Passing Grade UIN SGD (Sunan Gunung Djati) 2020/2021

Posted on

Passing Grade UIN SGD (Sunan Gunung Djati) 2020/2021 – Di pulau Jawa banyak sekali masyarakat yang lebih memilih sekolah khusus bagi yang beragama Islam. Selain itu di pulau Jawa juga banyak fasilitas sekolah seperti pondok pesantren. Bagi para santri yang ingin melanjutkan pendidikannya dapat meneruskan di perguruan tinggi negeri Islam. Perguruan tinggi negeri Islam juga memiliki akreditas yang baik sama seperti perguruan tinggi negeri umum. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mendaftar di perguruan tinggi negeri Islam.

Bagi Anda yang bersekolah MAN atau pun pondok pesantren memiliki kesempatan yang sama seperti yang bersekolah di SMA atau pun SMK. Siapapun juga dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri Islam. Salah satu perguruan tinggi negeri Islam yang ada di Pulau Jawa yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD). Untuk dapat diterima di UIN SGD, Anda harus mengikuti tes terlebih dahulu. Anda terlebih dahulu sebaiknya mencari tahu bagaimana cara supaya diterima di UIN SGD Bandung ini.

Dengan mengetahui passing grade dari program studi yang ada di UIN SGD Bandung dapat membantu Anda untuk memperkirakan berapa nilai yang harus Anda dapatkan supaya dapat diterima. Oleh karena itu, artikel pada guruakuntansi.co.id ini akan membahas mengenai passing grade UIN SGD Bandung untuk tahun 2020/2021. Simak yak.

Passing Grade UIN SGD 2020/2021

Passing Grade UIN SGD (Sunan Gunung Djati) 2020-2021

A. Passing Grade SAINTEK UIN SGD 2020/2021

Program StudyPassing Grade
Agroteknologi(22.8%)
Biologi(24.6%)
Fisika(20.5%)
Kimia(22.6%)
Matematika(22.3)
Pendidikan Matematika(29.6%)
Teknik Elektro(29.6%)
Teknik Informatika (34.5%)

B. Passing Grade SOSHUM UIN SGD 2020/2021

Baca Juga :  Pengertian Shareholder dan Stockholder
Program StudyPassing Grade
Administrasi negara(25.3%)
Manajemen(31.7%)
Ilmu Hukum(29.5%)
Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Hubungan Masyarakat(20.5%)
Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik(19.8%)
Bahasa dan Sastra Inggris (25.6%)
Pendidikan Bahasa Inggris (31.6%)
Psikologi(30.8%)
Sosiologi(21.4%)

Sejarah UIN SGD

UIN SGD merupakan kepanjangan dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati yang biasa dikenal dengan UIN Bandung. Sesuai dengan namanya, perguruan tinggi Islam ini diberi nama salah satu dari walisongo yaitu Sunan Gunung Djati.

Awal berdirinya perguruan tinggi Islam ini yaitu dengan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gung Djati Bandung. Perguruan tinggi Islam ini didirikan pada tanggal 8 April 1968 di kota Bandung, provinsi Jawa Barat. Saat berdirinya perguruan tinggi Islam ini, fakultas yang ada pada IAIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu di antaranya:

  1. FS – Fakultas Syari’ah yang berada di Bandung,
  2. FT – Fakultas Tarbiyah yang berada di Bandung,
  3. FT – Fakultas Tarbiyah yang berada di Garut, dan
  4. FU – Fakultas Ushuluddin yang berada di Bandung,
Fakultas tersebut berada tepatnya di Jalan Lengkong Kecil No. 5, Kota Bandung, provinsi Jawa Barat.

IAIN Sunan Gunung Djati terus melakukan perpindahan lokasi. Awal mula gedung IAIN Sunan Gunung Djati yang berada di Jalan Lengkong Kecil No. 5, Kota Bandung, provinsi Jawa Barat memutuskan untuk pindah lokasi di Jalan Tangkuban Perahu No. 14 sejak tahun 1973. Kemudian pada tahun 1974, IAIN Sunan Gunung Djati berpindah lokasi kembali ke Jalan Cipadung. Saat ini Jalan Cipadung berubah nama menjadi Jalan A.H. Nasution No. 105. Hingga akhirnya Fakultas Tarbiyah yang berada di Bogor dan Fakultas Syari’ah dari IAIN Syarif Hidayatullah yang berada di Sukabumi bergabung menjadi satu. Kedua fakultas tersebut bergabung menjadi satu di Fakultas Induk yang berada di Bandung. Pada tahun 5 Maret 1976, Fakultas Tarbiyah Cirebon yang berafiliasi di IAIN Syarif Hidayatullah berpindah ke IAIN Sunan Gunung Djati.

Baca Juga :  Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Mesin

Baca Juga: Passing Grade UIN Walisongo 2020/2021

Hingga akhirnya pada tanggal 10 Oktober 2005 perguruan tinggi Islam ini berubah menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Fakultas UIN SGD

Fakultas yang ada pada UIN Sunan Gunung Djati (SGD) di antaranya yaitu:

  1. FAH – Fakultas Adab dan Humaniora
  2. FDK – Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  3. FISIP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. FP – Fakultas Psikologi
  5. FST – Fakultas Sains dan Teknologi
  6. FSH – Fakultas Syari’ah dan Hukum
  7. FTK – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  8. FU – Fakultas Ushuluddin

Fasilitas yang ada terus dikembangkan untuk mendukung mahasiswa di setiap fakultasnya. Program pascasarjana juga terdapat di beberapa fakultas.

Alamat Kampus UIN SGD

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) berlokasi di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk program studi yang ada di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) untuk tahun 2020/2021 yang dilengkapi dengan sejarah dan fakultas yang dimiliki. Semoga artikel passing grade ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.