Patung Liberty

Posted on

Patung Liberty – Menjadi sebuah simbol dari kemenangan bagi wilayah Amerika Serikat. Dapat didirikan pada 28 Oktober 1886. Dalam patung Liberty Enlightening the World adalah sebuah simbol atau hadiah dari masyarakat Prancis.

Hadiah tersebut untuk Amerika Serikat sebagai tahun ke 100 dalam kemerdekaannya. Salah satu monumen paling terkenal di Amerika Serikat. Patung ini berbentuk wanita yang memegang obor dan buku.

Bagaimanakah sejarah mengenai patung ini? Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas secara singkat dan jelas. Yuukk… Simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Bagaimanakah Sejarah Patung Liberty ?

Patung ini mempunyai sebuah makna bahwa rakyat Amerika mempunyai sebuah demokrasi dan kebebasan. Kebebasan berekspresi, hak sebagai kebebasan untuk memilih, hak untuk kebebasan bertindak dan hak untuk kebebasan Oleh karena itu, dalam sebuah patung tersebut, memiliki suatu kebebasan sangat penting bagi warga Amerika Serikat, karena patung ini sangat bersejarah bagi mereka.

Patung ini merupakan sebuah ide dari teman George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Sahabat George Washington adalah Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre. Laboulaye adalah seorang pengacara dan pemikir dari Perancis.

Patung-Liberty

Pendirian Amerika Serikat terkait erat dengan peran Perancis. Selama revolusi, Prancis menyerahkan senjata ke koloni-koloni di Amerika Serikat. Senjata-senjata ini digunakan untuk membebaskan diri dari pendudukan Kerajaan Inggris yang menginvasi Amerika pada saat itu.

Pada tahun 1865, beberapa otoritas Amerika berkumpul dengan para intelektual Perancis yang berbicara menentang rezim Napoleon III. Intelektual Perancis mengatakan mereka mengagumi pembentukan negara Amerika. Dan Amerika berhasil menjadi negara yang demokratis dan membebaskan perbudakan pada akhir perang saudara.

Baca Juga :  Sejarah Sepak Bola

Laboulaye berkata di makam malam kecil sebuah ide. Terdapat gagasan menjadikan Amerika Serikat sebagai monumen demokrasi di Amerika Serikat dan berharap bahwa Prancis akan menjadi negara demokratis di dunia.

Salah satu tamu di jamuan makan malam tersebut adalah Frédéric-Auguste Bartholdi. Bartholdi merupakan pematung berusia 31 tahun yang terkenal. Dia berasal dari Colmar, Alcase, salah satu provinsi timur di Perancis. Bartholdi tertarik pada gagasan Laboulaye dan mengilhami dia.

Awalnya, patung ini mirip dengan model wanita dari sebuah pedesaan yang mengenakan jilbab dan jubah. Kutipan Barry Morena dari Smithsonian Institution menunjukkan bahwa patung itu dibuat oleh seorang penduduk dari Fellah, yang memiliki arti yakni populasi pedesaan dari darah Arab.

Pada saat itu, sebagian besar dalam penduduk Mesir tersebut merupakan seorang muslim. Akan tetapi, pemerintah Mesir menolak proposal Bartholdi untuk mendapatkan pijakan di wilayah Terusan Suez. Karena Mesir belum mengalami ketenaran saat itu, maka lambang patung itu dianggap tidak sesuai dengan kenyataan.

Pendirian Patung Liberty

Pada tahun 1883, Laboulaye muncul dengan ide untuk mendirikan Patung Liberty, yang meninggal karena adanya sebuah serangan jantung. Setahun kemudian, pada tahun 1884, Patung Liberty akhirnya sudah selesai dalam pembuatannya. Patung Liberty dari musim semi 1885 masih dilestarikan di Prancis. Pada saat itu telah pembongkaran dilakukan.

Contoh-Patung-Liberty

Pada 15 Juni 1885, Patung Liberty yang terbuat dari 214 kotak kayu tiba di Pulau Bedloe. Namun, dalam sebuah Patung Liberty baru dibangun pada Mei 1886. Dalam beridirinya ini dapat memakan waktu sekitar enam bulan.

Pada 25 Oktober 1886, Bartholdi dan istrinya mengunjungi Amerika Serikat yakni dapat melihat sebuah hasil karyanya. Bartholdi telah berangkat ke wilayah Prancis bersama dengan Viscount Ferdinand de Lesseps-Marie, ketua Uni Franco-Amerika. Kedatangan rombongan Bartholdi disambut oleh Komite Amerika dan Joseph Pulitzer. Setelah tiba di pulau Bedloe, di mana Patung Liberty didirikan. Bartholdi hanya mengatakan bahwa dalam cita-citanya sudah terwujud.

Baca Juga :  Prasasti Tugu

Pada 28 Oktober 1886, Patung Liberty dibuka secara umum. Pemerintah Amerika Serikat telah mengumumkan dari Hari Nasional. Hanya Wall Street yang tidak berlibur saat ini. Pawai Tricolor di New York. Dalam tiga warna merah, putih dan biru. Warna tersebut telah melambangkan bendera Prancis. Setiap anak akan mengikat pita warna itu dan membanjiri kota.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami jelaskan dengan jelas dan singkat mengenai Patung Liberty. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.