Passing Grade UIN Suska Riau 2020/2021 : Sejarah

Passing Grade UIN SUSKA Riau 2020/2021 : Sejarah – Banyak lulusan dari pondok pesantren atau pun sekolah menengah Islam atau MA (Madratsah Aliyah). Para lulusan tersebut bisa tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi Islam. Dahulu kita menyebut perguruan tinggi tersebut dengan IAIN atau Institut Agama Islam Negeri. Sedangkan sekarang kita sebut dengan Universitas Islam Negeri (UIN).

Melihat dari sejarah para walisongo pusat kebudayaan dan penyebaran agama Islam terjadi di pulau Jawa tetapi sudah menyebar ke pulau lainnya di Indonesia. Di Pulau Sumatera pun sudah banyak didirikan perguruan tinggi Islam, salah satunya yaitu di Riau. Di Riau khususnya Pekanbaru terdapat perguruan tinggi Islam negeri yang telah didirikan yaitu UIN SUSKA Riau.

Dengan mengetahui passing grade dari suatu perguruan tinggi kita bisa memperkirakan berapa besar peluang untuk dapat diterima di UIN SUSKA Riau. Berikut ini pada artikel Terraveu.com akan dijelaskan mengenai padding grade UIN SUSKA Riau untuk tahun 2020/2021 berikut ini:

Passing Grade UIN Suska Riau 2020-2021 Sejarah

UIN SUSKA Riau merupakan akronim dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang berada di Pekanbaru.

Passing Grade UIN SUSKA Riau 2020/2021

A. Passing Grade SAINTEK UIN SUSKA Riau

Program StudiPassing Grade
Ilmu Pertanian Agroteknologi21.5%
Ilmu Peternakan 23.8%
Matematika23.5%
Pendidikan Kimia29.6%
Pendidikan Matematika32.2%
Sistem Informasi31.5%
Teknik Elektro29.8%
Teknik Industri28.6%
Teknik Informatika37.2%

Baca Juga:

B. Passing Grade SOSHUM UIN SUSKA Riau

Program StudiPassing Grade
Ahwal Al-syaksiyah17.5%
Akuntansi32.2%
Aqidah Filsafat16.5%
Bimbingan dan Penyuluhan Islam18.6%
Ekonomi Islam25.2%
Ilmu Administrasi Negara 23.6%
Ilmu Hukum25.9%
Ilmu Komunikasi25.3%
Jinayah Siyasah atau Politik dan Pidana Islam18.6%
Kependidikan Islam Konsentrasi : Administrasi Pendidikan19.8%
Kependidikan Islam Konsentrasi : Bimbingan Konseling 21.5%
Manajemen 29.5%
Manajemen Dakwah19.5%
Muamalah atau Hukum Perdata Islam 18.6%
Pendidikan Agama Islam20.6%
Pendidikan Bahasa Arab19.8%
Pendidikan Bahasa Inggris29.6%
Pendidikan Ekonomi 22.6%
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah20.5%
Pengembangan Masyarakat Islam19.0%
Perbandingan Agama 15.5%
Perbandingan Mazhab dan Hukum16.8%
Psikologi29.8%
Tafsir Hadist18.3%

Sejarah UIN SUSKA Riau

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Syarif Qosim Pekanbaru berdiri pada tanggal 19 September 1970 yang diresmikan oleh K.H. Ahmad Dahlan, Menteri Agama Republik Indonesia saat itu. IAIN Sulthan Syarif Qosim Pekanbaru merupakan kumpulan dari beberapa fakultas di perguruan tinggi Islam swasta, yaitu Fakultas Syariah Universitas Islam Riau di Tembilahan, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Riau di Pekan baru, dan Fakultas Ushuluddin Masjid Agung An Nur Pekanbaru.

Sebelum bernama IAIN Sulthan Syarif Qosim Pekanbaru, perguruan tinggi Islam tersebut bernama Institut Agama Islam Negeri Pekanbaru. Sulthan Syarif Qosim merupakan nama dari Sulthan Kerajaan Siak Sri Indrapura ke-12.

Gedung yang digunakan IAIN Sulthan Syarif Qosim Pekanbaru di Jalan Cempaka. Setelah itu kampus dipindahkan ke Masjid Agung An Nur. Saat ini kampus IAIN Sulthan Qosim berada di Jalan Pelajar, sekarang Jalan K.H. Ahmad Dahlan, sejak tahun 1973.

IAIN Sulthan Syarif Qosim Pekanbaru terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada. Fakultas yang awalnya hanya ada tiga seiring berjalannya waktu bertambah. Perguruan tinggi Islam tersebut terus mengembangkan diri.

Perubahan nama UIN Sultan Syarif Kasim Riau dari IAIN Sulthan Syarif Qosim Pekanbaru diresmikan pada tanggal 9 Februari 2005. Peresmian tersebut dilakukan oleh Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia.

Fakultas UIN SUSKA Riau

UIN SUSKA Riau terdiri dari delapan fakultas, satu program pascasarjana, dan program doktor yang meliputi antara lain yaitu:
a. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
b. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
c. Fakultas Pertanian dan Peternakan
d. Fakultas Psikologi
e. Fakultas Sains dan Teknologi
f. Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum
g. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
h. Fakultas Ushuluddin
i. Pascasarjana
j. Doktor

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk UIN SUSKA Riau untuk tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan secara lengkap dengan sejarah berdirinya, fakultas, dan jurusan yang ada di UIN tersebut. Semoga artikel mengenai UIN SUSKA Riau ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

/* */