Pengertian Manajemen Organisasi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian manajemen organisasi beserta tujuan dan juga fungsinya. Berikut penjelasannya…

Pengertian Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi adalah proses perencanaan dan pengorganisasian dan pengendalian sumber daya organisasi dengan tujuan mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi tentu dapat beragam, tergantung pada organisasi itu sendiri.

Manajemen organisasi yang akan dibahas di sini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya dalam bisnis atau perusahaan.

Sehingga manajemen organisasi lebih terkait dengan seni untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan, dalam hal ini karyawan.

Dengan adanya manajemen organisasi di dalam perusahaan, diharapkan dapat membentuk kinerja karyawan lebih efektif, terutama dalam hal koordinasi antar departemen atau divisi.

Definisi manajemen organisasi sebenarnya mengacu pada cara manajer organisasi memimpin dan mengelola sumber daya perusahaan sedemikian rupa sehingga membentuk kerja sama yang efektif dan koordinasi antar tim.

Definisi manajemen organisasi menurut para ahli adalah:

Menurut George R. Terry

Manajemen organisasi adalah kegiatan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), mobilisasi (Actuating), dan pengawasan (Controlling), di mana semua kegiatan ini bertujuan untuk mencapai target organisasi.

Menurut Luther M. Gulick

Manajemen organisasi adalah semua hal yang berkaitan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), pelengkapan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing), menyelaraskan/ mengkoordinir (Coordinating), melaporkan (Reporting) dan penyusunan anggaran (Budgeting).

Menurut Henry Fayol

Manajemen organisasi adalah kegiatan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), mengkoordinir (Coordinating), dan mengawasi (Controling), di mana serangkaian kegiatan bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Manajemen Organisasi

manajemen organisasi

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Manajer akan bertindak untuk merencanakan dan menyiapkan kegiatan bisnis yang terkait dengan sumber daya.

Ini akan menjadi langkah penting untuk menentukan keputusan apa yang akan diambil di masa depan untuk menghindari kebingungan.

Secara teknis, perencanaan dapat dilakukan melalui koordinasi dalam rapat yang membahas rencana kerja dan anggaran.

2. Fungsi Pengarahan (Lead)

Bukanlah hal yang aneh jika seorang manajer memiliki peran dalam mengarahkan anggota tim untuk menjernihkan target. Fungsinya agar sumber daya bekerja di arah yang benar sesuai dengan tujuan perusahaan.

3. Fungsi Kontrol (Controling)

Selain itu, manajer juga harus bertindak sebagai pengontrol untuk aktivitas apa pun yang melibatkan sumber daya.

Jika ada tindakan yang dapat membahayakan perusahaan yang dilakukan oleh satu atau tim perusahaan, maka manajer memiliki hak untuk membuat keputusan mengenai masalah ini.

4. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Dalam fungsi ini, manajer dituntut untuk membuat kebijakan terbaik terkait penggunaan sumber daya. Fungsinya untuk mendapatkan kinerja terbaik dari karyawan.

Misalnya, jika perusahaan memiliki kegiatan tertentu yang berkaitan dengan peningkatan pemasaran, pemilihan sumber daya untuk kegiatan ini harus dipilih dari divisi yang menangani pemasaran.

5. Fungsi Motivasi (Motivation)

Manajemen perusahaan juga memainkan peran penting dalam memberikan motivasi kepada para anggotanya. Dengan motivasi ini, para anggota akan termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Cara untuk memberikan motivasi adalah dengan memberikan penghargaan untuk kinerja karyawan yang baik, baik dalam bentuk remunerasi atau dalam bentuk pidato.

6. Fungsi Kepegawaian (Staffing)

Suatu organisasi harus memiliki manajemen yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi. Selain itu, perekrutan anggota yang tepat juga akan berkontribusi besar bagi organisasi

7. Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)

Menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif dapat membuat suatu organisasi berkembang dengan cepat dan sehat. Ini terkait dengan cara karyawan bekerja tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar.

Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan utama manajemen organisasi di perusahaan adalah untuk mencapai apa yang diinginkan organisasi dengan cara yang seefisien mungkin. Sehingga dalam jangka panjang dapat menjamin profitabilitas perusahaan.

Manajemen organisasi bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan dalam bisnis atau perusahaan, terutama dalam bisnis yang sedang berkembang.

Tanpa adanya manajemen organisasi yang baik, dapat menjadi penyebab penurunan profitabilitas perusahaan untuk mengarah pada divisi internal.

Berikut ini adalah beberapa tujuan manajemen organisasi:

  • Membangun koordinasi yang baik antara divisi dan individu
  • Menetapkan kinerja sumber daya yang lebih efektif melalui penyediaan keamanan dan persatuan di antara karyawan
  • Menciptakan suasana lingkungan kerja yang damai dan positif
  • Mendorong karyawan untuk bekerja dengan rasa tanggung jawab
  • Mencapai tujuan utama perusahaan dengan cara yang paling efisien melalui pembentukan karakter sumber daya manusia

Manajer akan berusaha untuk mengoptimalkan sumber daya yang mereka miliki dengan perencanaan dan kontrol yang tepat di tempat kerja.

Dengan ini, anggota dapat menyadari peran dan tanggung jawab masing-masing terhadap perusahaan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian manajemen organisasi beserta tujuan dan juga fungsinya. Semoga bermanfaat, dan dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Logistik