Pengertian Pendapatan Nasional

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan pendapatan nasional, apa tujuan dan manfaat dari perhitungan pendapatan nasional. Mari kita simak penjelasannya.

Pengertian Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah total dari keseluruhan pendapatan yang diterima oleh seluruh anggota masyarakat ataupun seluruh keluarga rumah tangga didalam suatu negara dengan perhitungan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu (biasanya 1 tahun).

Arti lain dari pendapatan nasional yaitu sebagai produksi nasional, artinya nilai hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh anggota masyarakat dalam suatu negara dalam kurun waktu tertentu.

Tujuan Menghitung Pendapatan Nasional

  1. Sebagai alat bantu dalam membuat rencana dan rancangan pembangunan nasional. Faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi perolehan pendapatan nasional dapat diketahui dengan menghitung pendapatan nasional. Pemerintah harus merencanakan pembangunan lapangan-lapangan usaha apabila ingin meningkatkan pendapatan nasional.
  2. Untuk mengetahui taksiran/estimasi nilai barang dan jasa secara akurat. taksiran tersebut dapat diketahui dengan menghitung pendapatan nasional (GNP dan GDP).
  3. Untuk megetahui dan menilai kemajuan atau pertumbuhan/perkembangan perekonomian suatu negara. Seberapa besar peningkatan perekonomian suatu negara dapat diketahi dengan menghitung pendapatan nasional. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional maka menunjukkan bahwa semakin tinggi pula kemajuan perekonomian suatu negara.
  4. Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemajuan ekonomi suatu negara. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan ekonomi suatu negara dapat diketahui dengan menghitung pendapatan nasional. Pada saat pendapatan nasional menurun, maka faktor-faktor penyebab menurunnya pendapatan nasional tersebut dapat diketahui dan dianalisis sebagai pedoman perbaikan selanjutnya.

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Pengertian pendapatan nasional

Terdapat banyak sekali manfaat dari perhitungan pendapatan nasional, berdasarkan penjelaskan diatas, manfaat perhitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut:

  1. Membantu menghitung total jumlah pendapatan NegaraManfaat utama dari perhitungan pendapatan nasional yaitu untuk mengitung seberapa besar pendapatan nasional yang diperoleh dalam suatu periode tertentu (biasanya 1 tahun). Dengan mengetahui jumlah tersebut maka dapat menggambarkan apakah suatu Negara tergolong makmur atau tidak.
  2. Membantu mengetahui maupun kerugian yang dihasilkan oleh suatu NegaraMelalui perhitungan sederhana, suatu negara dapat dikatakan memiliki keuntungan yang sangat besar. Atau bahkan mengalami kerugian atau kebangkrutan melalui perhitungan pendapatan nasional.
  3. Membantu mengetahui pengeluaran yang dilakukan oleh suatu NegaraDengan mengetahui seberapa besar pengeluaran yang dilakukan oleh suatu negara, maka para ahli ekonomi negara dapat menentukan apakah negera tersebut terlalu banyak melakukan pengeluaran atau tidak, hal ini dapat membantu menentukan kebijakan-kebijakan apa yang akan dilakukan pemerintah kedepannya.
  4. Membantu mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi suatu NegaraTingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diketahui dengan menghitung perhitungan pendapatan nasional. Tingkat pertumbuhan ekonomi dinyatakan dalam bentuk persen (%), dengan hal ini suatu negara dapat dikategorikan apakah pertubuhan ekonomi suatu negara itu termasuk lambat atau cepat.
  5. Sebagai acuan dalam analisis ekonomiDengan mengacu pada hasil perhitungan pendapatan nasional maka akan muncul berbagai macam analisa, mengenai 5W1H, yaitu:- Mengapa
    – Apa
    – Bagaimana
    – Kapan
    – Siapa
    – dan Dimana

    Seluruh pertanyaan berbasis ppada 5W1H, yang akan mengarah pada hasil dari perhitungan pendapatan nasional. Hal ini digunakan untuk menganalisa kegiatan suatu negara dalam satu periode terakhir.

  6. Sebagai pembanding pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan negara lainPerhitungan pendapatan nasional mampu memberikan data yang akurat mengenai pertumbuhan ekonomi suatu negara, dan dapat memberikan informasi mengenai perbandingan pertumbuhan ekonomi dari suatu negara dengan negara lainnya.
  7. Mengetahui seberapa besar kontribusi dari sektor bisnis terhadap pendapatan nasionalDengan menggunakan perhitungan pendapatan nasional dapat diketahui sektor mana yang mempengaruhi hasil dari perhitungan pendapatan nasional, apakah itu dari sektor industri ataupun sektor bisnis lainnya yang merupakan penymbang terbesar dari hasil perhitungan pendapatan nasional. Dari hasil tersebut maka pemerintah dapat mengoptimalkan sektor mana yang harus diomtimalkan.
  8. Menjadi salah satu rumusan untuk membuat kebijakan dari pemerintahHasil perhitungan pendapatan nasional sperti untung-rugi, kontribusi sektor, dan juga pertumbuhan ekonomi negara, dapat menjadi dasar atau acuan pembuatan kebijakan, apakah suatu negara harus menambah tingkat pertumbuhan ekonomi atau harus melakukan hutang kepada luar negeri.
  9. Sebagai penggolong suatu NegaraTerdapat label penggolongan kepada suatu negara karena kontribusi sektor terbesarnya, apakah negara tersebut termasuk dalam negara industri, negara agraris, negara minyak, dll. Dengan mengetahui analisa lengkap dari perhitungan pendapatan nasional, maka label dari dari suatau negara dapat diketahui. Apakah negara tersebut maju atau berkembang dan termasuk kedalam golongan mana suata negera.
  10. Mengukur tingkat kemakmuran suatu NegaraDengan perhitungan pendapatan nasional, maka dapat diperoleh laju pertumbuhan ekonomi dan juga seberapa banyak pendapatan, untung-rugi yang diperoleh suatu negara. Semakin baik laju pertumbuhan ekonomoninya, maka semakin makmur suatu negara.

Baca juga :

Demikian pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan pendapatan nasional, apa tujuan dan manfaat dari perhitungan pendapatan nasional. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Pengertian Pendapatan Nasional
5 (100%) 1 vote[s]

Baca Juga :  Penyebab Kredit Macet