Pengertian Manajemen Logistik

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian manajemen logistik beserta tugas, fungsi, manfaat dan tujuannya. Berikut penjelasannya…

Pengertian Manajemen Logistik

Manajemen logistik adalah penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam kegiatan logistik dengan tujuan agar pergerakan personel dan barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Manajemen logistik adalah bagian dari proses Supply Chain Management (SCM) yang memiliki fungsi penting dalam perencanaan,

implementasi, dan pengendalian efektivitas dan efisiensi penyimpanan dan aliran barang, layanan dan informasi, hingga titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Dari penjelasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa manajemen logistik adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan manajemen logistik.

Tugas Manajemen Logistik

pengertian manajemen logistik

Memang, tugas utama manajemen logistik adalah untuk memastikan keseimbangan antara pendapatan dan biaya untuk menghasilkan laba.

Untuk mencapai tujuan ini, ada beberapa tugas penting lain yang harus dilakukan, termasuk:

  1. Menentukan sistem manajemen logistik yang digunakan.
  2. Menentukan penggunaan logistik secara pribadi atau agen.
  3. Menentukan moda transportasi yang akan digunakan.
  4. Mendesain organisasi logistik.
  5. Menentukan lokasi pergudangan di lokasi terbaik.
  6. Menentukan operasi gudang.
  7. Membuat desain campuran logistik.
Baca Juga :  Pengertian Audit

Fungsi Manajemen Logistik

1. Fungsi Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan

Fungsi manajemen logistik sebagai perancang dan penentu kebutuhan setiap program organisasi. Ini termasuk kegiatan analisis yang terkait dengan produk yang akan digunakan, ketersediaan dan skala prioritas.

Kegiatan perencanaan ini harus memperhatikan anggaran yang dimiliki oleh organisasi, aspek ketersediaan, serta kemudahan akses untuk mendapatkan barang.

2. Fungsi Penganggaran

Fungsi ini bertujuan untuk memastikan bahwa kebutuhan pengadaan barang sudah sesuai dengan anggaran. Jika biaya penganggaran logistik tidak sesuai dengan anggaran, maka perubahan dalam perencanaan diperlukan.

3. Fungsi Pengadaan

Pada dasarnya manajemen logistik lebih fokus pada pengadaan barang dan merupakan hal yang wajib.

Ketika ada ketidak cocokan anggaran dan sulit untuk mengubah perencanaan, manajer logistik harus berimprovisasi untuk mengelola kegiatan logistik dengan anggaran terbatas.

4. Fungsi Penyimpanan dan Distribusi

Ini adalah proses di mana barang-barang yang telah diperoleh disimpan di tempat mereka seharusnya. Selanjutnya, barang kemudian disalurkan ke pihak lain yang berkepentingan sesuai dengan standar operasional prosedur.

5. Fungsi Perawatan

Dalam proses manajemen logistik juga termasuk pemeliharaan barang. Secara umum, tujuan menjaga barang logistik adalah untuk memastikan barang yang disimpan tidak rusak dengan cepat.

6. Fungsi penghapusan

Fungsi penghapusan yaitu untuk memisahkan barang yang rusak, memperbaiki barang yang rusak, dan mengganti barang yang rusak.

7. Fungsi Kontrol

Fungsi kontrol dilakukan oleh manajer logistik dengan tahapan sesuai dengan fungsi yang disebutkan di atas.

Tujuan dari kontrol ini adalah untuk memastikan bahwa setiap fungsi manajemen logistik dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Manfaat Manajemen Logistik

1. Persediaan

Dengan logistik manajemen yang baik, ketersediaan barang akan terjamin sehingga operasi perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Pengertian Modal Ventura

2. Transportasi

Kegiatan logistik tentu membutuhkan peralatan transportasi sehingga organisasi yang memiliki manajemen logistik yang baik akan memastikan ketersediaan transportasi untuk distribusi barang.

3. Fasilitas

Selain peralatan transportasi, ada berbagai fasilitas logistik yang dibutuhkan agar kegiatan logistik dapat berjalan dengan baik.

Dengan manajemen logstics, organisasi dapat mengetahui fasilitas yang diperlukan untuk mendukung kegiatannya.

4. Layanan

Memberikan layanan yang baik kepada pelanggan sangat penting bagi setiap perusahaan. Layanan ini tidak hanya untuk konsumen tetapi juga untuk stakeholder lainnya, seperti pemasok.

5. Manajemen dan Administrasi

Setiap proses manajemen selalu didukung oleh kegiatan administrasi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap kegiatan dicatat dengan baik dan teratur sehingga informasi tentang kegiatan logistik dapat ditemukan dengan mudah saat dibutuhkan.

6. Inbound Transportasi

Kegiatan ini bertujuan untuk menangani distribusi barang dan bahan baku dari pemasok ke perusahaan.

Dengan manajemen persediaan yang baik, perusahaan lebih cenderung bekerja sama dengan pemasok yang memiliki barang berkualitas baik dan ketersediaan yang memadai.

7. Outbound Transportasi

Kegiatan ini menangani distribusi dari perusahaan ke konsumen dan memastikan pengiriman barang dapat berjalan dengan baik.

8. Pemecahan Masalah

Dalam proses penyediaan barang, pasti akan ada masalah yang mungkin terjadi. Dengan manajemen logistik yang baik, masalah dapat diantisipasi dan diselesaikan dengan tepat, cepat, dan akurat.

9. Informasi Kepada Konsumen

Secara umum, konsumen melacak pengiriman barang yang dipesan. Dengan manajemen logistik yang baik, penyampaian informasi terkait distribusi barang dapat dilakukan lebih terorganisir.

10. Kepercayaan Dari konsumen

Layanan terbaik bagi konsumen, apakah itu penyediaan informasi, keakuratan distribusi, dan pelayanan yang baik,

pada akhirnya akan menghasilkan tingkat kepercayaan konsumen yang lebih besar pada perusahaan. Ini kemudian akan menumbuhkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian SCM (Supply Chain Management)

Tujuan Manajemen Logistik

1. Tujuan Umum

Pada dasarnya tujuan khusus kegiatan manajemen logistik adalah untuk fokus pada pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

2. Tujuan Khusus

Ada tiga tujuan khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan manajemen Logistik, yaitu;

  • Tujuan operasional : bahwa inventaris dapat dilakukan dengan jumlah dan kualitas yang tepat.
  • Tujuan keuangan : agar pengeluaran untuk pengadaan barang dapat dilakukan secara efisien.
  • Tujuan keamanan : untuk menjaga dan mendukung efisiensi dan efektivitas dalam upaya mencapai tujuan organisasi

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian manajemen logistik beserta tugas, fungsi, manfaat dan tujuannya. Semoga bermanfaat, dan Terima kasih.