang dan bangun datar memiliki berbagai bentuk yang sangat banyak. Pada umumnya kita akan menemukan berbagai bentuk. Berikut ini akan dijabarkan mengenai bangun ruang tersebut.

1. Bangun Datar

Yang termasuk bangun datar yaitu:

a. Persegi

Persegi
Persegi

b. Persegi Panjang

Persegi Panjang
Persegi Panjang

c. Segitiga

Bangun segitiga terdiri dari berbagai jenis yaitu:
Segitiga sama kaki, Segitiga sama sisi, Segitiga siku-siku, Segitiga sembarang, Segitiga tumpul, dan Segitiga Lancip

Segitiga
Segitiga

d. Trapesium

Pada trapesium terdiri dari berbagai jenis yaitu:
Trapesium siku-siku, Trapesium sama kaki, dan Trapesium sembarang.

Trapesium
Trapesium

e. Jajar Genjang

Jajar Genjang
Jajar Genjang

f. Layang-layang

Layang-layang
Layang-layang

g. Belah Ketupat

Belah Ketupat
Belah Ketupat

h. Lingkaran

Lingkaran
Lingkaran

i. Segilima

Segilima
Segilima

j. Segienam

Segienam
Segienam

2. Bangun Ruang

Adapun berikut ini macam-macam bangun ruang yaitu:

a. Kubus

Bangun Kubus bisa kita jumpai pada kardus gelas, es kubus, ka’bah, dadu, rubik, dan lainnya.

Kubus
Kubus

b. Balok

Bentuk balok bisa kita jumpai pada kardus, kotak sepatu, kotak pensil, penghapus, dan masih banyak yang lainnya. Terkadang benda yang berbentuk kubus dan balok hampir sama yang membedakan yaitu pada ukurannya. Jika kubus seluruh sisinya memiliki panjang yang sama. Misalnya ada yang membuat akuarium dengan bentuk balok dan juga kubus.

Balok
Balok

c. Prisma

Benda yang berbentuk prisma yaitu atap rumah, tenda, bentuk kemasan coklat, dan masih banyak yang lainnya.

Bangun Prisma terdiri dari berbagai jenis yaitu:
Prisma segitiga, Prisma segiempat, Prisma segilima beraturan, dan Prisma segienam beraturan.

Prisma
Prisma

d. Limas

Contoh benda berbentuk limas yaitu piramida, monumen nasional, botol parfum, dan lain sebagainya.

Macam-macam bangun limas yaitu:
Limas segitiga, Limas segiempat, Limas segilima, dan Limas segienam.

Limas
Limas

e. Tabung

Biasanya benda yang memiliki bentuk tabung yaitu tong, gelas, tower air, kaleng, dan juga celengan.

Tabung
Tabung

f. Kerucut

Contoh benda yang berbentuk kerucut yaitu topi ulang tahun dan nasi tumpeng.

Kerucut
Kerucut

g. Bola

Benda yang berbentuk bola yaitu bola, kelereng, globe, bakso, dan lainnya. Biasanya benda yang berbentuk bola sering kita jumpai dalam makanan seperti buah-buahan.

Bola
Bola

Apakah Anda sudah mengerti apa saja yang termasuk bangun ruang dan bangun datar? Bukankah macam-macam bangun tersebut sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita?

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam bangun datar dan bangun ruang yang dilengkapi dengan gambar dan perbedaan dari kedua bangun tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa lebih tahu mengenai bangun ruang dan bangun datar serta bisa membedakan keduanya. Terima kasih.

/* */