Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Orang-orang sejak lahir hingga dunia dibawa ke sekolah. Kata pendidikan tidak diketahui di telinga karena semua makhluk hidup membutuhkan pendidikan, sehingga tujuan hidup harus dicapai dan untuk menyingkirkan ketidaktahuan.

Tujuan dalam suatu pendidikan adalah untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan fisik dan mental, kepribadian yang stabil dan mandiri, dan rasa kebersamaan dan tanggung jawab nasional.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukkk… Simak sebagai berikut.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian-Pendidikan-Menurut-Para-Ahli

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pendidikan adalah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih spesifik dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal mempengaruhi setiap individu, yaitu ia memiliki cara berpikir, perilaku dan karakter yang sesuai dengan pelatihannya.

2. Menurut Aristoteles

Pendidikan adalah tugas negara dan dilaksanakan khususnya sampai akhir negara. Negara lembaga sosial tertinggi yang mengejar tujuan atau kebahagiaan manusia.

Pendidikan sedang dipersiapkan untuk beberapa kegiatan yang layak. Pendidikan harus diatur oleh undang-undang agar sesuai dengan hasil analisis psikologis dan untuk memantau perkembangan tingkat fisik dan mental.

Baca Juga :  Pengertian Dongeng

3. Menurut H. Horne

Pendidikan merupakan adanya sebuah proses penyesuaian bagi seseorang yang telah tumbuh secara fisik dan mental, bebas dan mengenal Tuhan sebagaimana terkandung dalam alamnya, emosional, intelektual, dan lingkungan manusia.

4. Menurut Edgar Dalle

Pendidikan adalah upaya yang disengaja, keluarga, masyarakat, dan pemerintah yang disampaikan melalui kegiatan konseling, pengajaran, dan pelatihan di dalam dan di luar sekolah untuk mempersiapkan siswa mempersiapkan siswa secara berkala untuk periode waktu di berbagai lingkungan.

5. Menurut John Dewey

berpendapat bahwa pendidikan adalah proses penting baru yang dapat dikaitkan dengan orang muda pada orang dewasa biasa atau yang terkait, mungkin ada yang disengaja dan dilestarikake untuk menghasilkan keberlanjutan sosial. Proses ini mencakup pemantauan dan pengembangan anak di bawah umur dan kelompok hidup.

6. Menurut Plato

Pendidikan dapat mendukung perkembangan tubuh dan pikiran individu dengan cara yang mengarah pada kesempurnaan. Menurut Plato, pelatihan direncanakan dan di program dalam tiga tahap sesuai dengan kelompok umur.

Fase pertama adalah melatih siswa hingga 20 tahun dan tahap kedua dari 20 hingga 30 tahun dan dengan tahap ketiga, dari tiga puluh hingga empat puluh tahun.

7. Menurut Carter V. Good

Menafsirkan pendidikan adalah proses mengembangkan keterampilan untuk membentuk sikap dan perilaku yang tertanam dalam masyarakat. Proses yang dipengaruhi oleh orang lain selain yang tidak dikelola dengan baik, terutama di lingkungan sekolah, untuk mencapai lingkungan sosial yang solid dan untuk menghasilkan kepribadian.

8. Menurut Ahmad D. Marimba

Tujuannya adalah untuk membentuk kepribadian siswa dengan cara yang lebih baik dengan menggambarkan pendidikan sebagai proses dimana pendidik terlibat dalam proses perkembangan fisik dan mental siswa. Kepribadian yang dikatakan sangat berguna karena orang-orang ini tidak hanya pintar, akademisi yang cerdas, tetapi juga karakter yang baik.

Baca Juga :  Pengertian Puisi

9. Menurut Ensiklopedi Pendidikan Indonesia

Pendidikan yakni dapat menggambarkan adanya suatu pendidikan di mana orang atau siswa dituntun keluar dari kegelapan, kebodohan, ketidaktahuan, dan minat intelektual.

10. Menurut Abdullah Ibnu Al-Muqafah

Pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan hal-hal yang menguatkan dan mencapai tingkat kesempurnaan atau kesempurnaan yaitu nutrisi dan pikiran.

11. Menurut UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003

Pendidikan adalah upaya yang disengaja untuk menciptakan suasana belajar dan belajar yang memungkinkan siswa untuk menyadari potensi penuh mereka dalam hal kekuatan spiritual, kepribadian yang baik, kontrol diri, kecerdasan, karakter tinggi, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh diri mereka sendiri dan kemampuan mereka untuk membuka komunitas.

12. Menurut Plato

Pendidikan yakni dapat mendukung dalam sebuah perkembangan tubuh dan pikiran individu dalam mengejar kesempurnaan.

13. Menurut Edgar Dale

Pendidikan sebagai upaya, yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui bimbingan, studi, pengajaran, dan pelatihan, dilakukan baik di sekolah dan di luar sekolah untuk mempersiapkan siswa untuk tugas di lingkungan yang akan datang untuk dapat mengeksekusi.

14. Menurut Mary McLeod Bethune

Pendidikan ketat adalah adanya sebuah tindakan atau sebuah proses memperoleh pengetahuan.

15. Menurut Ahmad D. Marimba

Pendidikan adalah pedoman atau panduan bagi pendidik tentang perkembangan fisik dan mental siswa untuk pengembangan pribadi kunci

16. Menurut An-Nahlawi

Pendidikan bahasa Arab adalah Tarbiyah, yang berarti Tarbiyah atau pendidikan dari segala upaya untuk mendidik, mengelola dan meningkatkan semua atau segala potensi sejak lahir untuk tumbuh dan berkembang menjadi dewasa.

17. Menurut Ibnu Sina

Pendidikan atau studi di semua aspek manusia, baik fisik, mental atau moral. Pendidikan dilarang mengabaikan perkembangan fisik dan apa pun yang memengaruhi perkembangan fisik, misalnya olahraga, kebersihan, minuman, makanan, dan tidur.

Baca Juga :  Pengertian Semiotika

Karena itu, pendidikan tidak hanya memperhitungkan aspek-aspek moral, tetapi juga membentuk keseluruhan individu, termasuk jiwa, karakter, dan jiwa.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.