Pengertian Analisis Sistem

Posted on

Pengertian Analisis Sistem – Adanya sebuah sistem informasi lengkap di berbagai bagian komponennya dengan maksud mengevaluasi atau mengidentifikasi berbagai jenis masalah.

Dapat memberikan sebuah layanan informasi terhadap suatu fungsi manajemen untuk mengendalikan dalam pelaksanaan terhadapa suatu kegiatan operasional perusahaan tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Analisis Sistem. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Analisis Sistem ?

Pengertian Analisis Sistem merupakan adanya suatu terjemahan terhadap seluruh sistem informasi menjadi bagian-bagian berbeda dari komponen-komponennya dengan maksud mengevaluasi atau mengidentifikasi dengan berbagai jenis masalah atau hambatan yang akan muncul dalam sistem sehingga dapat diatasi, diperbaiki atau bahkan dapat dikembangkan.

Pengertian-Analisis-Sistem

Kemudian orang atau kelompok yang melakukan dalam sebuah merancang dan melakukan perbaikan terhadap sistem disebut analis sistem. Analis sistem adalah orang atau kelompok yang melakukan pengembangan terhadap sistem tersebut.

Analis dalam sebuah sistem yakni dapat melacak masalah atau kebutuhan dalam suatu sistem. Analis sistem juga bertanggung jawab untuk sebuah proses merancang dan menganalisis sistem informasi.

Langkah – Langkah Analisis Sistem

Fase analisis sistem dilakukan yakni setelah adanya suatu fase dalam perencanaan dan sebelum fase desain sistem. Fase analisis sistem adalah fase yang sangat penting karena kegagalan untuk melakukan analisis sistem yang nantinya akan menyebabkan kesalahan. Terdapat beberapa sebuah langkah dalam analisis ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Understand

Understand merupakan dapat memahami kerja terhadap sistem yang ada. Ini dapat dilakukan dengan menganalisis cara kerja sistem yang sedang berjalan. Yang harus dilakukan adalah:

  • Dapat menentukan terhadap suatu jenis terhadap penelitiannya.
  • Dapat membuaat sebuah agenda wawancara tersebut.
  • Dapat mengumpulkan adanya suatu hasil penelitian.
  • Dapat menetapkan terhadap sebuah rencana dalam pengamatan.
  • Merencanakan dalam sebuah rencana terhadap penelitian.
  • Mengatur sebuah jadwal wawancara tersebut.
Baca Juga :  Pengertian Akuntansi Bisnis

b. Identify

Identify merupakan adanya sebuah proses yang telah dijalankan yakni sebagai dapat mengidentifikasi adanya suatu masalah. Yang harus dilakukan adalah:

  • Dapat mengidentifikasi terhadap poin keputusan.
  • Dapat mengidentifikasi adanya suatu penyebab terhadap masalah.
  • Dapat mengidentifikasi orang-orang kunci.

c. Report

Report merupakan adanya sebuah hasil lapuran analisis yang telah dilakukan terhadap suatu periode dan waktu tersebut. Tujuan laporan ini meliputi:

  • Untuk laporan bahwa adanya suatu proses analisis telah selesai.
  • Minta persetujuan terhadap manajemen dalam mengambil tindakan yang lebih lanjut.
  • Koreksi dalam suatu kesalahan yang terkait dengan apa yang telah ditemukan dalam sebuah proses analisis yang manajemen anggap tidak pantas.

d. Analyze

Analyze yakni merupakan sebagai menganalisis terhadap suatu sistem. Yang harus dilakukan adalah:

  • Analisis terhadap suatu kebutuhan informasi untuk manajemen (pengguna).
  • Analisis terhadap kelemahan pada sebuah sistem tersebut.

Tugas Umum dan Teknis Dari Sistem Analis

Analisis-Sistem

Terdapat berbagai tugas dalam teknis dari sistem analis ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kumpulkan dan analisis terhadap suatu dokumen atau file yang terkait dengan sistem saat ini.
  • Analisis keuntungan atau persiapan anggaran yang dicapai dalam sistem baru.
  • Menghasilkan dan mengirimkan laporan peningkatan sistem yang berjalan pada pengguna.
  • Memantau dengan berbagai adanya sebuah kegiatan yang terjadi terhadap sistem yang baru dibuat.
  • Merancang sistem perbaikan dan mengidentifikasi sebuah aplikasi yang akan digunakan terhadap komputer.

Fungsi Sistem Analisis

Terdapat beberapa fungsi dalam sistem analisis ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Dapat mengidentifikasi dengan berbagai sebuah masalah dari pengguna tersebut.
  • Dapat menentukan dengan tepat tujuan apa yang perlu dicapai sebagai memenuhi ada nya sebuah kebutuhan dalam pengguna.
  • Dapat mengimplementasikan atau merencanakan rancangan terhadap suatu sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Dapat memilih dalam sebuah metode alternatif untuk memecahkan masalah sistem.
Baca Juga :  Dasar Akuntansi

Analis dalam sebuah sistem yakni dapat melacak masalah atau kebutuhan dalam suatu sistem, dengan berbagai jenis masalah atau hambatan yang akan muncul dalam sistem sehingga dapat diatasi, diperbaiki atau bahkan dapat dikembangkan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Analisis Sistem. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semunya.