Passing Grade UNTIRTA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Posted on

Passing Grade UNTIRTA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan – Perguruan tinggi di Indonesia banyak sekali jumlahnya mencapai puluhan bahkan mencapai ratusan. Di Pulau Jawa memiliki perguruan tinggi dengan jumlah yang banyak. Pada provinsi Banten pun terdapat perguruan tinggi. Banten merupakan provinsi yang dekat dari pulau Sumatera dan Jakarta. sehingga UNTIRTA bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan tingkat lanjut, khususnya bagi masyarakat Banten sendiri.

UNTIRTA merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Provinsi Banten. Fakultas dan jurusan yang tersedia di UNTIRTA juga banyak. Supaya dapat masuk atau diterima di UNTIRTA, Anda dapat memenuhi passing grade dari tiap program studinya. Dengan passing grade Anda akan mendapatkan nilai minimum di program studi tersebut.

Berikut ini pada guruakuntansi.co.id akan dipaparkan mengenai passing grade untuk program studi yang ada di UNTIRTA tahun 2020/2021.

UNTIRTA merupakan akronim dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Perguruan tinggi negeri ini berlokasi di Provinsi Banten, Indonesia.

Fakultas UNTIRTA

Passing Grade UNTIRTA 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

UNTIRTA memiliki berbagai fakultas yang mendukung perguruan tinggi ini. Adapun berikut ini merupakan fakultas yang tersedia pada UNTIRTA di antaranya yaitu:

  1. FEB – Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. FH – Fakultas Hukum
  3. FISIP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. FKIP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  5. Faperta – Fakultas Pertanian
  6. FT – Fakultas Teknik
  7. Program Pascasarjana
Baca Juga: Passing-Grade UGM (Universitas Gadjah Mada) 2020/2021

Fakultas- fakultas tersebut didirikan supaya dapat memberi ruang bagi mahasiswa untuk melanjutkan kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Para dosen dan mahasiswa juga melakukan yang terbaik dalam penelitian yang dilakukan. Membuat dan meneliti sesuatu dalam berbagai bidang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia.

Baca Juga :  Kode Alam Ulat Bulu 2D 3D 4D Menurut Erek Erek Tafsir Mimpi & Primbon

Passing Grade UNTIRTA 2020/2021

Data passing grade untuk UNTIRTA yaitu sebagai berikut:

A. Passing Grade SAINTEK UNTIRTA

Program StudiPassing Grade
Agribisnis23.5%
Agroekoteknologi21.8%
Perikanan20.5%
Pendidikan Biologi29.6%
Pendidikan Matematika32.0%
Teknik Elektro33.0%
Teknik Industri35.2%
Teknik Kimia32.0%
Teknik Mesin32.6%
Teknik Metalurgi31.3%
Teknik Sipil30.3%

B. Passing Grade SOSHUM UNTIRTA

Program StudiPassing Grade
Administrasi Negara29.0%
Akuntansi34.6%
Ekonomi Pembangunan30.2%
Ilmu Hukum30.5%
Ilmu Komunikasi30.6%
Manajemen31.5%
Pendidikan Bahasa Indonesia26.6%
Pendidikan Bahasa Inggris29.2%
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)20.3%
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)29.8%
Pendidikan Luar Sekolah20.1%

Sejarah UNTIRTA

UNTIRTA atau Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berdiri pada tanggal 1 Oktober 1981. Awalnya perguruan tinggi ini bernama Yayasan Pendidikan Tirtayasa yang berlokasi di kota Serang, Provinsi Banten. Nama dari yayasan ini berasal dari nama Pahlawan Nasional yang berasal dari Banten yaitu Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan dari didirikannya Yayasan Pendidikan Tirtayasa ini yaitu di antaranya:
a. Dalam bidang pendidikan yayasan membantu usaha-usaha pemerintah.
b. Mendirikan sekolah dari tingkat taman kanak –kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMK), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan perguruan tinggi.
c. Merencanakan sarana pendidikan dan sarana olah raga serta mengusahakannya.

Pada tahun 1981 Yayasan Pendidikan Tirtayasa mendirikan Sekolah Ilmu Hukum (STIH) dan tahun 1982 didirikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP). Pada tahun yang sama yaitu 1982, Yayasan Krakatau Steel Cilegon mendirikan Sekolah Tinggi Teknik (STT). STKIP dan STT memutuskan untuk bergabung ke Yayasan Pendidikan Tirtayasa. Hal ini dilakukan karena sekolah- sekolah tersebut akan berdiri menjadi Universitas Tirtayasa Serang Banten.

Baca Juga :  Passing Grade UNUD 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Kemudian pada tanggal 19 Maret 2001 terjadi perubahan status dari swasta menjadi perguruan tinggi negeri. Tujuan dari didirikannya perguruan tinggi ini untuk memajukan dunia pendidikan di daerah Banten.

Alamat Kampus UNTIRTA

UNTIRTA memiliki beberapa kampus ang berlokasi di tempat yang berbeda, tetapi semua kampus tersebut tetap berada Provinsi Banten. Adapun berikut ini alamat kampus UNTIRTA yaitu:

a. Kampus utama berada di Kota Serang.
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ini berada di Jalan Raya Jakarta Km. 4 Pakupatan, Kota Serang, Provinsi Banten, Indonesia.

b. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan berada pada kampus yang terletak di Ciwaru.
Perguruan tinggi ini berlokasi di Jalan Ciwaru Raya No. 73 Kota Serang, Provinsi Banten, Indonesia.

c. Kampus untuk Fakultas Teknik berada di Kota Cilegon.
Lokasi untuk kampus Cilegon berada di klaster industri terbesar yaitu Krakatau Industrial Estate Cilegon, Kota Cilegon, Provinsi Banten, Indonesia.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk UNTIRTA tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan lengkap dengan fakultas, alamat, dan sejarah didirikannya perguruan tinggi ini. Semoga artikel UNTIRTA ini bermanfaat bagi Anda semua, terima kasih.