Passing Grade IPB (Institut Pertanian Bogor) 2020/2021

Posted on

Passing Grade IPB (Institut Pertanian Bogor) 2020/2021 – Salah satu perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit di Indonesia yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB). Perguruan tinggi ini juga masuk ke sepuluh besar universitas terbaik se-Indonesia. Program studi yang ada di perguruan tinggi ini pun banyak. Sesuai namanya, perguruan tinggi ini lebih ke bidang pertanian. Bagi Anda yang tertarik pada bidang pertanian cocok dengan perguruan tinggi ini. Meskipun begitu, program studi yang tersedia tidak semua berkaitan dengan bidang pertanian.

Institut Pertanian Bogor ini merupakan universitas dengan jumlah peminat yang banyak. Hal ini berpengaruh pada daya tampung tentunya. Kesempatan untuk diterima di perguruan tinggi ini pun semakin kecil. Untuk itu Anda harus mempersiapkan diri dengan terus giat belajar, berdoa, dan merencanakan dengan matang. Selain itu, Anda juga harus mengetahui nilai passing grade untuk program studi yang Anda inginkan. Nilai passing grade ini merupakan nilai minimum yang harus Anda dapatkan.

Lantas bagaimana perihal passing grade ini? Di tiap perguruan tinggi tidak menginfokan mengenai passing grade. Tanang. Passing grade biasanya diberikan dari tempat bimbingan belajar atau pun Anda dapat mencarinya di googling.

Kali ini guruakuntansi.co.id menyediakan artikel mengenai passing grade untuk program studi di Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk tahun 2020/2021 yang akan dijelaskan lengkap dengan sejarah berdirinya perguruan tinggi ini. Ayo disimak ya.

Passing Grade IPB 2020/2021

Passing Grade IPB (Institut Pertanian Bogor) 2020-2021

Berikut ini merupakan passing grade untuk IPB tahun 2020/2021 di antaranya yaitu:

Program StudyPassing Grade
Agribisnis32.12%
Agronomi dan Hortikultura31.45%
Arsitektur Lansekap31.48%
Biokimia35.42%
Biologi35.54%
Ekonomi dan Studi Pembangunan30.4%
Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan30.7%
Ekonomi Syariah30.5%
Fisika30.2%
Ilmu dan Teknologi Kelautan30.5%
Ilmu Gizi36.6%
Ilmu Keluarga dan Konsumen27.0%
Ilmu Komputer46.8%
Kedokteran Hewan34.2%
Kimia40.5%
Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat26.8%
Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata33.5%
Manajemen33.2%
Manajemen Hutan33.6%
Manajemen Sumberdaya Lahan30.4%
Manajemen Sumberdaya Perairan28.6%
Matematika35.6%
Meteorologi Terapan28.6%
Nutrisi dan Teknologi Pakan29.8%
Proteksi Tanaman26.3%
Silvikultur28.2%
Statistika41.2%
Teknik Mesin dan Biosistem36.2%
Teknik sipil dan Lingkungan35.3%
Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya27.6%
Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap30.6%
Teknologi Hasil Hutan24.5%
Teknologi Hasil Perairan26.5%
Teknologi Industri Pertanian32.1%
Teknologi Pangan38.2%
Teknologi Produksi Ternak25.2%
Passing Grade IPB 2020/2021

Sejarah IPB

IPB merupakan akronim dari Institut Pertanian Bogor atau Bogor Agricultural University. Sesuai dengan namanya perguruan tinggi ini berlokasi di Bogor, provinsi Jawa Barat. Selain itu, perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi bidang pertanian.

Awal mula Institut Pertanian Bogor yaitu berasal dari Fakultas Pertanian yang ada di Universitas Indonesia (UI) yang berada di Bogor. Hingga akhirnya fakultas tersebut menjadi Institut Pertanian Bogor yang diresmikan pada tanggal 1 September 1963 oleh Presiden Pertama Indonesia, yaitu Presiden Ir. Soekarno. Beliau meletakkan batu pertama ketika kampus Institut Pertanian Bogor dalam proses pembangunan yaitu pada tanggal 27 April 1952.

Baca Juga :  Pengertian Capital (Modal)

IPB terus mengembangkan diri dengan memperbanyak fakultas dan program studi yang ada. Selain itu pada IPB juga terdapat program pascasarjana. Meski perguruan tinggi negeri ini merupakan perguruan tinggi pertanian tapi terdapat program studi di luar bidang tersebut dan masih saling berkesinambungan dengan pertanian. Perguruan tinggi ini didirikan sesuai dengan perjuangan para pahlawan kita terdahulu. Karena program yang diunggulkan dahulu adalah program di bidang pertanian. Hal inilah yang menjadi cikal bakal dari berdirinya Institut Pertanian Bogor dan juga supaya fakultas pertanian yang berada di bawah naungan Universitas Indonesia dapat berdiri secara mandiri.

Saat ini Bogor Agricultural University telah berubah nama menjadi IPB university sejak tahun 2019.

Alamat Kampus IPB

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) berlokasi di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Baca Juga: Passing Grade UBT 2020/2021 : Fakultas dan Jurusannya

Fakultas IPB

IPB memiliki beberapa fakultas di antaranya yaitu sebagai berikut:

a. Fakultas Ekologi Manusia
b. Fakultas Ekonomi dan Manajemen
c. Fakultas Kedokteran Hewan
d. Fakultas Kehutanan
e. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
f. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
g. Fakultas Pertanian
h. Fakultas Peternakan
i. Fakultas Teknologi Pertanian
j. Sekolah Pascasarjana
k. Sekolah Bisnis
l. Program Diploma

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk tahun 2020/2021 yang dijelaskan secara lengkap dari sejarah hingga program studi apa saja yang tersedia. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mewujudkan impian Anda. Terima kasih.

Baca Juga :  Passing Grade UNHAS 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan