Passing Grade UINSA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Passing Grade UINSA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan – Bagi para santri atau siswa siswi lulusan dari pondok pesantren, madrasah aliyah, dan yang sederajat khususnya yang berada di Surabaya dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi di perguruan tinggi negeri agama Islam.

Salah satu perguruan tinggi negeri agama Islam yang ada di Jawa Timur yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Untuk melanjutkan di universitas tersebut Anda dapat memilih jurusan yang Anda inginkan dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Pada artikel Terraveu.com akan membahas tentang Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya atau UINSA Surabaya untuk tahun 2020/2021 yang akan dijelaskan dengan sejarah berdiri dan fakultas yang tersedia pada artikel berikut ini, simak yuk.

Passing Grade UINSA 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

Universitas Islam Negeri (UIN) yang ada di Surabaya yaitu UIN Sunan Ampel atau disebut juga dengan UINSA. UINSA ialah perguruan tinggi negeri (PTN) agama Islam yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No. 117, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, Kode Pos 60237.

Passing Grade SOSHUM UINSA – UIN Sunan Ampel Surabaya 2020/2021

Adapun berikut ini merupakan data dari perkiraan nilai dari passing grade untuk jurusan IPS atau SOSHUM di UIN Sunan Ampel Surabaya atau UINSA tahun 2020/2021 antara lain yaitu:

Program StudiPassing Grade
Ekonomi Syariah29,0%
Ilmu Komunikasi24,7%
Komunikasi dan Penyiaran Islam18,6%
Manajemen Dakwah19,1%
Muamalah (Bisnis Islam)25,0%
Ahwal Al Syakhshiyah (Hukum Keluarga Islam)18,9%
Siyasah Jinayah (Hukum Tata Negara dan Pidana Islam)18,7%
Akidah Filsafat18,1%
Bahasa dan Sastra Arab18,7%
Bimbingan dan Penyuluhan Islam18,3%
Kependidikan Islam19,3%
Pendidikan Agama Islam22,0%
Pendidikan Bahasa Arab20,4%
Pendidikan Bahasa Inggris27,7%
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah23,8%
Pendidikan Matematika20,0%
Sastra Inggris20,2%
Sejarah dan Peradaban Islam18,4%
Pengembangan Masyarakat Islam18,1%
Perbandingan Agama18,0%
Politik Islam18,1%
Psikologi22,8%
Sosiologi20,0%
Tafsir Hadist18,2%
Baca Juga: Passing Grade UIN Alauddin Makassar 2017 Fakultas dan Jurusan

Sejarah UIN Sunan Ampel Surabaya

Pendirian perguruan tinggi agama Islam yang ada di Jawa Timur merupakan hasil dari gagasan para Tokoh masyarakat Muslim yang ada Jawa Timur. Hal tersebut terjadi pada akhir tahun 1950-an dan perguruan tinggi agama Islam tersebut berada di bawah naungan Departemen Agama. Kemudian pada tahun 1961 di Jombang diselenggarakan pertemuan yang membahas mengenai gagasan tersebut. Hasil dari pertemuan tersebut menghasilkan beberapa keputusan antara lain yaitu:
a. Membentuk Panitia Perintis Institut Agama Islam Negeri (IAIN),
b. mendirikan fakultas di Surabaya yaitu Fakultas Syariah, dan
c. mendirikan fakultas di Malang yaitu Fakultas Tarbiyah.

Setelah pertemuan tersebut, Yayasan Badan Wakaf Kesejahteraan Fakultas Syariah dan Fakultas Tarbiyah terbentuk pada tanggal 9 Oktober 1961. Yayasan tersebut bertugas untuk melaksanakan berikut ini:

  1. Mengadakan persiapan untuk pendirian IAIN Sunan Ampel yang terdiri dari Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang.
  2. Menyediakan tanah untuk pembangunan Kampus IAIN di Jalan Ahmad Yani No. 117, Kota Surabaya dengan lahan seluas 8 hektar.
  3. Menyediakan rumah dinas untuk para Guru Besar.

Pada tanggal 28 Oktober 1961, Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang diresmikan pendiriannya oleh Menteri Agama berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Agama No. 17 Tahun 1961. Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013, IAIN Sunan Ampel kemudian berubah nama menjadi UIN Sunan Ampel atau disebut juga dengan UINSA Surabaya pada tanggal 1 Oktober 2013.

Fakultas UIN Sunan Ampel Surabaya

Pada UIN Sunan Ampel Surabaya terdiri dari sembilan fakultas. Adapun berikut ini fakultas yang tersedia yaitu:
a. Fakultas Adab dan Humaniora
b. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
c. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
d. Fakultas Psikologi dan Kesehatan
e. Fakultas Sains dan Teknologi
f. Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
g. Fakultas Syariah dan Hukum
h. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
i. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
j. Program Pascasarjana

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan artikel tentang perkiraan dari nilai passing grade untuk beberapa program studi IPS atau SOSHUM di UIN Sunan Ampel Surabaya atau UINSA tahun 2020/2021 dijelaskan secara lengkap meliputi sejarah berdirinya dan fakultas yang tersedia. Semoga artikel tentang UIN Sunan Ampel dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

/* */