Mengenal profesi Akuntan Publik yang Makin Dicari Akhir-Akhir Ini

Posted on

Mengenal profesi Akuntan Publik? Salah satu profesi yang bisa dimasuki oleh lulusan akuntansi adalah akuntan publik. Profesi ini memang banyak dicari dewasa ini karena keadaan perekonomian yang selalu berubah. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan profesional untuk mengatur keuangan sampai perencanaan strategi bisnis.

Untuk menjadi akuntan publik, maka Anda harus membuat CV yang berkualitas terlebih dahulu. Caranya dengan mengecek referensi CV akuntan lengkap pada link tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami apa itu akuntan publik dan seluk beluknya.

Tak perlu berlama-lama, sila simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Akuntan Publik?

Mengenal profesi Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan profesi yang bertugas untuk memberi pelayanan profesional yang memiliki izin resmi membuka praktik sebagai akuntan independen dan tidak terikat dengan instansi apapun. Profesi ini memberikan jasa dalam mengambil keputusan penting terkait dengan keuangan.

Sebagai akuntan publik, maka Anda akan menerima pembayaran dari jasa yang sudah Anda berikan kepada klien. Profesi akuntan publik juga memiliki tugas kompleks, tidak hanya terkait dengan angka saja. Melainkan juga menghubungkan antara aktivitas bisnis perusahaan dengan perusahaan lain. Sehingga, akan tercipta keberlanjutan bisnis yang saling menguntungkan.

Akuntan publik akan membuat laporan sehingga dapat diperoleh analisa bisnis dan keputusan yang krusial dalam perusahaan. Maka dari itu, profesionalitas akuntan publik harus sangat tinggi.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi Perkantoran

Tugas Akuntan Publik

Seorang akuntan publik memiliki tugas yang sangat penting. Secara spesifik, tugas profesi ini akan dijelaskan pada poin-poin di bawah ini:

1.   Memeriksa Laporan Keuangan Perusahaan

Tugas utama dari akuntan publik yakni memeriksa laporan keuangan perusahaan yang telah dibuat akuntan di perusahaan itu. Mereka akan mengecek kesalahan-kesalahan dalam laporan keuangan dan memastikan bahwa laporan sudah sesuai dengan standar keuangan yang ada di Indonesia.

2.   Membuat Laporan Pajak

Akuntan publik juga mempunyai tugas dalam membantu menyusun laporan pajak sehingga perusahaan bisa terhindar dari kesalahan pajak. Misalnya adanya SPT tahunan serta tax amnesty yang kurang valid.

Tak hanya itu saja, dalam hal perpajakan, akuntan publik juga harus membantu perusahaan agar pembayaran pajak dilakukan seminimal mungkin. Akan tetapi, sesuai UU perpajakan yang berlaku di Indonesia.

3.   Membuat Laporan Kepemilikan

Selanjutnya, profesi ini memiliki tugas dalam memeriksa laporan kepemilikan  terhadap aset perusahaan. Sehingga, nantinya, perusahaan bisa terhindar dari yang namanya penyitaan aset.

4.   Memberi Solusi Keuangan

Ketika terjadi inflasi, akuntan publik harus mampu memberi solusi keuangan untuk perusahaan. Sehingga, keputusan yang diambil oleh perusahaan tepat dan tidak merugikan.

5.   Menyampaikan Laporan Keuangan

Tugas akuntan publik juga terkait dengan penyampaian informasi mengenai laporan keuangan perusahaan. Di mana, hal ini harus dilakukan secara transparan pada publik.

6.   Memberi Informasi pada Perusahaan

Tak hanya itu saja, akuntan publik juga harus mampu memberi info terkait dengan cara mengalokasikan sumber yang terbatas, Seperti tentang pegawai, aset perusahaan, serta modal bisnis.

Syarat Jadi Akuntan Publik

Setelah melihat berbagai tugasnya, apakah Anda tertarik untuk mendalami profesi ini? Jika iya, pastikan dulu Anda memenuhi persyaratan berikut ini (diatur dalam UU no 5 th 2011 pasal 5 ayat 1:

  1. Mendapatkan Sertifikat IAPI
  2. Syarat yang pertama adalah Anda mempunyai sertifikat tanda lulus atau SKL dari IAPI yakni perguruan tinggi yang sudah memiliki akreditas pendidikan akuntansi publik.
  3. Menyerahkan bukti PPL (Pendidikan Profesional Berkelanjutan) dengan minimal SKS 60 SKP dalam jangka waktu 2 tahun.
  4. Mempunyai pengalaman praktik pada sektor audit umum minimal 1000 jam selama 5 tahun (diresmikan ketua kantor KAP).
  5. Berdomisili di wilayah Indonesia dan memiliki KTP serta NPWP.
  6. Merupakan anggota IAPI dan tidak pernah mendapat pencabutan izin.
  7. Belum pernah dipidana.
  8. Tidak merangkap jabatan.
  9. Membuat surat pernyataan jika persyaratan yang disampaikan benar adanya (dibubuhi materai).
Baca Juga :  Pengertian Modal

Simak juga : Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Bidang Jasa Akuntan Publik

Ada tiga bidang jasa akuntan publik yang dapat Anda ketahui. Silakan pilih salah satunya yang paling Anda kuasai.

1.   Jasa Pembukuan

Akuntan publik memiliki spesialiasi dalam hal pembukuan. Artinya, akuntan bertugas dan fokus pada persiapan laporan keuangan seperti halnya neraca, jurnal, serta buku besar. Sehingga, laporan keuangan perusahaan akan lebih akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. Bidang jasa yang satu ini umum ditawarkan oleh akuntan publik.

2.   Jasa Perpajakan

Dalam hal perpajakan, akuntan publik akan membantu membuat laporan pajak seperti PPh karyawan, serta PPh Badan.

3.   Jasa Konsultasi Manajemen

Akuntan publik juga bisa memberi konsultasi terkait dengan manajemen bagi perusahaan yang membutuhkannya. Sehingga, nantinya, laporan keuangan perusahaan akan lebih paripurna dan hasil audit akan menjadi lebih bagus.

Itulah seluk beluk kita mengenal mengenai profesi akuntan publik yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa memberikan gambaran mengenai profesi penting ini. Demikian, semoga bermanfaat.