Indikator Pembangunan Ekonomi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Mari kita simak penjelasannya…

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Negara maju adalah negara yang memperhatikan perkembangan ekonominya.

Menyentuh perkembangan ekonomi, negara yang kondisinya baik tentu memiliki perkembangan ekonomi yang baik.

Pembangunan ekonomi bukan hanya masalah yang terkait dengan kemajuan atau perkembangan suatu negara, tetapi dengan perkembangan ekonomi kita akan tahu bagaimana negara dengan sistem yang digunakan oleh pemerintah.

Pembangunan ekonomi itu sendiri terkait dengan rata-rata kesejahteraan rakyat di negara tersebut. Tidak hanya itu, dengan adanya pembangunan ekonomi,

diharapkan mampu meningkatkan standar hidup di suatu negara, termasuk mulai dari pendapatan, pendidikan, teknologi, peluang kerja, dan sebagainya.

Dalam hal ini kita dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara dengan pengembangan standar kehidupan masyarakat dan berbagai hal yang disebutkan sebelumnya.

Di Indonesia sendiri perencanaan pembangunan nasional dikoordinasikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

Bukan hanya Indonesia, seluruh negara di dunia juga memiliki perencanaan pembangunan ekonomi.

Untuk mengukur keberhasilan perencanaan pembangunan ekonomi ada beberapa indikator keberhasilan yang digunakan oleh banyak negara, yaitu:

Urbanisasi

Indikator Pembangunan Ekonomi

Urbanisasi adalah pergerakan orang dari daerah pedesaan ke perkotaan.

Alasan urbanisasi sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah bahwa sesuatu yang sederhana dapat disimpulkan.

Di daerah perkotaan, banyak penduduk desa yang melakukan banyak urbanisasi menunjukkan bahwa di daerah perkotaan,

semuanya menjamin kemakmuran dan kemakmuran, biasanya konsep ekonomi yang diterapkan adalah konsep ekonomi makro.

Seperti banyaknya peluang kerja yang didukung oleh peralatan mesin yang canggih, dan kebutuhan akan pesanan yang sangat besar, menyebabkan perusahaan-perusahaan itu membutuhkan pekerja baru.

Dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan pekerja, mereka dapat semakin mengurangi pengangguran, sehingga mengurangi kemiskinan.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Ekonomi Pancasila

Pendapatan per Kapita

Pendapatan per kapita terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, itu juga akan mempengaruhi perkembangan ekonomi.

Alasan pendapatan per kapita sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah bahwa pendapatan per kapita meningkat karena stabilitas ekonomi yang baik. Itu berarti menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat terjamin.

Jika dikaitkan dengan urbanisasi pada poin 1, maka dari sebuah perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga kerja, itu akan menarik banyak pekerja yang bekerja di perusahaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Dengan demikian, pendapatan perusahaan naik, dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, yang pada gilirannya berdampak pada pekerja.

Jika pekerja meningkatkan kualitas pekerjaan mereka, mereka juga akan meningkatkan permintaan sehingga pendapatan per kapita juga meningkat.

Struktur Ekonomi

Pembangunan ekonomi terkait dengan struktur ekonomi. Alasan struktur ekonomi sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah dengan perkembangan pembangunan ekonomi,

struktur ekonomi akan berkembang. Struktur di sini ditafsirkan sebagai pola perubahan yang mengarah pada perbaikan.

Misalnya, kita berada di sektor pertanian, kemudian seiring dengan pertumbuhan ekonomi, sektor pertanian digantikan oleh sektor industri. Maka struktur ekonomi akan berubah seiring pertumbuhan ekonomi.

Angka Tabungan

Jumlah tabungan ini terkait dengan struktur ekonomi. Alasan jumlah tabungan sebagai indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah untuk membuat perbedaan dari perubahan dalam struktur ekonomi.

Perubahan yang dimaksudkan adalah ketika sektor pertanian beralih ke sektor industri, tingkat produktivitas akan meningkat dan output yang dihasilkan juga akan meningkat,

maka tabungan adalah modal dalam suatu ekonomi, semakin banyak angka tabungan dalam mengubah struktur ekonomi, dapat disimpulkan bahwa ekonomi sedang tumbuh.

Indeks Kualitas Hidup

Secara umum, kita tahu bahwa indeks kualitas hidup dibagi menjadi tiga bagian, yaitu rata-rata harapan hidup. Angka kematian bayi dan angka melek huruf.

Alasan kualitas indeks kehidupan sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah bahwa semakin baik kualitas indeks kehidupan, semakin baik pula perkembangan ekonominya.

