Pengertian Abrasi

Posted on

Pengertian Abrasi – Adanya sebuah proses erosi terhadap pantai karena kekuatan gelombang yang merusak dan arus laut. Abrasi juga dikenal sebagai erosi pantai.

Salah satu kerusakan dalam sebuah garis pantai ini dapat disebabkan dengan adanya gangguan dalam keseimbangan alam di wilayah pesisir. Secara umum, abrasi disebabkan dengan fenomena alam.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap yakni mengenai apa itu abrasi? Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan sebagai berikut.

Apa itu Abrasi ?

Pengertian Abrasi merupakan adanya sebuah proses dengan cara alami dengan sebuah bentuk erosi tanah di dalam wilayah pesisir yang dapat disebabkan dengan gelombang destruktif dan arus laut.

Pengertian-Abrasi

Merupakan salah satu kerusakan garis pantai tersebut dapat disebabkan oleh adanya sebuah gangguan dalam keseimbangan alam di wilayah pesisir. Meskipun abrasi umumnya disebabkan dengan fenomena alam, banyak perilaku manusia juga berkontribusi terhadap abrasi pantai.

Sederhananya, abrasi merupakan adanya sebuah erosi dalam pantai pesisir karena gelombang dan arus laut yang merusak atau merusak. Karena erosi, area pantai di mana area terdekat dengan air laut terpapar erosi berkurang. Oleh karena itu, jika abrasi ke kiri berlanjut, pantai akan terus terkikis dan air laut dapat membanjiri dalam sekitar pantai.

Penyebab Abrasi

Erosi pantai atau abrasi dapat terjadi karena dengan berbagai sebuah faktor mulai dari faktor alami hingga manusia, diantaranya ialah:

Baca Juga :  Gejala Sosial

1. Faktor Alam

Fenomena alam yang menyebabkan abrasi termasuk pasang surut, angin laut yang akan menghasilkan sebuah gelombang, dan arus laut yang merusak. Faktor alam seperti ini tidak dapat untuk dihindari karena laut mempunyai sebuah siklusnya sendiri. Pada waktu tertentu angin berhembus sangat kencang dan menciptakan gelombang besar dan arus laut.

2. Faktor Manusia

Sedangkan dalam sebuah aktivitas terhadap manusia yang dapat menyebabkan abrasi, diantaranya ialah:

a. Ketidakseimbangan Ekosistem Laut

Ketidakseimbangan dalam sebuah ekosistem laut yakni biasanya disebabkan dengan adanya eksploitasi besar-besaran sumber daya laut seperti terumbu karang, ikan, dan lain-lain. Adanya penyebab dalam arus besar dan gelombang laut mengarah ke pantai, maka dapat menyebabkan abrasi.

Contoh-Abrasi

b. Pemanasan Global yang Dilakukan Manusia

Pemanasan global yakni biasanya dapat disebabkan dengan adanya sebuah penggunaan dalam kendaraan yang dengan cara berlebihan, terutama terhadap kendaraan bermotor, pembakaran hutan, dan asap dari pabrik-pabrik industri.

Asap itu dapat menghasilkan sebuah karbon dioksida, yang mencegah emisi panas matahari dipantulkan dari bumi, sehingga panas terperangkap di lapisan atmosfer. Suhu di Bumi akan naik, es di kutub akan mencair dan permukaan laut akan naik, menyebabkannya mengikis daerah-daerah rendah.

c. Penambahan Pasir

Kegiatan dalam sebuah penambangan pasir terhadap pantai yakni berskala besar, di mana sebanyak mungkin pasir dikeruk dengan intensitas tinggi, dapat mengurangi volume pasir laut dan secara bertahap mengeringkannya.

Secara langsung mempengaruhi arah dan kecepatan air laut yang telah menghantam pantai. Akan tetapi, tidak membawa pasir, air pantai akan lebih ringan dan lebih cepat saat menyentuh pantai. Dalam sebuah metode tersebut dapat meningkatkan kemungkinan sebuah abrasi.

Pencegahan Abrasi

Terdapat beberapa upaya dalam mencegah terjadinya sebuah abrasi yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengertian Komunikasi

a. Menanam Pohon Bakau

Pohon bakau adalah sebuah spesies jenis pohon yang akarnya dapat menjorok ke perairan pantai. Pohon bakau biasanya ditanam dalam sepanjang pantai sebagai membatasi area air dan pantai berpasir secara bersamaan.

b. Melarang Penambangan Pasir

Melarang penambangan pasir adalah sebuah tanggung jawab dan tugas dalam pemerintah daerah dan pusat, yang harus dengan tegas melarang penambangan pasir di wilayah tertentu, melalui sebuah peraturan dalam pemerintah. Abrasi dapat dicegah jika pasokan pasir di laut masih mencukupi sehingga gelombang air tidak menyentuh pantai tersebut.

c. Memelihara Terumbu Karang

Abrasi bisa juga dihindari dengan cara memelihara terumbu karang. Seperti yang telah kita ketahui, pada tanaman terumbu karang yakni dapat bertindak dengan cara pemecah gelombang. Dengan cara ini, akan terjadinya abrasi dapat di minimalkan jika ekosistem terumbu karang diperbaiki.

Abrasi, yakni adanya sebuah proses erosi terhadap pantai karena kekuatan gelombang yang merusak dan arus laut, dan dapat disebabkan dengan fenomena alam, banyak perilaku manusia juga berkontribusi terhadap abrasi pantai.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan yakni dengan cara jelas dan lengkap mengenai Pengertian Abrasi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.