Passing Grade UIN Walisongo 2020/2021

Posted on

Passing Grade UIN Walisongo 2020/2021 – Di zaman sekarang kita sudah sering mendengar banyak siswa siswi yang bersekolah di pondok pesantren. Baik itu pondok pesantren khusus untuk tahfiz Qur’an atau pun bukan. Padahal dahulu masih jarang sekali yang melanjutkan sekolahnya di pondok pesantren. Jika dahulu kebanyakan pondok pesantren berada di pulau Jawa, saat ini mulai banyak pondok pesantren yang berdiri untuk terus mengajarkan agama Islam sesuai syariat.

Pondok pesantren banyak berdiri di pulau Jawa dikarenakan perjuangan syiar Islam yang dilakukan oleh para walisongo. Oleh karena itu, dari dahulu sudah banyak pondok pesantren yang berdiri. Untuk mendukung para santri melanjutkan pendidikannya maka didirikanlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Salah satu perguruan tinggi tersebut yaitu UIN Walisongo. UIN Walisongo berada di Kota Semarang. Untuk dapat masuk di UIN Walisongon berikut ini guruakuntansi.co.id akan dijelaskan mengenai passing grade UIN Walisongo untuk tahun 2020/2021.

Sejarah UIN Walisongo

Passing Grade UIN Walisongo 2020-2021

Perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang berlokasi di kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah yaitu UIN (Universitas Negeri Islam) Walisongo. UIN Walisongo dahulu bernama IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Walisongo. Pada tanggal 6 April 1970 berdirilah IAIN Walisongo. Saat itu fakultas yang tersedia di IAIN Walisongo tidaklah berada pada satu gedung. Fakultas yang ada tersebut tersebar di beberapa kota di provinsi Jawa Tengah. Adapun berikut ini fakultas beserta lokasinya:

a. Fakultas Dakwah berada di kota Semarang,
b. Fakultas Syari’ah berada di kota Bumiayu,
c. Fakultas Syari’ah berada di kota Demak,
d. Fakultas Tarbiyah berada di kota Salatiga, dan
e. Fakultas Ushuluddin berasa di Kudus.

Baca Juga: Passing Grade ISI Solo 2020/2021

Sesuai dengan namanya, IAIN Walisongo didirikan untuk mendukung dan mengembangkan pendidikan masyarakat sekitar khususnya provinsi Jawa Tengah. Karena penduduk provinsi Jawa Tengah banyak yang menuntut ilmu di pondok pesantren. Maka dari itu, para santri yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tetap dapat melanjutkannya di perguruan tinggi keagamaan Islam.

Baca Juga :  Pengertian Periklanan

Hal itulah yang menjadi dasar dari didirikannya IAIN Walisongo. Karena perguruan tinggi keagamaan Islam tersebut merupakan wadah untuk menuntut ilmu khususnya ilmu yang berhubungan dengan agama Islam. Selain itu, perguruan tinggi keagamaan Islam negeri tersebut juga sebagai penerus syiar Islam untuk terus meneruskan tradisi dan juga cita –cita yang telah diajarkan oleh para walisongo.

Baca Juga: Akreditasi UIN Walisongo 2020-2021

Akhirnya pada tanggal 19 Desember 2014, Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya IAIN Walisongo menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo. Penandatanganan tersebut dilakukan di Istana Merdeka bersamaan dengan peresmian UIN Palembang dan UIN Sumatera Utara.

Passing Grade UIN Walisongo 2020/2021

Program StudiPassing Grade
Aqidah Filsafat(28%)
Bimbingan Dan Penyuluhan Islam(28%)
Ilmu Falak(27%)
Kependidikan Islam(33%)
Komunikasi dan Penyiaran Islam(26%)
Manajemen Dakwah(25%)
Pengembangan Masyarakat Islam(30%)
Perbandingan Agama(27%)
Tafsir Hadits(25%)
Tasawuf dan Psikoterapi (29%)
Pendidikan Agama Islam(30%)
Pendidikan Bahasa Arab(32%)
Pendidikan Guru MI(33%)
Pendidikan Guru RA (21%)
D3 Perbankan Syari’ah(22%)
Akuntansi Syariah (37%)
Ekonomi Islam (34%)
Muamalah (Hukum Ekonomi Islam)(29%)
Perbankan Syariah(36%)
Siyasah Jinayah (Hukum Politik dan Pidana Islam)(29%)
Ahwalus Syahsiyah (Hukum Perdata Islam) (31%)

Fakultas UIN Walisongo

UIN Walisongo terdiri dari beberapa fakultas yang mendukung perkuliahan. Adapun berikut ini merupakan fakultas yang ada pada UIN Walisongo yaitu:

  1. FDK – Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  2. FEBI – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  3. FISIP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. FITK – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  5. FPK – Fakultas Psikologi dan Kesehatan
  6. FST – Fakultas Sains dan Teknologi
  7. FSH – Fakultas Syari’ah dan Hukum
  8. FUH – Fakultas Ushuluddin dan Humaniora
  9. Program Pascasarjana

UIN Walisongo juga memiliki program pascasarjana untuk yang ingin melanjutkan studi Islam S2 dan S3.

Fasilitas yang tersedia pada perguruan tinggi keagamaan Islam negeri ini pun banyak. Sehingga mahasiswa yang berkuliah di sini tidak akan kesulitan dalam melakukan kegiatan perkuliahannya. Lingkungan perkuliahan pun nyaman. Hal tersebut merupakan faktor pendukung yang dapat membantu Anda dalam proses kegiatan perkuliahan.

Baca Juga :  Aplikasi Cerdas Cermat Microsoft Excel Otomatis Gratis

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk program studi di UIN Walisongo untuk tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan secara lengkap meliputi sejarah, fakultas, dan jurusan yang ada di universitas tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Terima kasih.