Manfaat Umum Akuntansi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang manfaat umum akuntansi bagi pelajar, Perusahaan, Bisnis Dan Pendidikan.

Bagi mereka yang masih duduk di bangku SMP, SMA maupun di perguruan tinggi dan universitas seringkali berpendapat bahwa belajar akuntansi itu sangat sulit karena berhubungan dengan angka – angka serta menghitung uang yang tidak kita pegang, itu bukanlah hal yang mudah.

Belajar akuntansi itu sekedar menghitung uang khayalan yang tidak ada secara nyata. Sebagian orang pada umumnya mengganggap bahwa belajar akuntansi itu sulit, bikin otak pusing dan sakit kepala sampai dapat di persepsikan akuntansi dapat membuat kepala menjadi botak.

Tetapi sebenarnya, kalau kita tahu cara ataupun triknya, belajar akuntansi tidak akan membosankan Untuk itu harus tahu cara belajar akuntansi dengan cara yang mudah dipahami.

Belajar bidang akuntansi itu dapat menyenangkan jika memiliki niat untuk benar-benar ingin menekuninya, tekun belajar sambil berlatih.

Sering dengan teman-teman dan orang yang lebih tahu tentang ruang lingkup akuntansi supaya pengetahuan dan wawasan tentang fungsi akuntansi menjadi lebih luas.

Manfaat akuntansi bagi pelajar, perusahaan dan bisnis
Manfaat akuntansi bagi pelajar, perusahaan dan bisnis

Kalau kita sering belajar akuntansi kita akan banyak mendapatkan banyak manfaatnya, Berikut manfaat akuntansi bagi pelajar, Perusahaan, Bisnis Dan Pendidikan bagi yang menganggap belajar akuntansi itu sangat sulit.

Manfaat Bagi Pelajar :

  1.  Akuntansi membantu pemilik dan calon pemilik perusahaan mengetahui posisi keuangan perusahaan dan prospek perusahaan di masa datang.
  2. Agar sipelajar dapat mengetahui mana kebutuhan hidup yang perlu dan mana yg gak perlu
  3. Supaya pelajar dapat mengatur keuangannya supaya uang jatah jajannya cukup.
  4. lajar akan mengenal bagaimana perusahaan menjalankan kegiatan akuntan setiap hari seperti membuat laporan laba kotor dan bersih.
  5. Pelajar bisa menerapkan prinsip prinsip akuntansi dalam kehidupan sehari-hari dan konsep dasar akuntansi akan terus melekat untuk memanajeman keuangan pribadi.
  6. pelajar yang memahami akuntansi bisa mengelola pendapatan dan pengeluaran setiap bulan dengan baik.
  7. Ilmu tentang akuntansi bisa terus berkembang sehingga pengetahuan tentang akuntansi bagi pelajar itu penting dalam menerapkannya.
  8. Berbagai macam pengetahuan tentang akuntansi tentu berperan penting karena mencatat peristiwa-peristiwa atau transaksi keuangan kita sendiri.
Baca Juga :  Cara Cepat Belajar Akuntansi

Manfaat Bagi Bisnis :

Akuntansi (accounting) adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporakan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Namun dalam dunia bisnis, akuntansi (accounting) dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Para pemangku kepentingan tersebut adalah owners (pemegang saham), employes (pekerja), costumer (pelanggan), kreditors (orang yang memberi pinjaman), goverment (pemerintah), communty (masyarakat).

Jadi manfaat akuntansi untuk dunia bisnis adalah :

  1. Menilai Kebutuhan Pemangku kepentingan.
  2. Mengidentifikasi pemangku kepentingan.
  3. Merancang sistem informasi akuntansi untuk memenuhi untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan.
  4. Menyiapkan laporan akuntansi bagi para pemangku kepentingan.
  5. Mencatat data ekonomi mengenai aktifitas dan peristiwa perusahaan.

Para pemangku kepentingan menggunakan laporan akuntansi sebagai informasi utama, meskipun bukan satu-satunya untuk membuat keputusan, mereka juga menggunakan informasi yang lain.

