Passing Grade UINSU (UIN Sumatera Utara) 2020/2021

Posted on

Passing Grade UINSU (UIN Sumatera Utara) 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan – Sumatera Utara memiliki penduduk yang mayoritas beragama non-muslim. Meski demikian masih juga banyak yang beragama Islam. Banyak pondok pesantren dan sekolah madrasah yang dibangun di Provinsi tersebut. Pendidikan tingkat lanjut yang khusus di bidang agama Islam pun ada, salah satunya yaitu UIN Sumatera Utara. Perguruan tinggi Islam ini memiliki peminat yang banyak khususnya masyarakat Sumatera Utara.

Untuk dapat diterima di UIN Sumatera Utara tersebut perlu rencana yang matang. Salah satunya yaitu dengan memperkirakan nilai yang harus kita dapat sesuai dengan passing gradenya. Jangan lupa untuk tetap belajar dan berdoa. Dengan begitu, kita akan mengetahui berapa persen kemungkinan kita diterima tidaknya.

Adapun artikel Terraveu.com berikut ini akan dijelaskan mengenai Passing Grade untuk UINSU atau UIN Sumatera Utara tahun 2020/2021.

Passing Grade UINSU (UIN Sumatera Utara) 2020-2021

UINSU atau biasa dikenal dengan UIN Sumatera Utara merupakan Universitas Islam Negeri yang berada di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Passing Grade UINSU 2020/2021

Adapun berikut ini merupakan data passing grade untuk UINSU (UIN Sumatera Utara) tahun 2020/2021 antara lain yaitu:

A. Passing Grade SAINTEK UIN Sumatera Utara

Program StudiPassing Grade
Biologi28,2%
Fisika27,9%
Ilmu Kesehatan Masyarakat30,8%
Ilmu Komputer31,3%
Matematika29,4%
Sistem Informasi27,7%

Baca Juga:

B. Passing Grade SOSHUM UIN Sumatera Utara

Program StudiPassing Grade
Ilmu Komunikasi29,4%
Ilmu Perpustakaan26,7%

Sejarah UIN Sumatera Utara

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.11 Tahun 1960 mengenai berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Indonesia pada tanggal 9 Mei 1960 dengan nama Al Jami’ah Al Islamiyah Al Hukumiyah di Yogyakarta. IAIN tersebut merupakan gabungan dari Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) di Jakarta dan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Yogyakarta.

Baca Juga :  Klasifikasi Mahluk Hidup

Latar belakang yang mendukung Sumatera Utara untuk mendirikan IAIN Sumatera Utara yaitu karena alasan berikut ini:

  1. Belum adanya Perguruan Tinggi Islam yang berstatus Negeri di Provinsi Sumatera Utara.
  2. Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan pesantren, madrasah, dan perguruan- perguruan agama yang sederajat SLTA di daerah Sumatera Utara memerlukan adanya pendidikan tingkat lanjut.

Karena latar belakang tersebut akhirnya pada tahun 1973 IAIN Sumatera Utara dibangun. Kemudian didirikan Fakultas Tarbiyah di Medan. Pada tanggal 24 Oktober 1960 terbentuk Panitia Pendirian Fakultas Tarbiyah Persiapan IAIN Medan dengan Letkol. Raja Syahnan sebagai ketuanya. Diikuti dengan pendirian Fakultas Syari’ah pada tahun 1967. Permohonan untuk status negeri pada kedua fakultas tersebut terjadi pada tanggal 12 Oktober 1968. Menteri Agama Republik Indonesia menyatukan Panitia Penegerian Fakultas Tarbiyah dan Panitia Penegerian Fakultas Syari’ah. Keputusan tersebut diambil oleh K. H. Mohammad Dahlan selaku Menteri Agama Republik Indonesia.

Fakultas Syaria’ah sebagai Fakultas cabang IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Karena itu fakultas tersebut terus berusaha untuk dapat berdiri sendiri. Kemudian tanggal 19 November 1973 diresmikannya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara. IAIN Sumatera Utara terus mengembangkan diri hingga membuka program pascasarjana untuk ajaran tahun 1994/1995. Sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) pada tanggal 21 Maret 1997 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama islam Negeri (STAIN) bahwa Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara cabang Padangsidimpuan beralih status menjadi STAIN Padangsidimpuan yang berdiri sendiri. Perubahan nama dari IAIN Sumatera Utara menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara terjadi pada tanggal 16 Oktober 2014.

Fakultas UIN Sumatera Utara

UIN Sumatera Utara terdiri dari delapan fakultas dan satu program pascasarjana antara lain yaitu:

Baca Juga :  Pengertian Shareholder dan Stockholder

a. Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK)
b. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
c. Fakultas Ilmu Sosial (FIS)
d. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
e. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)
f. Fakultas Sains dan Teknologi (F-Saintek)
g. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH)
h. Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI)
i. Program Pascasarjana

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk UINSU atau UIN Sumatera Utara tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan secara lengkap meliputi sejarah berdirinya dan fakultas yang tersedia. Semoga artikel UIN Sumatera Utara ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.