Pahlawan Wanita

Posted on

Pahlawan Wanita – Dengan menyebutkan sebuah pahlawan tersebut diharapkan anak tersebut nantinya bisa tumbuh menjadi pribadi yang akan mencerminkan dalam sifat kepahlawanan.

Wanita pada umumnya menjadi figur yang perlu dilindungi tetapi juga sangat antusias dan kuat. Mereka tidak memikirkan hidup mereka, pertarungan mengisi impian wanita hebat ini.

Siapa sajakah pahlawan wanita ini? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara singkat, jelas, dan tentunya mudah untuk dipahami. Yuukk… Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Pahlawan Nasional ?

Pengertian Pahlawan Nasional merupakan sebuah penghargaan yang begitu tertinggi di wilayah Indonesia.

Pahlawan-Wanita

Gelar anumerta ini diberikan dengan pihak pemerintah Indonesia sebagai adanya sebuah tindakan dalam kepahlawanan. Dapat didefinisikan sebagai “tindakan tulus yang anggota komunitas lainnya selamanya dapat diingat dan ditiru” atau “untuk memberikan layanan yang luar biasa untuk kepentingan bangsa dan negara”.

Kementerian Sosial Republik Indonesia telah menetapkan tujuh kriteria yang harus dimiliki seseorang, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia yang telah meninggal dalam hidupnya.
  • Melakukan dan telah memimpin dalam sebuah perjuangan bersenjata atau perjuangan atau politik di bidang lain sebagai mencapai, mempertahankan, merebut, mengisi kemerdekaan dan untuk mewujudkan sebuah persatuan nasional.
  • Telah menghasilkan berbagai karya-karya besar yang berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat atau meningkatkan martabat dan status masyarakat Indonesia.
  • Pengabdian dan perjuangannya telah bertahan hampir sepanjang hidupnya (tidak sebentar) dan melampaui sebagai tugas-tugas yang telah ia miliki.
  • Telah menghasilkan ide atau gagasan yang hebat dan dapat mendukung dalam pembangunan bangsa serta negara.
  • Dalam perjuangan tersebut mempunyai sebuah jangkauan panjang dan implikasi dalam nasional.
  • Mempunyai sebuah tingkat persetujuan yang tinggi antara semangat dan nasionalisme.
  • Dengan moral dan akhlak yang begitu tinggi.
  • Tidak dapat menyerah begitu saja terhadap musuh atau lawan dalam pertarungan tersebut.
  • Dalam riwayatnya dia tidak pernah melakukan sebuah tindakan yang sangat memalukan dan dapat merusak nilai dalm perjuangannya.
Baca Juga :  Lembaga Sosial

Pahlawan Wanita Indonesia Tercantik dan Harum Namanya

Contoh-Pahlawan-Wanita

Terdapat beberapa pahlawan indonesia yang sangat dikenang dalam perjuangan tersebut, diantaranya ialah:

1. Raden Ajeng Kartini

Yang paling terkenal dari seorang R.A. Kartini ialah sebuah perjuangannya sebagai menuntut hak-hak perempuan. R. A. Kartini ingin semua wanita menerima pelatihan yang sesuai. Bukan hanya di rumah untuk diam dan terpencil. Tetapi juga telah mendapatkan pelatihan sebagai menjadi pintar dan setara dengan pria.

Kartini merupakan sosok yang tenang dan pendiam. Dengan wajahnya yang cantik ia berusaha memperjuangkan wanita di tengah tekanan eksternal. Berkat tindakan ini, banyak putri bangsawan mengikuti jejaknya.

Kartini menikah dengan bupati Rembang, yang telah mendukung mereka dalam membangun sebuah sekolahyakni khusus wanita. Namun apa yang dilakukan Kartini, tidak bertahan lama, karena ia harus wafat pada usia yang sangat muda, yakni dalam umur 25 tahun.

