Passing Grade UINAR 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Posted on

Passing Grade UINAR 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan – Indonesia memiliki mayoritas penduduk yang beragama Islam. Bahkan di Provinsi Aceh yang terkenal dengan kentalnya aga Islam pun bisa kita jumpai. Di sana setiap wanita Muslim diwajibkan untuk menggunakan jilbab. Oleh karena itu, kebudayaan Islam sangat kental di sana. Pendidikan agama Islam yang cukup kuat menjadikan masyarakatnya juga terbiasa dengan berbagai ilmu agama.

Dengan begitu, siswa siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi juga banyak yang melanjutkan di perguruan tinggi Islam. Di Indonesia banyak perguruan tinggi Islam. Meski begitu, di Provinsi Aceh sendiri juga sudah ada perguruan tinggi Islam negeri. Perguruan tinggi tersebut bernama UINAR atau UIN Ar-Raniry.

Pada artikel guruakuntansi.co.id kali ini akan dibahas mengenai passing grade Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry atau UINAR untuk tahun 2020/2021.

Passing Grade UINAR 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

Perguruan tinggi Islam negeri yang ada di Provinsi Aceh yaitu Universitas Islam Negeri Ar-Raniry atau biasa disebut dengan UINAR atau UIN Ar-Raniry.

Passing Grade UINAR 2020/2021

Adapun berikut ini merupakan data passing grade dari UIN Ar-Raniry atau UINAR untuk tahun 2020/2021 antara lain yaitu:

A. Passing Grade SAINTEK UINAR

Program StudiPassing Grade
Arsitektur24,9%
Biologi23,7%
Kimia24,2%
Pendidikan Teknik Elektro 25,3%
Pendidikan Teknologi Informatika24,5%
Teknik Lingkungan23,9%

Baca Juga:

B. Passing Grade SOSHUM UINAR

Baca Juga :  Kode Alam Burung Cendrawasih 2D 3D 4D Erek Erek Nomor Keluaran
Program StudiPassing Grade
Bimbingan Konseling24,4%
Ekonomi Syariah25,6%
Ilmu Administrasi Negara24,9%
Ilmu Ekonomi25,8%
Ilmu Hukum25,5%
Ilmu Perpustakaan22,9%
Ilmu Politik34,6%
Perbankan Syariah26,1%
Psikologi25,3%

Sejarah UINAR

Di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh terdapat perguruan tinggi Islam negeri yang bernama Universitas Islam Negeri Ar-Raniry atau biasa dikenal dengan sebutan UINAR atau UIN Ar-Raniry. Nama dari perguruan tinggi Islam ini berasal dari salah seorang ulama penasihat dari kesultanan Aceh di masa pemerintahan Sultan Iskandar Tsani, Syeikh Nuruddin Ar-Raniry. Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, K.H. Saifuddin Zuhri, No.89 tahun 1963 keluar sebagai tanda diresmikannya UINAR yaitu tanggal 5 Oktober 1963.

Sebelum bernama UIN Ar-Raniry, perguruan tinggi Islam ini bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry diawali dengan berdirinya Fakultas Syariah tahun 1960 dan Fakultas Tarbiyah tahun 1962. Institut tersebut merupakan cabang dari IAIN Sunan Kalidjaga Yogayakarta. Selanjutnya pada tahun 1962 di Kota Banda Aceh dibentuk Fakultas Ushuluddin.

Dalam beberapa tahun selanjutnya, IAIN tersebut tidak lagi berada di bawah naungan IAIN Sunan Kalidjaga Yogyakarta dan berpindah ke IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal itu terjadi selama enam bulan. Hingga akhirnya pada tanggal 5 Oktober 1963 IAIN Ar-Raniry resmi berdiri sendiri. Setiap waktu IAIN Ar-Raniry terus berkembang, pada tahun 1968 IAIN Ar-Raniry meresmikan fakultas Dakwah. Fakultas ini merupakan fakultas pertama yang ada di IAIN di Indonesia dan juga merupakan institut Islam ketiga yang didirikan di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu Aceh pun disebut dengan serambi Mekkah, hal ini juga yang menjadikan salah satu semangat dan motivasi untuk IAIN Ar-Raniry untuk terus mengembangkan diri dan memperbaiki sarana dan prasarana di segala bidang. Dengan terus memberikan pendidikan yang terbaik untuk tiap mahasiswanya.

Baca Juga :  Aplikasi Cerdas Cermat Microsoft Excel Otomatis Gratis

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.64 Tahun 2013 yang telah dikeluarkan maka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan berlaku sejak 1 Oktober 2013. Hal tersebut disampaikan bertepatan dengan Dies IAIN Ar-Raniry yang ke-50 yaitu pada tanggal 5 Oktober 2013.

Fakultas UINAR

UINAR atau UIN Ar-Raniry terdiri dari sembilan fakultas dan satu program pascasarjana, yaitu antara lain:

  1. FSH – Fakultas Syariah dan Hukum
  2. FTK – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  3. FAH – Fakultas Adab dan Humaniora
  4. FDK – Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  5. FUF – Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
  6. FEBI – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  7. FSaintek – Fakultas Sains dan Teknologi
  8. FPsi – Fakultas Psikologi
  9. FISIP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan
  10. Program Pascasarjana

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) atau UIN Ar-Raniry yang berada di Kota Banda Aceh untuk tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan secara lengkap dengan sejarah berdirinya, fakultas, dan jurusan yang ada di universitas tersebut. Semoga artikel UINAR ini dapat memberikan manfaat dan wawasan untuk Anda sekalian. Terima kasih.