Sebagai contoh, dalam memutuskan dalam memberikan fasilitas kredit ke sebuah toko rintel setempat, bank tidak hanya menggunakan laporan akuntansi tersebut, tetepi juga mendatangi toko dan bertanya pada lingkunan sekitarnya mengnai reputasi pemilik toko.

Manfaat Bagi Pendidikan :

Manfaat akuntansi dibidang pendidikan adalah guna mengembangkan pengetahuan tentang ilmu akuntansi dikalangan pelajar agar pelajar dapat menerapkan dan mengembangkan akuntansi di dalam kehidupan sehari-hari.

Serta dapat belajar membuat laporan keuangan minimal laporan keuangan diri sendiri. Adapun pengertian laporan keuangan.

Merupakan suatu daftar financial suatu entitas ekonomi yang disusun secara sistematis oleh akuntan pada akhir periode; atau catatan yang memberikan informasi keuangan mandiri ataupun suatu perusahan yang telah menjalankan perusahaan selama satu priode (biasanya satu tahun).

Adapun manfaat dari laporan keuangan, yaitu :

  1. Sebagai pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik perusahaan.
  2. Alat komunikasi antara aktivitas perusahan dengan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahan, seperti para kreditur/calon kreditur, investor/calon investor, bankers, pemerintah dan lain-lain.
  3. Sebagai alat perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan yang efektif bagi manajemen, misalnya:
    – Mengukur tingkat biaya dari kegiatan perusahaan.
    – Untuk mengukur efisiensi poses produksi dan tingkat keuntungan yang dicapai.
    – Untuk menentukan perlu tindaknya kebijakan atau prosedur baru untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Baca Juga :  Pengertian Inkaso

Manfaat Bagi Perusahaan :

  1. Manajemen merupakan pihak internal yang berkaitan langsung dan sangat memerlukan infomasi keuangan untuk melakukan pengendalian (controll), pengkoordinasian (coordination), dan perencanaan (planning).
  2. Pihak eksternal yang mempunyai kaitan langsung dengan perusahaan, antara lain investor (pemilik), kreditor, pelanggan, karyawan, dan masyarakat. Mereka berkepentingan dengan informasi keuangan perusahaan dengan manfaat yang berbeda-beda, antara lain.
  3. Karyawan berkepentingan untuk mengetahui hak-hak yang dapat diperoleh dari peusahaan.
  4. Masyarakat umum berkepentingan untuk aspek umum dan sosial perusahaan.
  5. Pemilik berkepentingan untuk menentukan sikap tetap memegang saham atau melepasnya.
  6. Kreditor berkepentingan untuk memutuskan kredit kepada perusahaan dapat diperpanjang atau diperbesar.
  7. Pelanggan (customer) berkepentingan untuk mengevaluasi hubungan usaha dengan perusahaan.
  8. Perusahaan dan berbagai lembaga yang berada dibawah kekuasaannya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya. Informasi tersebut digunakan untuk menentukan aktivitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak, dan sebagai dasar penyusunan statistik pendapatan nasional.

Dengan kita memahami manfaat akuntansi bagi pelajar, Perusahaan, Bisnis Dan Pendidikan. Tentu akan lebih mudah untuk memahami manfaat akuntansi secara umum seperti manfaat bagi perusahaan, manfaat bagi bisnis dan manfaat bagi pendidikan.

Banyak metode belajar akuntansi yang dapat mempermudah menguasai ilmu akuntansi dan membuat pelajar jadi suka belajar akuntansi.

Coba bandingkan diri sebelum belajar akuntansi dengan sungguh – sungguh, kemudian coba rasakan perbedaaannya setelah kita paham akuntansi.

Tidak ada ilmu dunia yang sulit, kecuali kita males buat mempelajarinya lebih dalam, jadi jangan malas ya cobalah untuk menyukai suatu bidang dengan fokus supaya kita bisa merasakan hasilnya.

Baca Juga :

Artikel diatas sudah dapat diambil kesimpulan bahwa akuntansi memiliki peran penting dalam dunia bisnis maupun pendidikan.

Baca Juga :  Pengertian Kwitansi
Manfaat Umum Akuntansi
5 (100%) 2 vote[s]