Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang Akuntansi Manajemen menurut para ahli, akuntansi sebagai alat perencanaan serta pengertian-pengertian akuntansi lainnya, selamat membaca semoga dapat menambah kepahaman ..

Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Akuntansi manajemen biaya merupakan suatu kegiatan yang dimana akan menghasilkan informasi keuangan untuk manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dapat menjalankan fungsi manajemen.

Akuntansi manajemen merupakan “proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, atau juga dimana komunikasi informasi yang sering digunakan oleh manajemen untuk dapat merencanakan,

Mengevaluasi dan juga pengendalian dalam suatu entitas dan untuk dapat memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut.

Akuntansi manajemen juga akan meliputi penyusunan laporan keuangan untuk suatu kelompok non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur atau juga otoritas pajak”

Akuntansi Sebagai Alat Perencanaan

Manajemen, Perencanaan, Pengorganisasian, Anggaran, Kotroler dan Akuntansi Biaya

Perencanaan merupakan suatu cara organisasi untuk dapat menetapkan tujuan dan sasaran organisasi. Perencanaan meliputi aktivitas yang sifatnya strategik, taktis dan melibatkan aspek operasional.

Dalam hal perencanaan organisasi akuntansi manejemen berperan dalam pemberian informasi historis dan prospektif untuk dapat menfasilitasi perencanaan.

Dalam organisasi sektor publik, lingkungan ini juga dapat mempengaruhi sangat suatu heterogen. Faktor politik maupun juga ekonomi sangat dominan dalam mempengaruhi tingkat kestabilan organisasi ini.

Informasi akuntansi juga sangat diperlukan untuk dapat membuat suatu prediksi-prediksi dan juga estimasi dimana mengenai suatu kejadian ekonomi yang akan datang jika diakitkan dengan keadaan ekonomi dan juga politik saat ini.

Informasi sebagai alat perencanaan yang pada dasarnya juga dapat dibedakan menjadi 3 bagian yakni:

  • Informasi yang berdasarkan sifatnya rutin ataukah ad hoc
  • Informasi kuantitatif ataukah kualitatif
  • Informasi ini juga disampaiakan melalui saluran formal atau juga informal
Baca Juga :  Pengertian Tata Usaha

Informasi yang juga sifatnya rutin diperlukan untuk perencanaan yang reguler,yang misalnya laporan keuangan bulanan, triwulanan, semesteran atau juga bulanan.

Sementara itu juga organisasi sektor publik juga seringkali menghadapi suatu masalah juga yang sifatnya temporer dana akan juga sangat membutuhkan informasi yang sifatnya segera. Untuk dapat melakukan perencanaan temporer juga sangat diperlukan informasi yang sifatnya temporer.

Pengertian Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah langkah untuk menetapkan, menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan, menetapkan tugas tugas pokok, wewenang dan pendelegasian wewenang oleh pimpinan kepada staf dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Berdasarkan defenisi tersebut maka Fungsi pengorganisasian merupakan alat untuk memadukan (sinkronisasi) dan mengatur semua kegiatan yang ada kaitannya dengan personil, finansial, materil dan tata cara untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama.

Pengertian Akutansi Anggaran

Istilah pengorganisasian ini juga memiliki berbagai macam pengertian. Istilah tersebut juga dapat digunakan untuk menunjukkan hal-hal berikut ini yakni :

  1. Cara manajemen merancang struktur formal untuk dimana penggunaan yang paling efektif sumber daya- sumber daya keuangan fisik,bahan baku,dan juga tenaga kerja organisasi.
  2. Bagaimana organisasi ini juga mengelompokkan kegiatan-kegiatannya dimana setiap pengelompokan dapat diikuti dengan penugasan seorang manajer yang akan diberi wewenang untuk dapat mengawasi anggota-anggota kelompok.
  3. Hubungan antara fungsi-fungsi, jabatan-jabatan,tugas-tugas atau juga para karyawan.

Akuntansi anggaran ialah salah satu bidang akuntansi yang juga berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang lalu kemudian bertujuan untuk membandingkan dengan pengeluaran yang sebenarnya (aktual).

Akuntansi anggaran akan ini akan menguraikan aktivitas keuangan dalam jangka waktu yang tertentu yang dijalankan melewati sistem analisa dan juga pengawasan.

Akuntansi anggaran merupakan suatu bagian dari akuntansi manajemen.

Pengertian Akuntansi Biaya

Pengertian akuntansi biaya merupakan suatu proses pencatatan, pengolongan, peringkasan serta dapat penyajian atas biaya pembuatan maupun juga penjualan produk atau jasa dengan menggunakan cara yang tertentu serta penjelasan.

Akuntansi biaya ini juga bisa digunakan dalam pemenuhan kebutuhan pihak eksternal dan juga pihak internal perusahaan.Informasi biaya ini untuk internal perusahaan juga biasanya ini akan disajikan dapat menyesuaikan dengan suatu kebutuhan manajemen.

Baca Juga :  Definisi Produk Sampingan

Sedangkan yang akan disajikan untuk pihak eksternal yang berbentuk laporan laba rugi atau juga neraca perusahaan.

Tujuan Akuntansi Biaya

Tujuan akuntansi biaya antara lain:

1). Perencanaan serta Pengendalian Biaya

Manajemen menyusun estimasi pendapatan dan juga biaya dalam pencapaian tujuan yang akan ditetapkan perusahaan.

Dasar estimasi biaya tersebut adalah data historis, namun faktor lain yang berpotensi memiliki pengaruh terhadap biaya juga akan dipertimbangkan.

Kemudian manajemen akan menelaah apakah biaya-biaya yang akan terjadi telah sesuai dengan perencanaan estimasi biaya yang telah disusun apabila ada penyimpangan,

Maka manajemen harus juga menganalisa apa yang menjadi penyebabnya dan juga akan memepertimbangkan tindakan koreksi yang akan dibutuhkan

Untuk menentukan suatu harga pokok dari suatu produk ataupun juga jasa yang diproduksi oleh perusahaan dengan tepat serta juga teliti serta meringkas semua biaya produksi atau penyerahan jasa.

Biaya yang disajikan merupakan biaya historis perusahaan. Umumnya penentuan harga pokok produknya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dari manajemen puncak dan pihak eksternal.

Maka dari itu semua, proses penyusunan akuntansi biaya ini dalam penentuan harga yang pokoknya berdasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan yang telah berlaku

2). Pengambilan Keputusan Manajemen

Keputusan khusus ini akan menyangkut masa yang akan mendatang. Maka informasi akuntansi yang relevan dengan pengambilan suatu keputusan khusus selalu akan berhubungan dengan informasi yang akan datang.

Laporan akuntansi biaya yang dimana bertujuan untuk dapat pengambilan sebuah keputusan merupakan bagian dari “akuntansi manajemen”.

Baca Juga:

Demikianlah artikel tentang Manajemen, Perencanaan, Pengorganisasian, Anggaran, Kotroler dan Akuntansi Biaya dari kami, semoga bermanfaat.