Passing Grade ISBI Bandung 2020/2021: Fakultas Jurusan

Passing Grade ISBI Bandung 2020/2021 : Fakultas dan Jurusannya – Bandung merupakan kota seni. Banyak seniman yang berasal dari kota kembang tersebut, dari penari, penyanyi, dan juga pelaku seni lainnya. Jiwa kesenian masyarakat Jawa Barat sudah ada sejak lama. Hal ini tentunya tidak terjadi begitu saja. Karena masyarakat Jawa Barat terus berupaya untuk melestarikan dan mempelajari kesenian yang Anda.

Untuk mendukung hal tersebut maka dibangunlah perguruan tinggi negeri yang merupakan sarana untuk memberikan pendidikan yang lebih tinggi kepada para siswa siswi pecinta seni. Di Bandung terdapat perguruan tinggi seni yaitu ISBI Bandung. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk tahu passing grade dari program studi dari ISBI Bandung tahun 2020/2021 supaya bisa memperkirakan nilai yang harus Anda dapatkan.

Terraveu.com akan memaparkan mengenai passing grade ISBI Bandung tahun 2020/2021 berikut ini.

Passing Grade ISBI Bandung 2020-2021 Fakultas dan Jurusannya

Passing Grade ISBI Bandung 2020/2021

ISBI Bandung merupakan perguruan tinggi seni negeri yang berada di Kota Bandung. Akronim dari ISBI Bandung adalah Institut Seni Budaya Indonesia Bandung.

Data berikut ini merupakan passing grade dari ISBI Bandung untuk tahun 2020/2021 yaitu di antaranya:

Program StudiPassing Grade
Antropologi Budaya42,8%
Seni Karawitan33,9%
Seni Rupa Murni39,1%
Seni Tari28,5%
Teater38,3%
Baca Juga: Passing Grade Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) 2020/2021

Sejarah ISBI Bandung

Asal muasal dari perguruan tinggi ISBI Bandung yaitu karena kecintaan masyarakat Jawa Barat terhadap kesenian. Masyarakat Jawa Barat menginginkan pendidikan yang tinggi bagi para seniman khususnya seni tari. Sehingga pada tanggal 31 Maret 1968 dibangun Konservatori Tari (KORI) yang berada di Bandung. Pemerintah Daerah (Pemda) Tingkat II Kotamadya Bandung yang langsung mengelola konservatori tersebut. Konservatori ini merupakan wadah bagi masyarakat Jawa Barat dalam menyalurkan seni tari yang mereka sukai tersebut.

Semenjak Konservatori Tari tersebut beroperasi para penari di Jawa Barat pun semakin banyak. Kecintaan mereka terhadap seni tari semakin besar. Hal ini menjadikan Konservatori Tari terus berupaya untuk meningkatkan pendidikan dan menjadikan lembaga ini menjadi lembaga formal. Untuk mendukung para seniman di Jawa Barat, khususnya, Inspektorat Pendidikan Kesenian Jawa Barat, Dirjen Kebudayaan Kantor Daerah Kotamadya Bandung, Pemerintah Kotamadya Bandung, dan Direktorat Akademi Seni Tari Indonesia di Yogyakarta terus berupaya untuk mewujudkan hal tersebut. Hal tersebut membuahkan hasil yang manis. Ditetapkannya Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Jurusan Sunda di Bandung pada tanggal 27 Februari 1971. ASTI jurusan Sunda ini merupakan pengganti Konservatori Tari dan kelas jauh ASTI Yogyakarta.

ASTI Jurusan Sunda di Bandung dibina oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Depdikbud pada tahun 1976. Setelah mengikuti proyek yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Depdikbud yaitu Proyek Pengembangan Institut Kesenian Indonesia (IKI) Jakarta, status perguruan tinggi tersebut dinaikkan menjadi Institut Seni Indonesia (ISI). Status ASTI jurusan Sunda di Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung tahun 1995.

Tanggal 25 Agustus 2014 merupakan terjadinya peralihan status dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Peralihan status tersebut ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diresmikan pada tanggal 6 Oktober 2014. Meski pun diresmikan pada tahun 2014, ISBI Bandung telah menerima mahasiswa baru pada tahun 2012.

Fakultas pada ISBI Bandung

Pada tahun 1955, ASTI Bandung terdiri dari beberapa jurusan yang melengkapi yaitu di antaranya:

  1. Karawitan,
  2. Seni Rupa Pertunjukan,
  3. Tari, dan
  4. Teater

ASTI Bandung terus mengembangkan diri dengan menambah jurusan yang ada. Program studi lain pun terbentuk, seperti penyelenggaraan program televisi dan film, program studi rias dan busana, program studi seni rupa murni, dan program studi angklung dan musik bambu. Hingga saat ini perguruan tinggi ini terus mengembangkan diri dengan memberikan yang terbaik untuk setiap mahasiswanya.

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung memiliki fakultas berikut ini:
a. Fakultas Budaya dan Media
b. Fakultas Seni Pertunjukan
c. Fakultas Seni Rupa dan Desain
d. Program Pascasarjana

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk ISBI Bandung tahun 2020/2021 yang dilengkapi dengan sejarah berdirinya dan fakultas dan jurusan yang ada pada perguruan tinggi tersebut. Semoga artikel ini membantu Anda sekalian, terima kasih.

/* */