Macam – Macam Industri

Posted on

Macam – Macam Industri – Perusahaan dalam suatu kegiatan atau proses di mana bahan mentah diproses baik mentah atau setengah jadi, sehingga mereka menjadi barang bernilai ekonomi yang lebih baik dan bermanfaat terhadap masyarakat.

Klasifikasi atau penggolongan dalam suatu industri juga berbeda, tetapi pada dasarnya klasifikasi industri didasarkan pada kriteria berdasarkan bahan baku, pasar, tenaga kerja, modal atau jenis teknologi yang telah digunakan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Macam-Macam Industri. Untuk ulasan selengkapnya yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Industri ?

Pengertian Industri dalam arti sempit merupakan adanya suatu sekelompok perusahaan yang menghasilkan produk serupa, di mana ada kesamaan dalam proses, bahan baku, produk akhir dan konsumen akhir yang digunakan.

Dalam arti yang begitu lebih luas, industri adalah adanya sekelompok dalam suatu perusahaan yang telah memproduksi sebuah barang dan jasa dengan begitu elastisitas transversal positif dan tinggi.

Macam-–-Macam-Industri

Sedangkan dalam pengertian industri, menurut Sandy, merupakan upaya untuk memproduksi barang dari bahan baku atau bahan mentah dalam jumlah besar melalui proses budidaya, sehingga barang tersebut dapat diperoleh pada harga satuan serendah mungkin namun dalam setinggi mungkin terhadap suatu kualitas.

Dari pengertian suatu di atas yakni bisa disimpulkan bahwa dalam pengolahan barang dari bahan baku, mentah, produk setengah jadi menjadi barang jadi menjadi barang siap pakai dengan nilai begitu lebih tinggi.

Baca Juga :  Sistem Demokrasi Ekonomi

Industri merupakan adanya suatu bisnis atau kegiatan di mana bahan mentah atau produk setengah jadi diolah menjadi barang jadi yang menawarkan nilai tambah untuk keuntungan. Merakit atau merakit dan memperbaiki adalah bagian dari industri. Produk industri tidak hanya barang, namun terhadap suatu layanan.

Macam – Macam Industri

Terdapat berbagai jenis industri yang dapat ditemukan di wilayah Indonesia. Jenis-jenis industri pada umumnya ialah sebagai berikut:

1. Industri Primer

Industri primer yakni telah berkaitan terhadap suatu produksi barang yang menggunakan alam. Ini adalah industri yang hampir alami yang membutuhkan sedikit usaha manusia. Contohnya pertanian, perikanan, hortikultura, kehutanan, dan lain-lain, misalnya dalam suatu contoh industri non-ekstraktif.

2. Industri Sekunder

Industri tersebut yakni terlibat dalam penggandaan dan perbanyakan rempah-rempah sayur dan hewan tertentu dengan objek penjualan. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan. Contohnya pemeliharaan ternak, pembibitan tanaman, ternak, unggas, dan lain sebagainya.

3. Industri Manufaktur

Industri manufaktur yakni sibuk mengubah bahan baku menjadi produk jadi dengan bantuan mesin dan tenaga kerja. Barang jadi bisa menjadi barang konsumsi atau barang. Misalnya tekstil, bahan kimia, industri kertas, dan industri gula.

4. Industri Konstruksi

Industri konstruksi mengambil alih pembangunan gedung, jembatan, bendungan, jalan, kanal dan lainnya. Industri tersebut yakni dapat berbeda dari industri yang lain dalam hal barang industri lainnya dapat di produksi di satu tempat dan dijual di tempat lain. Namun, barang yang di produksi dan dijual dengan industri konstruksi dipasang dalam satu tempat.

Contoh-Industri

5. Industri Jasa

Dalam masa modern, adanya suatu sektor jasa yakni dapat memainkan peran penting dalam membangun negara dan oleh karena itu disebut sebagai sektor jasa. Industri utama yang termasuk dalam kategori ini meliputi industri hiburan, industri perhotelan, industri pariwisata, dan lain sebagainya. Yang merupakan contoh industri dalam pertambangan.

Baca Juga :  Faktor Pendukung Pertumbuhan Ekonomi

6. Hasil Barang

Semua dalam suatu perusahaan yakni akan memproduksi terhadap barang terkait yang sama dengan satu atau lain cara, misalnya ialah sebagai berikut:

  • Bahan baku kapas yakni telah diperoleh dari industri primer
  • Kapas kemudian dapat diolah dengan menjadi pakaian di industri sekunder.
  • Industri kuartener dapat mencakup produk yang diiklankan atau diteliti untuk memverifikasi bahwa pakaian juga memenuhi standar yang ditentukan.
  • Industri tersier bisa mengiklankan barang di majalah dan koran.

7. Industri Kuarter

Industri Kuarter adalah suatu industri yang melibatkan penggunaan industri teknologi tinggi. Orang-orang yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan ini seringkali sangat berkualitas dalam bidang pekerjaan mereka. Perusahaan pengembangan dan penelitian adalah yang paling luas di industri ini, misalnya dari industri menengah.

8. Industri Ekstraktif

Industri ekstraktif yakni telah berurusan dengan ekstraksi atau pemindahan barang dari tanah, udara atau air. Secara umum, produk industri ekstraktif tersedia dalam bentuk mentah dan digunakan dalam industri manufaktur dan konstruksi untuk memproduksi produk jadi. Misalnya penambangan, ekstraksi kayu, batu bara mineral, bijih besi, industri minyak, dan karet dari hutan dan lain sebagainya.

Macam Contoh Aneka Industri di Indonesia

Di wilayah Indonesia terdapat banyak jenis industri yang berkembang, dari industri kecil hingga besar. Berikut merupakan sebuah contoh dan berbagai industri di wilayah Indonesia, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Industri Tekstil

Telah menemukan dalam suatu industri tekstil ini di kota-kota besar seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, terutama di Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan. Industri tekstil berkembang pesat berkat penemuan mesin-mesin modern.

b. Industri Pengolahan Pangan

Misalnya ialah dalam penggilingan beras, produksi tapioka, produksi minyak sawit, kopi, kakao, teh, dan pabrik-pabrik lain yang menghasilkan suatu makanan.

Baca Juga :  Pasar Monopolistik : Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

c. Industri Pengolahan Farmasi

Contoh berikutnya ialah adanya suatu industri farmasi, yang memproduksi asam, pupuk, garam kimia, plastik, insektisida, serat sintetis, dan lain sebagainya. Industri kimia dan farmasi yakni telah berkembang sangat cepat, terutama di kota-kota besar di wilayah Indonesia.

d. Industri Pengolahan Kayu

Industri tersebut yakni dapat memproduksi bahan bangunan dan perabot rumah tangga seperti meja, kursi, dan bingkai. Industri perkayuan besar biasanya pengolahan kayu lapis dan banyak diekspor ke Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Jepang.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Macam – Macam Industri. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.