2. Martha Christina Tiahahu

Tidak ada yang mengira bahwa gadis cantik berusia 17 tahun ini berjuang mati-matian melawan penjajah. Marta Christina Tiahahu sangat bertekad untuk membebaskan Indonesia, terutama orang-orang di Pulau Nusalaut. Marta Christina Tiahahu ada di garis depan dan tidak takut apa pun.

Meskipun antusiasme sangat berapi-api, Belanda memenangkan perang. Marta Christina Tiahahu telah dijatuhi dan ditangkap hukuman tembak. Kemudian tubuhnya telah dibuang ke Laut Banda. Berkat kegigihan ini, Marta Christina Tiahahu dinobatkan sebagai pahlawan nasional Indonesia.

3. Cut Nyak Mutia

Cut Nyak Mutia mempunyai suatu nasib yang sama dengan Cut Nyak Dien. Dia menikah dengan suami seorang pejuang yang membuatnya dapat mempertahankan tanah airnya. Tetapi suaminya meninggal dan akhirnya menikah dengan pejuang pria lain. Meskipun Nyak Mutia cantik, kemampuan bertarungnya bisa dibandingkan dengan pria.

Baca Juga :  Bhineka Tunggal Ika

Setelah suami keduanya telah meninggal karena akibat perang melawan terhadap Belanda. Cut Nyak Mutia bangkit kembali dari keterpurukannya. Dia telah mengumpulkan sebuah pasukan yang tersisa dan akan menyerang Belanda lagi. Tetapi selama pertarungan ini beliau telah meninggal atau gugur.

4. Cut Nyak Dien

Salah satu pejuang yang paling mengesankan dan karismatik adalah Cut Nyak Dien. Awalnya dia hanya bertarung dengan suaminya, tidak secara langsung berhadapan dengan Belanda di baris pertama. Setelah suaminya Ibrahim Lamnga meninggal, Cut Nyak Dien bersumpah untuk membunuh semua orang Belanda yang tersisa.

Berkat dalam kecantikan dan daya tahannya, Teuku Umar, juga seorang pahlawan nasional, yakni telah melamarnya. Pertama, Cut Nyak Dien menolak, tetapi akhirnya tunangan diterima. Alasan dia menerima adalah bahwa Cut Nyak Dien diizinkan untuk berperang melawan Belanda lagi, yang membuatnya sangat pendendam. Cut Nyak Dien terus berjuang sampai dia tua dan telah wafat di wilayah Sumedang.

5. Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih

Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih atau disebut sebagai Nyi Ageng Serang. Dia merupakan putra penguasa wilayah kecil kerajaan Mataram, Pangeran Natapraja. Dia juga mempunyai sebuah darah dari Sunan Kalijaga.

Kemenangan dari seorang Nyi Ageng Serang tidak setenar R.A Kartini. Tapi dia dengan berani maju di medan perang. Bahkan menunggang kuda dan memakai tombak. Wajahnya yang indah adalah simbol kekuatan perempuan yang tidak terbatas pada waktu itu.

6. Fatmawati

Salah satu pahlawan wanita begitu paling terkenal ialah Fatmawati. Istri ketiga dari presiden pertama kami juga orang yang hebat. Berkat tangannya, Indonesia dapat memproklamirkan bendera pusaka “Sang Saka Merah Putih”.

Fatmawati merupakan sosok yang cantik dan tegas. Dia sangat sulit untuk menjadi ibu negara di negara Indonesia. Selain itu, tangannya yang dingin melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Guruh Soekarno putra, Megawati Soekarno putri dan Rachmawati Soekarnoputri. Pada 1980 ia telah meninggal dalam perjalanan pulang dari ibadah Umrah dan dimakamkan di daerah Jakarta.

Baca Juga :  Makna Proklamasi

Dalam pahlawan perempuan ini, mendapatkan sebuah gelar anumerta ini diberikan dengan pihak pemerintah Indonesia sebagai adanya sebuah tindakan dalam kepahlawanan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang dapat kami sampaikan dengan cara jelas, singkat dan mudah untuk dipahami, yakni mengenai Pahlawan Wanita. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.