Passing Grade UNSIL (Universitas Siliwangi) 2020/2021

Posted on

Passing Grade UNSIL (Universitas Siliwangi) 2020/2021 – Di zaman sekarang, banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya pendidikan, baik itu laki –laki atau pun perempuan. Tiap orang memiliki visi dan misi hidupnya masing –masing. Bahkan banyak orang merencanakan untuk melanjutkan studinya hingga ke jenjang Doktor. Di antara mereka masih banyak yang menginginkan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Padahal di Indonesia juga terdapat banyak perguruan tinggi negeri yang memiliki kemampuan yang mumpuni.

Tetapi meski demikian, masih banyak siswa siswi yang ingin melanjutkan kuliah di Indonesia terutama di wilayah yang dekat dengan rumah. Hal ini tentunya karena disebabkan beberapa alasan situasi dan kondisi yang terjadi. Di daerah Jawa banyak terdapat perguruan tinggi negeri, khususnya provinsi Jawa Barat. Bagi Anda yang berada di sekitar Tasikmalaya, Anda dapat melanjutkan kuliah di Univesitas Siliwangi (UNSIL).

Perguruan tinggi tersebut berada di Tasikmalaya, provinsi Jawa Barat. Adapun berikut ini akan guruakuntansi.co.id paparkan mengenai passing grade dari program studi yang ada pada Universitas Siliwangi (UNSIL) untuk 2020/2021. Passing grade ini dapat berguna untuk menentukan nilai minimal yang harus Anda capai. Sebaiknya Anda menargetkan nilai yang jauh di atas passing grade tersebut ya.

Passing Grade UNSIL (Universitas Siliwangi) 2020-2021

Universitas Siliwangi atau yang biasa dikenal dengan UNSIL merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Di Priangan Timur, Universitas Siliwangi merupakan perguruan tinggi terbesar.

Baca Juga: Passing Grade UNNES 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Passing Grade UNSIL 2020/2021

Berikut ini merupakan data passing grade untuk program studi yang ada di Universitas Siliwangi (UNSIL) untuk periode 2020/2021 di antaranya yaitu:

Baca Juga :  Passing Grade UNSIKA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

A. Passing Grade SAINTEK UNSIL 2020/2021

Program StudiPassing Grade
Agribisnis19%
Agroteknologi19%
Kesehatan Masyarakat28%
Pendidikan Biologi25%
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi23%
Pendidikan Matematika25%
Teknik Elektro27%
Teknik Informatika25%
Teknik Sipil26%

B. Passing Grade SOSHUM UNSIL 2020/2021

Program StudiPassing Grade
Akuntansi29%
Ekonomi Islam22%
Ekonomi Pembangunan26%
Ilmu Politik22%
Manajemen28%
Manajemen Keuangan dan Perbankan20%
Pendidikan Bahasa Indonesia22%
Pendidikan Bahasa Inggris27%
Pendidikan Ekonomi dan Tata Niaga23%
Pendidikan Geografi23%
Pendidikan Luar Sekolah20%
Pendidikan Sejarah22%

Sejarah UNSIL

Community College didirikan untuk mengatasi ditutupnya Fakultas Sosial Politik Universitas Padjadjaran Bandung, Fakultas Hukum Ekstension Universitas Padjadjaran Bandung, dan Institut Keguruan dan llmu Pendidikan Bandung Ekstension Tasikmalaya. Fakultas –fakultas tersebut ditutup dikarenakan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah yang tidak memperbolehkannya berdirinya cabang Perguruan Tinggi Negeri di daerah. Hal ini terjadi pada tahun 1975.

Ditutupnya fakultas –fakultas tersebut menimbulkan pergolakan. Akhirnya tokoh masyarakat di Tasikmalaya berusaha untuk mendirikan perguruan tinggi baru. Perguruan tinggi baru tersebut diberi nama dengan Community College pada tanggal 14 September 1977. Kemudian pada tanggal 24 Januari 1977 didirikanlah Akademi Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Akademi ADSUP) Siliwangi sebagai pengganti Community College.

Seiring berjalannya waktu, Akademi ADSUP terus mengembangkan diri dengan memberikan pembinaan Pendidikan Program Diploma. Hal inilah yang menjadikan didirikannya Universitas Siliwangi (UNSIL) pada tanggal 20 Mei 1978. Batu pertama yang diletakkan saat pembangunan gedung Universitas Siliwangi dilakukan oleh Pangdam VI atau Siliwangi Mayor Jenderal Himawan Sutanto. Kemudian peresmian gedung kampus tersebut dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri yaitu H. Amir Mahmud pada tanggal 25 Agustus 1980.

Baca Juga :  Passing Grade UNAND 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Perkembangan Universitas Siliwangi terus diusahakan salah satu caranya yaitu dengan memberikan pendidikan lanjutan kepada para staf pengajar yaitu dosen. Staf pengajar tersebut diperkenankan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Pendidikan tersebut dapat dilakukan di dalam atau pun di luar negeri seperti Australia dan Belgia. Universitas Siliwangi juga membangun kerjasama dengan berbagai instansi pemerintahan dan swasta baik itu di dalam atau pun di luar negeri. Semua hal itu dilakukan untuk memberikan pendidikan terbaik bagi para mahasiswa Universitas Siliwangi dan juga kemajuan negara Indonesia.

Fakultas UNSIL

Universitas Siliwangi memiliki beberapa fakultas di antaranya yaitu:

  1. FAI – Fakultas Agama Islam
  2. FE – Fakultas Ekonomi
  3. FIKES – Fakultas Ilmu Kesehatan
  4. FISIP – Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  6. Faperta – Fakultas Pertanian
  7. FT – Fakultas Teknik
  8. Program Pascasarjana

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade Universitas Siliwangi (UNSIL) tahun 2020/2021 yang dilengkapi dengan sejarah dan fakultas yang tersedia. Semoga artikel ini membantu Anda mengetahui tentang UNSIL. Terima kasih.