Passing Grade UTU (Universitas Teuku Umar) 2020/2021

Posted on

Passing Grade UTU (Universitas Teuku Umar) 2020/2021 : Fakultas, Jurusan, dan Sejarah – Aceh merupakan provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Perguruan tinggi negeri yang ada di Aceh salah satunya yaitu Universitas Teuku Umar atau UTU. Perguruan tinggi negeri ini dibangun khususnya untuk masyarakat Aceh Barat. Meski begitu siapa saja dapat mencoba untuk mendaftar di kampus ini.

Aceh merupakan kota yang berada di ujung Indonesia, transportasi untuk ke sana pun memerlukan waktu yang lama tetapi lokasi kampus Universitas Teuku Umar merupakan lokasi yang nyaman untuk melakukan aktivitas perkuliahan.

Dengan nilai passing grade dapat diketahui untuk perkiraan dari nilaii minimal yang harus diperoleh. Pada artikel Terraveu.com akan dibahas mengenai Universitas Teuku Umar (UTU) untuk periode 2020/2021 yang akan dijelaskan secara lengkap berikut ini.

Passing Grade UTU (Universitas Teuku Umar) 2020-2021

Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Meuloboh, Kabupaten Aceh Barat yaitu Universitas Teuku Umar disingkat dengan UTU. Lokasi kampus UTU di Jalan Alue Peunyareng, Ujuong Tanoh Darat, Kecamatan Meureuboe, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Indonesia, Kode Pos 23681.

Passing Grade Universitas Teuku Umar (UTU) 2020/2021

Data berikut ini merupakan perkiraan dari passing grade Universitas Teuku Umar (UTU) untuk tahun 2020/2021 antara lain yaitu:

A. Passing Grade SAINTEK UTU

Program StudiPassing Grade
Agribisnis22,34 %
Agroteknologi20,56 %
Kesehatan Masyarakat23,40 %
Perikanan21,45 %
Teknik Industri24,40 %
Teknik Mesin23,40 %
Teknik Sipil22,60 %
Passing Grade SAINTEK UTU

Baca Juga: Passing Grade UINAR 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

B. Passing Grade SOSHUM UTU

Program StudiPassing Grade
Ekonomi Pembangunan21,60 %
Ilmu Administrasi Negara21,60 %
Ilmu Komunikasi21,45 %
Sosiologi20,45 %
Passing Grade SOSHUM UTU

Sejarah Universitas Teuku Umar (UTU)

Yayasan Pendidikan Teuku Umar Dirundeng Meulaboh didirikan pada tanggal 28 Agustus 1984. Yayasan ini berdiri karena masyarakat Aceh khususnya daerah Meulaboh menginginkan adanya perguruan tinggi. Sehingga para ulama dan pemuka masyarakat Aceh Barat melakukan kerja sama dengan pemerintah Kecamatan Aceh Barat mendirikan Yayasan Pendidikan Teuku Umar Dirundeng Meulaboh. Tujuan didirikannya yayasan ini yaitu membangun perguruan tinggi swasta Universitas Teuku Oemar Djohan Pahlawan.

Baca Juga :  Kode Alam Terompet Nomor Keluaran 2D 3D 4D Tafsir Primbon Jawa

Langkah awal untuk mewujudkan perguruan tinggi swasta tersebut yaitu dengan mendirikan Sekolah Pembangunan Pertanian didirikan bersamaan dengan didirikannya Akademi Pertanian Meulaboh pada tahun 1984. Akademi Pertanian Meulaboh berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Teuku Dirundeng pada tanggal 23 November 1993.

STIP Teuku Dirundeng terus mengembangkan diri dan merupakan cikal bakal dari terbentuknya Universitas Teuku Umar. Selanjutnya perubahan dari STIP Teuku Umar menjadi Universitas Teuku Umar terjadi pada tanggal 10 November 2006 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal (Dirjen) Dinas Pendidikan dan Teknologi (Dikti) No. 262/D/O/2006 kemudian diubah menjadi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) No. 200/D/O/2009 Tanggal 31 Desember 2009. Di tahun yang sama Yayasan Pendidikan Teuku Umar Dirundeng Meulaboh berubah menjadi Yayasan Teuku Oemar Djohan Pahlawan.

Sejak saat itu, Universitas Teuku Umar terus berusaha mengembangkan diri untuk mewujudkan perguruan tinggi negeri. Universitas Teuku Umar berdiri pada tanggal 10 November 2006 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 2 April 2014. Peresmian ini dilakukan di Istana Negara Jakarta. Saat diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, status Universitas Teuku Umar berubah menjadi perguruan tinggi negeri.

Nama Universitas Teuku Umar berasal dari nama salah seorang pahlawan nasional yaitu Teuku Umar. Beliau berasal dari Kota Meulaboh, Kecamatan Aceh Barat.

Fakultas Universitas Teuku Umar (UTU)

Fakultas yang terdapat pada Universitas Teuku Umar (UTU) antara lain yaitu:

  1. Faperta – Fakultas Pertanian
  2. FE – Fakultas Ekonomi
  3. FISIP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi berikut ini:
    • a. Program Studi Ilmu Komunikasi
    • b. Program Studi Sosiologi
    • c. Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  4. FKM – Fakultas Kesehatan Masyarakat
  5. FPIK – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  6. FT – Fakultas Teknik
Baca Juga :  Pengelompokan Jenis Pajak

Maka dari itu Universitas Teuku Umar memiliki enam fakultas.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade Universitas Teuku Umar untuk tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan secara lengkap meliputi sejarah berdirinya dan fakultas apa saja yang ada di universitas tersebut. Semoga artikel UTU ini memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih.