Passing Grade UNSIKA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Posted on

Passing Grade UNSIKA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan – Perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa khususnya Jawa Barat salah satunya yaitu UNSIKA. UNSIKA merupakan universitas yang terletak di Karawang. Bagi Anda khususnya masyarakat Karawang dapat memilih UNSIKA untuk melanjutkan pendidikan Anda.

Perguruan tinggi ini memiliki berbagai fakultas umum yang dapat memenuhi keinginan Anda. Dengan mengetahui passing grade dari program studi yang ada pada UNSIKA dapat membantu Anda untuk masuk di perguruan tinggi tersebut. Passing grade adalah nilai minimum dari program studi yang harus Anda dapatkan. Tetapi universitas tidak menyediakan passing grade. Biasanya passing grade berasal dari bimbingan belajar dan sebagainya.

Artikel guruakuntansi.co.id kali ini akan membahas mengenai passing grade UNSIKA tahun 2020/2021 beserta fakultas dan jurusannya.

Passing Grade UNSIKA 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) UNSIKA merupakan kepanjangan dari Universitas Singaperbangsa Karawang yang berada di Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Sejarah UNSIKA

Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (PTPP) Karawang merupakan awal mula berdirinya Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Pada tanggal 5 September 1965 dibangun PTPP Karawang. Saat itu PTPP Karawang terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum. Tetapi seiring berjalannya waktu Fakultas Ekonomi tidak berjalan dengan baik. Sehingga ketika kedua fakultas tersebut diproses dalam pengajuan akreditas hanya Fakultas Hukum saja yang disetujui.

Karena hal tersebut, Fakultas Hukum berubah menjadi Sekolah Tinggi Hukum Pangkal Perjuangan (STHPP). Sekolah tersebut mendapatkan status terdaftar untuk tingkat Sarjana Muda pada tanggal 12 Juni 1970. Selanjutnya STHPP mendapatkan status terdaftar untuk tingkat Sarjana pada tanggal 5 Juni 1980.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Industri

STHPP terus berkembang dan mengikuti segala proses untuk memajukan sekolahnya. Segala usaha yang telah dilakukan membuahkan hasil. Pada tahun 1982 STHPP berubah menjadi universitas. Universitas tersebut diberi nama Universitas Singaperbangsa Karawang dan didirikan pada tanggal 2 Februari 1982.

Meski universitas tersebut telah dibangun, tetapi universitas tersebut belum sepenuhnya memenuhi persyaratan berdirinya universitas. Salah satu syarat yang belum terpenuhi yaitu tidak adanya fakultas atau jurusan eksakta. Karena hal ini universitas ini ditunda proses akreditasinya. Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Untuk memenuhi persyaratan didirikannya universitas maka didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian pada tahun 1984. Sehingga pada tahun 1986 Universitas Singaperbangsa Karawang memperoleh status Akreditas. Universitas ini berada di bawah bimbingan Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan. Di bawah arahan dari Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan, Universitas Singaperbangsa Karawang terus mengembangkan jurusan dan fakultas yang ada. Selain itu juga, terus mengembangkan universitas dengan menghadirkan fakultas baru.

Semua usaha dilakukan untuk mencetak mahasiswa yang profesional dan memiliki ilmu yang mumpuni dengan nilai –nilai religius, patriotisme, dan kekaryaan berdasarkan asas Pancasila dan Undang- undang Dasar 1945, serta berpedoman kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perubahan status dari perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) terjadi pada tanggal 6 Oktober 2014.

Passing Grade UNSIKA

Adapun berikut ini merupakan data passing grade untuk UNSIKA tahun 2020/2021 yaitu di antaranya:

A. Passing Grade SAINTEK UNSIKA

Program StudiPassing Grade
Agroteknologi18,67%
Pendidikan Matematika23,34%
Teknik Elektro21,97 %
Teknik Industri22,38 %
Teknik Informatika25,19%
Teknik Mesin20,14%

B. Passing Grade SOSHUM UNSIKA

Baca Juga :  Passing Grade ULM 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan
Program StudiPassing Grade
Akuntansi25,87%
Ilmu Hukum23,68%
Ilmu Komunikasi23,78%
Ilmu Pemerintahan20,67%
Manajemen24,89%
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 22,73%
Pendidikan Bahasa Inggris22,94%
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi19,89%
Pendidikan Luar Sekolah15,67%

Fakultas UNSIKA

Fakultas yang dimiliki UNSIKA berjumlah sembilan fakultas. Berikut ini merupakan fakultas yang ada pada UNSIKA antara lain yaitu:

  1. FAI – Fakultas Agama Islam
  2. Fasilkom – Fakultas Ilmu Komputer
  3. Faperta – Fakultas Pertanian
  4. FE – Fakultas Ekonomi
  5. FH – Fakultas Hukum
  6. FIK – Fakultas Ilmu Kesehatan
  7. FISIP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  8. FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  9. FT – Fakultas Teknik

Alamat kampus UNSIKA

Lokasi perguruan tinggi UNSIKA tepatnya berada di Jalan HS. Ronggo Waluyo, Kelurahan Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, 41361.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan lengkap dengan sejarah berdirinya, fakultas dan jurusan yang ada pada perguruan tinggi tersebut, serta alamat kampusnya. Semoga artikel UNSIKA ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.