Passing Grade UIN Malang 2020/2021 Fakultas + Jurusan

Posted on

Passing Grade UIN Malang 2020/2021 Fakultas dan Jurusan – Lulusan Madrasah Aliyah, pondok pesantren, dan sekolah tingkat yang sama dapat melanjutkan pendidikan tingkat lanjutnya di perguruan tinggi Islam. Di Jawa Timur kita seperti yang kita ketahui terdapat banyak lembaga pendidikan Islam. Bagi masyarakat khususnya masyarakat Malang dapat melanjutkan pendidikan di UIN Malang.

Dengan perkiraan nilai passing grade program studi di UIN Malang untuk tahun 2020/2021 dapat membantu Anda melihat kemungkinan yang bisa Anda usahakan. Dengan begitu, Anda juga dapat memilih jurusan lain yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda.

Terraveu.com kali ini akan membahas mengenai Passing Grade UIN Malang atau UIN Maulana Malik Ibrahim tahun 2020/2021, simak ya.

Passing Grade UIN Malang 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

Universitas Islam Negeri (UIN) Malang atau Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim yang berlokasi di Jalan Gajayana No. 50, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, Kode Pos 65144.

Passing Grade UIN Malang atau UIN Maulana Malik Ibrahim 2020/2021

Data berikut ini merupakan data perkiraan nilai passing grade di UIN Malang tahun 2020/2021 yaitu sebagai berikut:

A. Passing Grade SAINTEK UIN Malang

Program StudiPassing Grade
Biologi 23.7%
Fisika21.0%
Kimia 23.5%
Matematika24.0%
Teknik Arsitektur25.0%
Teknik Informatika 31.0%

Baca Juga: Passing Grade UINAR 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

B. Passing Grade SOSHUM UIN Malang

Program StudiPassing Grade
Akuntansi29.0%
Manajemen28.5%
Al Ahwal Al Syakhshiyyah atau Hukum Perdata Islam               20.4%
Hukum Bisnis Syariah23.6%
Bahasa dan Sastra Arab20.5%
Bahasa dan Sastra Inggris22.8%
Pendidikan Agama Islam21.8%
Pendidikan Bahasa Arab              23.7%
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah22.2%
Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial (IPS)19.6%
Psikologi25.3%

Sejarah UIN Malang atau UIN Maulana Malik Ibrahim

Para tokoh Jawa Timur memberikan gagasan untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam yang berada di bawah naungan Departemen Agama. Gagasan tersebut menghasilkan Panitia Pendirian Institut Agama Islam Negeri (IAIN) cabang Surabaya pada tahun 1961 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama.

Baca Juga :  Passing Grade Universitas Tanjungpura UNTAN 2020/2021

Tugas dari Panitia Pendirian IAIN cabang Surabaya yaitu mendirikan Fakultas Syariah yang berkedudukan di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah yang berkedudukan di Malang. Kedua fakultas tersebut diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1961 oleh Menteri Agama. Kedua fakultas tersebut termasuk dalam cabang IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 1964 fakultas didirikan lagi, yaitu Fakultas Ushuluddin. Fakultas tersebut didirikan di Kediri. Setahun kemudian, tepatnya tahun 1965, ketiga fakultas tersebut tergabung dalam IAIN Sunan Ampel. Hal ini berdasar pada Surat Keputusan (SK) Menteri Agama No. 20 Tahun 1965.

Seiring berjalannya waktu, mutu pendidikan IAIN Sunan Ampel terus ditingkatkan. Akhirnya pada pertengahan tahun 1997 Fakultas Tarbiyah Malang IAIN Sunan Ampel berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang. Dengan peralihan status tersebut, STAIN Malang sudah tidak lagi berada dalam naungan IAIN Sunan Ampel. Selanjutnya, keinginan untuk menjadikan STAIN Malang menjadi Universitas semakin kuat. Segala persyaratan yang harus dipenuhi dipenuhi dan dilakukan dengan banyak perubahan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada.

STAIN Malang berubah nama menjadi Universitas Islam Indonesia Sudan (UIIS) pada tanggal 21 Juli 2002. Pada tanggal 21 Juni 2004 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Republik Indonesia perubahan status UIIS menjadi universitas disetujui. Kemudian pada tanggal 8 Oktober 2004 Universitas Islam Negeri (UIN) Malang diresmikan. UIN Malang juga disebut dengan UIN Maulana Malik Ibrahim yang diberikan berdasarkan dengan nama salah satu wali songo yaitu Sunan Maulana Malik Ibrahim. Sunan Maulana Malik Ibrahim merupakan wali songo yang berada di Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Fakultas UIN Malang atau UIN Maulana Malik Ibrahim

UIN Malang memiliki tujuh fakultas dan satu program pascasarjana. Berikut ini fakultas tersebut antara lain yaitu:
a. Fakultas Ekonomi
b. Fakultas Humaniora
c. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
d. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
e. Fakultas Psikologi
f. Fakultas Sains dan Teknologi
g. Fakultas Syari’ah
h. Program Pascasarjana

Baca Juga :  Sejarah HAM di Dunia

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai perkiraan Passing Grade untuk UIN Malang atau UIN Maulana Malik Ibrahim tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan secara jelas dan lengkap meliputi sejarah berdirinya dan fakultas yang tersedia. Semoga artikel UIN Malang ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.