Negara ASEAN

Posted on

Negara ASEAN – Organisasi yang terdapat di antara negara-negara dalam Asia Tenggara. Dalam pendirian sebuah organisasi ASEAN dapat disahkan pada 8 Agustus 1967 dengan Deklarasi Bangkok.

Tujuannya ialah sebagai membangun kerja sama antara negara-negara sebagai anggota dalam bidang sosial, ekonomi, politik dan lain sebagainya.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Negara ASEAN. Yuukk… Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Apa itu ASEAN ?

ASEAN merupakan suatu singkatan dari Association of South East Asian Nations. Pengertian ASEAN ialah Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara, sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dalam negara-negara di kawasan wilayah Asia Tenggara.

Pendapat lain telah mengatakan bahwa sebuah makna ASEAN ialah sebuah organisasi yang didirikan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara tempat wilayah Indonesia menjadi anggotanya.

Pengertian-Negara-ASEAN

Menurut Wikipedia, wilayah Asia Tenggara ini meliputi 4,46 juta kilometer persegi daratan dan 13,4 juta kilometer persegi lautan. Populasi manusia di Asia Tenggara mencapai 600 juta orang, atau 8,8% dari total dalam adanya sebuah populasi dunia.

Tujuan Pembentukan ASEAN

Terdapat beberapa sebuah tujuan dalam pembentukan ASEAN, diantaranya ialah:

  • Dapat mempercepat dalam sebuah pertumbuhan ekonomi, dalam kemajuan sosial dan pengembangan budaya di wilayah ini melalui upaya bersama dalam hal kemitraan dan kesetaraan, dalam sebuah rangka dalam memperkuat dasar bagi kalangan masyarakat dengan Asia Tenggara yang makmur dan damai
  • Kerja sama yang lebih efektif sebagai penggunaan dalam pertanian dan industri yang begitu lebih besar, perluasan perdagangan, termasuk dalam sebuah studi mengenai sebuah perdagangan barang wilayah internasional, peningkatan dalam fasilitas dengan transportasi dan komunikasi serta adanya sebuah peningkatan standar hidup masyarakat.
  • Mempertahankan kerja sama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi internasional dan regional yang ada dengan tujuan dan target yang sama, dan menjajaki cara untuk mendorong kerja sama yang lebih erat.
  • Mempromosikan kerja sama aktif dan bantuan timbal balik dalam hal-hal yang menjadi perhatian bersama di bidang ekonomi, budaya, ilmiah, sosial, teknis, dan administrasi.
  • Mempromosikan dalam adanya sebuah perdamaian dan stabilitas di kawasan melalui komitmen sebagai menghormati keadilan dan supremasi hukum dalam sebuah hubungan antara negara-negara di kawasan ini dan menghormati prinsip-prinsip Piagam PBB.
  • Dukungan adanya sebuah timbal balik dalam bentuk lembaga pelatihan dan penelitian di bidang pekerjaan, pendidikan, teknologi dan administrasi.
Negara-ASEAN

Bentuk Kerja Sama ASEAN

Terdapat banyak contoh dalam sebuah kerja sama ekonomi, sosial-budaya dan politik ASEAN. Berikut ini adalah bentuk kerja sama ASEAN, diantaranya ialah:

  • Kerja sama dalam sebuah ekonomi bertujuan sebagai menghilangkan hambatan ekonomi dengan menciptakan sebuah entitas ekonomi regional. Kerja sama ini telah mencakup bidang perdagangan, industri, dan pembentukan zona perdagangan bebas di ASEAN.
  • Kerja sama dalam sebuah politik dan keamanan sebagai menciptakan stabilitas, keamanan, dan perdamaian, terutama di kawasan ASEAN dan dunia pada umumnya.
  • Kerja sama sosial dan budaya, termasuk budaya, lingkungan, informasi, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, manajemen bencana alam, pengembangan sosial, pengentasan kemiskinan, pekerjaan, pemuda, pencegahan narkoba, peningkatan administrasi publik, pemberdayaan perempuan, dan staf.
Baca Juga :  Tugas BPUPKI

Prinsip Utama ASEAN

Menurut Sekretariat Nasional ASEAN Indonesia, ASEAN telah menetapkan empat prinsip utama dalam pelaksanaan tugasnya, diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Menghormati kesetaraan, independensi, kedaulatan dalam sebuah integritas teritorial dan identitas nasional negara-negara anggota.
  2. Penolakan agresi, kekerasan atau ancaman terhadap hukum internasional.
  3. Bersama-sama bertanggung jawab dan bertekad untuk meningkatkan kemakmuran, keamanan, dan perdamaian di kawasan ASEAN.
  4. Dalam sebuah prioritas penyelesaian sengketa damai tanpa campur tangan dalam urusan internal masing-masing anggota.

Dalam negara ASEAN, terdapat di antara negara-negara dalam Asia Tenggara. Dalam pendirian organisasi ASEAN dapat disahkan pada 8 Agustus 1967 dengan Deklarasi Bangkok.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang kami telah merangkum secara jelas dan singkat mengenai Negara ASEAN. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.