Pengertian Artikel

Posted on

Pengertian Artikel – Karangan dalam bentuk esai, yang isinya menyampaikan sebuah gagasan atau fakta dengan cara objektif dan tujuannya adalah untuk mebujuk, meyakinkan, dan menghibur pembaca.

Tujuan umum tersebut ialah sebagai mempengaruhi, mengajar, meyakinkan, menghibur, menginformasikan, dan mempublikasikan media, baik dalam bentuk cetak maupun secara online.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Artikel yakni secara lengkap dan jelas. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak ulasan sebagai berikut.

Apa itu Artikel ?

Pengertian Artikel adalah sebuah artikel yang berisi opini seseorang tentang masalah aktual untuk mempengaruhi orang lain.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), artikel yakni sekarang telah ditulis lengkap, misalnya laporan berita atau artikel di surat kabar, majalah, dan lain-lainnya.

Pengertian-Artikel

Biasanya, artikel mempunyai beragam konten berdasarkan topik yang sedang dibahas. Misalnya artikel dengan nilai-nilai empiris, argumen tentang topik saat ini, informasi historis, tutorial atau konten pembelajaran dan sebagainya.

Artikel tersebut yakni telah diterbitkan dalam sebuah bentuk cetak atau online untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menyampaikan informasi, menginformasikan, meyakinkan, mendidik, meyakinkan dan menghibur terhadap kalangan masyarakat.

Jenis – Jenis Artikel

Umumnya terdapat lima jenis artikel yang kita baca setiap hari. Mengacu pada pengertian artikel di atas, jenis-jenis artikel ialah:

a. Deskripsi

Deskripsi artikel merupakan sebuah sejenis artikel dalam bentuk esai yang menggambarkan sesuatu tentang pembaca, sehingga pembaca dapat melihat, merasakan, dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

b. Argumentasi

Argumentasi merupakan sebuah karangan atau esai, yang memiliki tujuan yakni untuk membuktikan adanya sebuah kebenaran pendapat dengan menghadirkan fakta atau data sebagai alasan. Dalam artikel argumentasi biasanya ada unsur opini dan data serta fakta yang mendukung pendapat tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Syair

c. Eksposisi

Eksposisi merupakan adanya jenis artikel yang memberikan atau menjelaskan sebuah informasi tentang suatu subjek untuk memperluas pengetahuan pembaca. Artikel pameran biasanya dilengkapi dengan grafik, gambar, dan informasi pendukung yang lain.

d. Narasi

Narasi merupakan sebuah jenis artikel yang isinya berisi serangkaian acara yang sistematis (awal, tengah dan akhir). Ada karakter, konflik dan penyelesaian masalah dalam narasi. Contoh naratif yakni biografi, sejarah pengalaman dan otobiografi.

e. Persuasi

Persuasi merupakan adanya sebuah artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga ia siap untuk melakukan sesuatu yang penulis rekomendasikan dalam esainya. Artikel semacam itu yakni banyak untuk digunakan dalam kampanye tersebut, seperti kampanye narkotika, yang berisi menjelaskan mengenai bahaya narkoba.

Ciri – Ciri Artikel

Contoh-Artikel

Terdapat beberapa ciri dalam artikel, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Memiliki sifat informatif dan faktual, memberikan sebuah informasi yang didasarkan pada hasil dalam penelitian dan dapat dibenarkan.
  • Artikel ilmiah yakni memuat opini atau analisis pemikiran penulis. Namun, ide tersebut diperkuat atau didasarkan pada data yang valid dalam bentuk hasil penelitian sebelumnya, teori dan fakta yang ditulis dalam artikel tersebut.
  • Isi Alkitab didasarkan pada adanya sebuah fakta, bukan hanya mitos, yang kebenarannya belum dijamin.
  • Penggunaan sejumlah besar bahasa resmi dan standar disebabkan oleh fakta bahwa penggunaan bahasa resmi, yang ditandai dengan bahasa yang logis, sederhana, denotatif dan efektif, membuat bahasa artikel ilmiah tampak padat dan tertutup.
  • Penggunaan dalam sebuah metode penulisan sistematis dengan tujuan agar semua informasi dalam artikel dapat diterima oleh kalangan masyarakat secara luas.

Manfaat Artikel

Dalam menulis sebuah artikel ilmiah memiliki keuntungan, diantaranya ialah:

  • Berpikir secara sistematis dan berbicara dengan tertib dan teratur.
  • Untuk sebuah sarana dalam penerbitan pemikiran ilmiah terhadap jurnal ilmiah.
  • Dapat memahami sebuah tujuan dalam penulisan yang mampu menguasai keterampilan menulis yang perlu dicapai.
  • Berarti menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan kekuatan kreatif dan imajinasi.
  • Dapat memberi pembaca dampak akademis.
Baca Juga :  Pengertian Semantik

Artikel mempunyai beragam konten berdasarkan topik yang sedang dibahas. Misalnya artikel dengan nilai-nilai empiris, argumen tentang topik saat ini, informasi historis, tutorial.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Artikel, jenis-jenis, ciri-ciri, beserta manfaatnya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.