Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian market share atau pangsa pasar beserta cara mengukur / mengetahui ukuran pasar. Berikut penjelasannya…

Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)

Market share adalah bagian dari semua permintaan untuk barang yang mencerminkan kelas konsumen berdasarkan segmen pasarnya.

Klasifikasi konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Pangsa pasar atau pangsa pasar adalah bagian dari pasar yang dikendalikan oleh perusahaan dan semua potensi penjualan, umumnya dinyatakan dalam persentase.

Pangsa pasar adalah persentase total penjualan perusahaan dari semua sumber dengan total penjualan produk (barang dan jasa) dalam industri tertentu.

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

market share

Untuk mengetahui dan menentukan ukuran pasar dan pangsa pasar, diperlukan riset pasar yang memadai.

Oleh karena itu, pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan ditargetkan sehingga mereka dapat melihat potensi pasar.

Selanjutnya, setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar sasaran, langkah selanjutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar dan berapa banyak pasar yang telah mereka kuasai.

Perusahaan yang membuat rencana strategis harus mengembangkan strategi bauran pemasaran, dan mempersempit segmen produk agar promosi tepat sasaran.

Misalnya, perusahaan yang bergerak di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnis minuman, tetapi harus lebih fokus. Misalnya minuman kopi, teh, rasa buah, dan sebagainya.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Memahami arti pangsa pasar atau pangsa pasar itu penting. Alasannya, dengan mengetahui pangsa pasar yang dituju, perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta dapat mengantisipasi pasar.

Baca Juga :  Pengaruh Organisasi Swasta dan Pemerintah

Memahami keuntungan dan kerugian perusahaan dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Dengan begitu suatu perusahaan dapat melakukan berbagai hal yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas,

seperti mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi pemasaran, mengubah cara distribusi, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar ketika perusahaan memulai bisnis perdagangan. Berikut tips singkatnya:

  1. Memilih bisnis yang masih relatif baru dan belum dijalankan oleh banyak perusahaan lain.
  2. Miliki keyakinan bahwa perusahaan akan berhasil dalam bisnis yang dijalankannya.
  3. Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis masa depan.
  4. Mempertimbangkan kekuatan pesaing dalam industri yang sama.
  5. Perhatikan pergerakan harga di industri yang ditargetkan dan tentukan harga yang paling tepat.
  6. Membuat dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.

Mengukur Keberhasilan Perusahaan dalam Pangsa Pasar

Pangsa pasar adalah persentase penjualan yang dicatat oleh perusahaan dari total penjualan pesaing bersama dalam industri tertentu.

Artinya, pangsa pasar adalah salah satu indikator yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibandingkan dengan para pesaingnya.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan di tahun 2008 memiliki target pangsa pasar 10% dari total pasar. Untuk mencapai target pasar, diperlukan biaya promosi sebesar Rp40 juta.

Jika ternyata pangsa pasar yang diperoleh lebih dari 10% (misalnya 12%), itu berarti kinerja perusahaan berjalan dengan baik.

Sebaliknya, jika pada tahun itu pangsa pasar yang diperoleh hanya 9% maka itu menunjukkan bahwa kinerja pemasarannya tidak baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi & efektifitas.

Beberapa faktor yang perlu dieksplorasi dalam memeriksa masalah perusahaan yang tidak dapat mencapai pangsa pasar adalah:

  • Ukuran pangsa pasar terlalu tinggi
  • Semakin banyak pesaing baru di industri yang sama
  • Penurunan daya saing perusahaan
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target pasar atau tidak tepat sasaran.
Baca Juga :  Pengertian Efektivitas

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian market share atau pangsa pasar beserta cara mengukur / mengetahui ukuran pasar. Semoga bermanfaat.

Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)
5 (100%) 4 vote[s]