Pengertian Belajar Kelompok

Posted on

Pengertian Belajar Kelompok – Proses dalam pembelajaran membutuhkan cara tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran adalah cara untuk melakukan kegiatan antara pendidik dan siswa sambil berinteraksi di seluruh proses pembelajaran.

Pendidik perlu tahu dan belajar cara mengajar untuk menyampaikan materi dan memahami siswa. Metode pengajaran dipraktikkan dan ditingkatkan dalam pengajaran sehingga siswa memperoleh pengetahuan secara efektif dan efisien.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Belajar Kelompok. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Belajar?

Belajar merupakan adanya suatu kegiatan di mana tidak ada proses mengetahui, tidak tahu apa-apa tentang itu, dan tidak mencapai hasil yang bersikap optimal.

Kelompok sebagai sekelompok orang yang memiliki tujuan, keinginan dan harapan yang mereka kehendaki. Belajar sebagai proses kelompok melibatkan transfer pengetahuan dari lebih dari satu orang, di mana mereka yakni begitu saling melengkapi.

Pengertian-Belajar-Kelompok

Selain belajar mandiri dan belajar formal di sekolah atau di kampus, pembelajaran kelompok adalah salah satu metode pembelajaran. Bahkan, banyak siswa telah menerapkan sistem pembelajaran kelompok rumah. Inisiatif kedua siswa dan dorongan mereka dari orang tua dan seorang guru.

Orang tua siap menyiapkan semua fasilitas dan fasilitas bagi anak untuk bertemu teman di rumah. Jika memungkinkan, anggota grup dapat bermain papan grup. Ini bukan masalah dan bukan perintah yang berlaku untuk orang tua atau kelompok diskusi bersama.

Baca Juga :  Perumusan UUD 1945

Tujuan Bekerja Kelompok

Tujuan dari pembelajaran kelompok adalah untuk mengembangkan pemikiran kritis ketika memecahkan masalah, untuk mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi, dan untuk memperkuat kepercayaan terhadap keterampilan siswa.

Selain itu, dalam kelompok belajar dapat memiliki kondisi bahwa siswa memahami dan menghormati orang lain. Berikut ini adalah tujuan pembelajaran kelompok:

  • Pembentukan kelompok belajar dapat memotivasi semangat belajar antara teman dan orang lain.
  • Bagikan informasi dan pengetahuan dengan teman-teman Anda.
  • Membangun komunikasi timbal balik dengan diskusi.
  • Kurangi tugas yang telah ditetapkan untuk Anda bersama.
  • Mengoptimalkan keterampilan berpikir siswa untuk menanggapi masalah
  • Mengerjakan tugas dan sosialisasi di luar sekolah.
  • Pelajari lebih banyak kesenangan saat bekerja dengan grup.
  • Meningkatkan dalam suatu kualitas pribadi seperti kolaborasi, toleransi, pemikiran kritis dan disiplin.

Pedoman Dasar Bekerja Kelompok

Contoh-Belajar-Kelompok

Adanya berbagai pedoman dalam bekerja kelompok ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Menjadi Pendengar yang Penuh Perhatian dan Komunikator Aktif

Ketika dalam sebuah proses belajar kelompok berlanjut, Anda perlu mendengarkan apa yang Anda katakan kepada teman-teman Anda. Bukan berarti seorang teman mengatakan itu, Anda yang mengatakannya.

Jangan menyela pembicaraan, dan dengarkan. Selain mendengarkan teman, Anda harus menjadi anggota yang aktif. Jika Anda tidak setuju atau memiliki pendapat lain, Anda harus membuka pikiran secara terbuka.

b. Berjanji untuk Saling Menghormati Perbedaan dalam Menyelesaikan Tugas

Setiap orang memiliki pikiran mereka sendiri, pikiran mereka sendiri. Tepat ketika Anda telah menyelesaikan proses belajar, pasti ada situasi sehari-hari yang bermasalah. Untuk menghindari hal ini. Anda harus berjanji dan menciptakan suasana saling menghargai perbedaan yang Anda miliki dalam diri Anda.

Pikirkan perbedaannya secara berbeda, jika perbedaan itu memberikan poin yang baik. Tujuannya adalah untuk menghindari penamaan atau memblokir masalah. Tugas akan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Baca Juga :  Peristiwa Rengasdengklok

c. Jangan Merendahkan Orang Lain

Jika seorang teman Anda yakni telah mengerjakan materi atau membagikan apa yang dikatakannya tentang materi tersebut, jangan merekamnya sendiri dan berbisik.

Jangan menggunakan bahasa atau gerak tubuh (gerakkan kepala atau kaki Anda tanpa kata-kata) yang mempermalukan orang lain. Anda akan merasa tersinggung dengan tindakan yang Anda ambil. Hindari hal-hal seperti itu. Hormatilah.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Belajar Kelompok. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.