Pengertian Akuntansi Manajemen

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas mengenai pengertian akuntansi manajemen beserta tujuan, fungsi dan ruang lingkupnya, selamat membaca …

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen ialah sitem akuntansi yang memiliki tujuan intinya ialah menyampaikan laporan keuangan untuk Keperluan pihak internal pada sebuah perusahaan, misalnya manajer keuangan, manajer bagian produksi, manajer bagian pemasaran, dan pihak-pihak internal yang lainnya.

Informasi ini begitu penting sebagai acuan untuk mengambil Keputusan guna masa depan perusahaan berdasarkan data masa lalu dari laporan-laporan keuangan.

Tujuan Akuntansi Manajemen

Tujuan di dalam akuntansi manajemen ialah untuk menyampaikan laporan keuangan pada perusahaan tertentu untuk keperluan pihak internal.

Dalam rangka melakukan proses manajemen yang diantaranya adalah perencanaan manajemen, pengambilan keputusan, pengendalian, pengorganisasian, dan evaluasi pada proses bisnis dan strategi untuk perusahaan.

Sehingga dapat menolong mereka dalam mengambil sebuah kebijakan yang kompetitif dengan mengumpulkan lalu memproses dan akhirnya mengkomunikasikan.

Misalnya untuk memperkirakan rugi atau laba di masa yang akan datang, apakah perusahaan tersebut akan tetap berjalan atau bergabung dengan perusahaan lainnya.

Fungsi Akuntansi Manajemen

1. Sebagai Alat menganalisa dalam Pengambilan Keputusan

Akuntansi manajemen ialah alat menganalisa yang outputnya data kualitatif dan data kuantitatif. Hal ini bisa dipakai untuk acuan bagi manajemen dalam mengambil keputusan. Keputusan yang berhubungan dengan kegiatan operasional ataupun keputusan khusus misalnya investasi.

2. Sebagai Sistem Informasi bagi Pihak Eksternal

Menurut CIMA (Chartered Institute of Management Accountants), akuntansi manajemen bukan hanya didesain untuk digunakan oleh pihak internal saja.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Organisasi

Akuntansi manajemen juga dipakai untuk keperluan pihak eksternal atau para pemangku kepentingan pada perusahaan contohnya pemegang saham,

lembaga keuangan, pemerintah, dan pihak-pihak lainnya yang memiliki kepentingan dengan perusahaan tersebebut.

Pengertian Akuntansi Manajemen

3. Sebagai Informasi Keuangan dan Sumber Data yang Relevan

Akuntansi manajemen wajib menyiapkan informasi berkaitan dengan keuangan perusahaan dan menjadi sumber data yang kongkrit.

Hal ini sangat penting untuk dipaparkan sebagai dasar dalam perencanaan aktivitas atau operasional perusahaan dari tiap-tiap bidang.

4. Sumber Informasi bagi Pertanggung jawaban tiap Tingkatan Manajemen

Setiap bagian atau tingkatan sebuah manajemen memiliki tanggung jawab yang musti dilaporkan. Akuntansi manajemen adalah solusi sumber informasi dan laporan pertanggung jawaban masing divisi.

Laporan dapat saling digunakan untuk kepentingan antar divisi dalam merencanakan prokja mereka tiap tiap bagian sesuai dengan kondisi perusahaan secara menyeluruh.

5. Alat Ukur dan pengawasan Kinerja Perusahaan

Akuntansi manajemen bukan hanya lepas dari fungsi monitoring terhadap kinerja perusahaan. Laporan keuangan yang dikeluarkan dari akuntansi manajemen

memaparkan data masa lalu yang bisa dipakai sebagai salah satu alat evaluasi kinerja, bagi seluruh divisi ataupun untuk kepentingan perusahaan secara menyeluruh.

6. Koordinasi untuk aktivitas Perusahaan

Adanya akuntansi manajemen mengharuskan divisi satu dengan yang lainnya pada perusahaan menjadi terkait dan berelasi sehingga kegiatan operasional mereka tidak saling bertabrakan atau berjalan hanya menurut kepentingannya masing-masing divisi

Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen ialah salah satu dari macam macam akuntansi yang mengolah data keuangan dan memberikan informasi kepada manager suatu organisasi atau perusahaan sehingga planing dan pengambilan keputusan, dan monitoring bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Informasi akuntansi tertentu harus sesuai dengan keperluan manajemen perusahaan sehingga dapat diimplementasikan dengan baik.

Baca Juga :  Indikator Pembangunan Ekonomi

Proses sebuah akuntansi manajemen yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi ialah dari identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, prepare, interpretasi,

Dan pemberitahuan informasi keuangan kepada pihak manajemen perusahaan untuk menyusun planing, evaluasi, dan monitoring jalannya perusahaan.

Akuntansi sebagai sistem informasi memiliki tugas yang strategis dalam perencanaan finansial terkait analisis biaya yang ada pada kurun waktu tertentu.

Akuntansi manajemen diperlukan untuk menilai kelayakan investasi secara ekonomi dan finansial saat perusahaan akan melakukan investasi.

Hal tersebut penting untuk menghindari investasi yang tidak layak karena hal itu bagian dari pemborosan dan merugikan bagi pihak perusahaan.

Penilaian suatu investasi harus mengutamakan faktor tertentu, yaitu besarnya diskonto, laju inflasi, tingkatan risiko, ketidakpastian resiko negara dan resiko politik, dan sumber pemodalan.

Contoh Akuntansi Manajemen

Manajer keuangan pada umumnya memerlukan informasi perihal pencatatan tiap transaksi keuangan dan aktivitas perusahaan yang memerlukan pendanaan seperti modal kerja,

Beban biaya terhadap jumlah modal kerja yang diperlukan oleh perusahaan, tingkat pengembalian modal, berbagai rasio keuangan, harta dalam sebuah akuntansi, transaksi bisnis pada perusahaan, dan yang lain-lain.

Baca Juga :

Demikianlah artikel tentang contoh akuntansi manajemen beserta tujuan, fungsi dan ruang lingkup yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat.