Passing Grade UNCEN 2017 : Daftar Fakultas dan Jurusan

Passing Grade UNCEN 2017 : Daftar Fakultas dan Jurusan – Papua merupakan salah satu pulau yang berada paling ujung Indonesia. Selain itu, akses untuk ke Papua tidaklah semudah ketika kita pergi ke pulau Jawa. Sering sekali kita mendengar di Papua masih banyak penduduknya yang kesulitan mendapatkan pendidikan. Meski begitu terdapat perguruan tinggi negeri yang ada di Papua yaitu Universitas Cenderawasih.

Bagi masyarakat khususnya warga Irian Barat dapat melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Cenderawasih. Pada artikel Terraveu.com kali ini akan dibahas mengenai perkiraan passing grade untuk Universitas Cenderawasih (UNCEN) tahun 2017 beserta sejarah berdirinya dan daftar fakultas yang ada, simak ya.

Passing Grade UNCEN 2017 Daftar Fakultas dan Jurusan

Universitas Cenderawasih atau biasa juga disebut dengan UNCEN ialah perguruan tinggi negeri yang ada di Papua.

Passing Grade UNCEN 2017

Data berikut ini adalah perkiraan passing grade untuk Universitas Cenderawasih (UNCEN) tahun 2017 antara lain yaitu:

A. Passing Grade SAINTEK UNCEN

Program StudiPassing Grade
Biologi22.31%
Fisika20.30%
Kimia20.31%
Matematika20.82%
Ilmu Keperawatan25.84%
Ilmu Kesehatan Masyarakat23.40%
Pendidikan Dokter32.55%
Pendidikan Biologi25.50%
Pendidikan Fisika21.10%
Pendidikan Kimia20.17%
Pendidikan Matematika23.40%
Teknik Elektro21.83%
Teknik Mesin21.45%
Teknik Pertambangan24.41%
Teknik Sipil23.30%

Baca Juga: Passing Grade ITS 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

B. Passing Grade SOSHUM UNCEN

Program StudiPassing Grade
Ilmu Administrasi Negara22.63%
Ilmu Ekonomi21.01%
Ilmu Hukum21.33%
Ilmu Kesejahteraan Sosial19.74%
Ilmu Pemerintahan25.40%
Hubungan Internasional24.44%
Antropologi Sosial20.12%
Akuntansi22.35%
Manajemen20.37%
Bimbingan Konseling20.40%
Pendidikan Bahasa Inggris23.43%
Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah22.32%
Pendidikan Geografi21.42%
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)20.45%
Pendidikan Sejarah21.30%

Sejarah Universitas Cenderawasih

Papua merupakan salah satu provinsi yang tingkat pendidikannya tidak sebesar dan seluar provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Meski begitu semangat dan juga keinginan masyarakat Papua untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi terus menggelora.

Pendidikan di Papua terbatas, baik itu dari segi sumber daya hingga fasilitas yang ada. Namun pada tanggal 10 November 1962 dibuka pendidikan tinggi. Pemerintah terus berupaya untuk memberikan pendidikan yang layak bagi masyarakat Papua. Irian Barat berada di bawah Pemerintahan United Nations for Temporary Authority (UNTEA) secara administrasi. Yuridiksi Sekertaris Jenderal Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) membentuk UNTEA.

Amanat Paduka yang Mulia Presiden atau Panglima memerintahkan kepada Wampa Urusan Man Barat dan Wampa Urusan Kesejahteraan Rakyat untuk mendirikan pendidikan tertinggi di Irian Barat. Pada masa itu, Irian Barat belum dikembalikan ke Indonesia. Panitia Persiapan Pendiri Universitas Negeri di Jayapura (dahulu Hollandia) dibentuk pada tanggal 1 Oktober 1962. Pembentukan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan.

Tugas dari Panitia Persiapan Pendiri Universitas Negeri di Jayapura yaitu melakukan persiapan untuk pendirian pendidikan tinggi dan melaporkan segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas dan hasilnya pada Boestaman S. H., selaku Biro Pengajaran dan Pendidikan Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan.

setelah itu untuk memperkuat didirikannya perguruan tinggi di Jayapura maka dibentuk panitia yang akan membantu terpenuhinya perguruan tinggi tersebut. Panitia Pendidikan Tinggi Irian Barat (PPTIB) dibentuk dan diketuai oleh E. J. Bonay. Proses yang dilalui cukup panjang dan berliku. Hingga akhirnya pada tanggal 10 November 1962, Universitas Cenderawasih resmi dibuka. Peresmian tersebut dilakukan oleh Max Maramis, Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia, di Opleiding Schoolvoor Iheemsche Bestuursambtenaren (OSIBA). Kemudian pada tanggal 1 Mei 1963 Irian Barat atau Papua dikembalikan ke Indonesia kembali.

Fakultas Universitas Cenderawasih

Universitas Cenderawasih terdiri dari sembilan fakultas, antara lain yaitu:

  1. Fakultas Ilmu Keolahragaan
  2. FE – Fakultas Ekonomi
  3. FH – Fakultas Hukum
  4. FISIP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. FK – Fakultas Kedokteran
  6. FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  7. FKM – Fakultas Kesehatan Masyarakat
  8. FMIPA – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  9. FT – Fakultas Teknik

Fakultas yang tersedia pada Universitas Cenderawasih cukup lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Papua khususnya untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai perkiraan passing grade untuk Universitas Cenderawasih (UNCEN) di tahun 2017 yang telah dijelaskan secara lengkap meliputi sejarah berdirinya dan daftar fakultas yang tersedia pada perguruan tinggi tersebut. Semoga artikel mengenai UNCEN ini dapat berguna untuk Anda. Terima kasih.

/* */