Pertama dari rata-rata harapan hidup, jika negara ini dalam kondisi pembangunan ekonomi yang baik, rata-rata tingkat harapan hidup meningkat dilihat dari pemenuhan kebutuhan pangan

Baca Juga :  Rekonsiliasi Bank

kepada masyarakat secara merata, karena mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri sehingga tidak ada kabar tentang kekurangan makanan,

di samping itu, jika mereka sakit, mereka terjangkau dalam memenuhi kebutuhan obat-obatan atau akses ke kesehatan.

Kedua adalah tingkat kematian bayi, perkembangan ekonomi yang baik adalah ketika tingkat kematian bayi menurun.

Ini dibuktikan dengan pemenuhan gizi, gizi, dan pelayanan kesehatan yang memadai dari ibu hamil hingga bayi yang dilahirkan.

Dan yang ketiga adalah bahwa semakin baik perkembangan ekonomi ketika tingkat melek huruf meningkat karena ini menandakan fasilitas untuk memfasilitasi lebih banyak

orang yang melek huruf dan membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk berkomunikasi dengan baik dengan melek huruf, sehingga orang dapat memahami perkembangan suatu negara.

Indeks Pembangunan Nasional

Alasan Indeks Pembangunan Nasional sebagai indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah indeks ini yang akan membandingkan kualitas indeks kehidupan suatu negara.

Dari indeks pembangunan nasional ini, kita akan tahu di mana perkembangan ekonomi kita nantinya. Nantinya, dari indeks pembangunan nasional ini, bisa menjadi patokan bagi negara kita sekarang.

Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu indikator perkembangan ekonomi karena kita dapat melihat suatu negara memiliki perkembangan ekonomi yang maju jika tingkat pendidikannya tinggi, yang dimaksud dilihat dari tingkat melek huruf orang di suatu negara, semakin banyak orang yang melek huruf di suatu negara menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi bagus.

Tidak hanya dilihat dari angka melek huruf tetapi juga dari tingkat partisipasi masyarakat dalam pentingnya pendidikan.

Kesehatan

Kesehatan juga mempengaruhi, semakin lengkap fasilitas kesehatan yang ada, semakin mudah akses ke fasilitas kesehatan yang ada akan berakibat pada harapan hidup yang tinggi termasuk pelayanan keluarga berencana (KB), sehingga kesehatan adalah alasan yang dijadikan indikator keberhasilan.

Tempat tinggal

Indikator selanjutnya adalah tempat tinggal, tempat tinggal yang dituju adalah tempat tinggal yang memiliki fasilitas air bersih,

sanitasi dan fasilitas listrik, dan memiliki kualitas perumahan layak huni, yang menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran

Kejahatan

Jika suatu negara memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi, maka tingkat kejahatan menurun, karena masyarakat telah mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Akses Media

Terakhir adalah akses media ke tempat yang tidak terjangkau menunjukkan bahwa tingkat perkembangan ekonomi baik.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Untuk dapat dikatakan berhasil dalam perencanaan pembangunan ekonomi, yaitu harus memenuhi indikator-indikator tersebut diatas.

Akan tetapi, keberhasilan atau kegagalan rencana pembangunan ekonomi ini ternyata memengaruhi banyak faktor, diantaranya:

1. Barang modal

Barang modal ini mencakup berbagai jenis barang yang digunakan untuk menghasilkan output (barang dan jasa). Misalnya: mesin pabrik, peralatan pertukangan, dan sebagainya.

Semakin banyak jumlah barang modal, barang dan jasa yang dihasilkan juga akan meningkat.

Nah, peningkatan produksi barang dan jasa menunjukkan bahwa ekonomi sedang mengalami pertumbuhan.

2. Teknologi

Kemajuan ekonomi di berbagai negara terutama disebabkan oleh kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi telah memiliki sejumlah dampak positif pada pertumbuhan ekonomi yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat.

3. Tenaga Kerja

Tenaga kerja masih merupakan faktor produksi dominan di negara-negara berkembang. Banyak orang akan menambah jumlah pekerja.

Penambahan tenaga kerja ini memungkinkan suatu negara untuk meningkatkan jumlah produksi dan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

4. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam bisa memudahkan usaha untuk mengembangkan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam yang tersedia dimanfaatkan secara optimal, hal ini akan membantu dalam proses pertumbuhan ekonomi.

5. Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengambil risiko dalam melakukan upaya untuk menghasilkan keuntungan.

Pengusaha akan berinvestasi, yang akan meningkatkan peluang kerja, meningkatkan output nasional, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan negara dalam bentuk pajak.

Baca Juga : 

Demikian pembahasan tentang indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Indikator Pembangunan Ekonomi
5 (100%) 1 vote[s]