Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli – Belajar termasuk perubahan yang bersifat relatif permanen untuk perilaku potensial atau perilaku untuk hasil dari peningkatan pengalaman atau praktik.

Belajar ialah hasil dari interaksi antara respon dan stimulus. Diyakini bahwa seseorang telah mempelajari sesuatu ketika mereka menunjukkan dalam sebuah perubahan terhadap perilaku.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Belajar Menurut Para Ahli. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan selengkanya sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Belajar ?

Pengertian Belajar merupakan adanya sebuah perubahan yang sangat relatif permanen dalam perilaku potensial atau perilaku untuk sebuah hasil dari peningkatan dalam pengalaman atau sebuah praktik.

Pengertian-Belajar-Menurut-Para-Ahli

Belajar termasuk hasil interaksi antara respon dan stimulus. Diyakini bahwa adanya seseorang telah mempelajari sesuatu ketika mereka menunjukkan dalam sebuah perubahan terhadap perilaku. Menurut teori ini, ketika belajar, yakni penting bahwa bentuk input dan output dari rangsangan adalah dalam bentuk reaksi.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian belajar yakni menurut para ahli, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Menurut Djamarah dan Zain (2010)

Belajar merupakan sebuah proses untuk mengubah adanya suatu perilaku berkat latihan dan pengalaman. Ini berarti bahwa tujuan dalam sebuah kegiatan ialah sebagai mengubah perilaku, terlepas dari adanya sebuah keterampilan, pengetahuan, atau sikap yang dapat mencakup dalam semua aspek organisme atau orang tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Hukum

2. Menurut Hamalik (2010)

Belajar merupakan bukanlah sebuah tujuan, tetapi proses sebagai mencapai adanya tujuan. Belajar yakni perubahan atau penguatan dalam perilaku melalui suatu pengalaman.

3. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2006)

Belajar merupakan sebuah proses internal yang bersifat kompleks yang telah diintegrasikan ke dalam sebuah proses internal, yang akan mencakup elemen afektif dalam dimensi afektif dalam hal sikap, minat, nilai, apresiasi dan adaptasi terhadap perasaan sosial.

4. Menurut Sardiman (2008)

Belajar merupakan adanya sebuah perubahan dalam perilaku atau penampilan dengan berbagai kegiatan, seperti menulis, membaca, dan belajar lebih baik ketika adnaya suatu subjek belajar dan melakukannya.

5. Menurut Hudoyo (1990)

Belajar merupakan adanya sebuah kegiatan untuk semua orang. Seseorang harus belajar karena dapat diasumsikan bahwa orang ini adalah proses yang mengarah pada perubahan perilaku.

6. Menurut Sagala (2005)

Belajar merupakan adanya sebuah proses untuk mengubah dalam kepribadian atau perilaku seseorang dengan berdasarkan sebuah praktik dan pengalaman tersebut.

7. Menurut Skinner (dalam Dimyati dan Mudjiono, 2006)

Belajar merupakan sebagai perilaku. Jika orang belajar, reaksinya akan lebih baik sebaliknya, jika dia tidak belajar, reaksinya akan berkurang.

8. Menurut Thursan Kamis (2002)

Belajar merupakan adanya sebuah proses untuk mengubah kepribadian terhadap manusia dan perubahan itu terwujud dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, keterampilan, pemahaman, daya pikir, dan lain sebagainya.

9. Sudjana (2010)

Belajar merupakan sebuah proses yang ditandai oleh perubahan dalam diri seseorang. Perubahan sebagai hasil dari proses pembelajaran bisa ditunjukkan dengan berbagai bentuk, misalnya dengan menambahkan pengetahuan, pemahaman, sikap dan perilaku, kebiasaan, keterampilan, dan aspek dalam perubahan lainnya yang terjadi terhadap peserta didik.

Baca Juga :  Tokoh Pendiri ASEAN

10. Menurut Shah (2008)

Belajar merupakan adanya sebuah tahap dalam perubahan terhadap perilaku afektif, kognitif, dan psikomotor siswa. Perubahan ini yakni bersifat positif karena mereka lebih maju dari pada sebelumnya.

11. Menurut Slameto (2010)

Belajar merupakan adanya sebuah proses dalam upaya terhadap seseorang sebagai membawa perubahan terhadap perilaku baru secara keseluruhan dengan berdasarkan pengalaman mereka sendiri dalam berurusan terhadap lingkungan.

12. Menurut Trianto (2011)

Belajar merupakan sebagai perubahan individu yang terjadi dengan melalui pengalaman dari pada melalui perkembangan atau pertumbuhan terhadap tubuh seseorang atau sifat-sifatnya sejak lahir.

13. Wittig (dalam Shah, 2003: 65-66)

Belajar merupakan sebagai adanya sebuah perubahan yang relatif permanen dalam daftar perilaku organisme yang terjadi sebagai sebuah hasil dari suatu pengalaman.

14. Menurut Winkel (2009)

Belajar merupakan adanya sebuah aktivitas psikologis atau mental yang terjadi dalam suatu interaksi aktif terhadap lingkungan, yang mengarah dalam serangkaian perubahan yang relatif konstan dan dapat dipahami.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Belajar Menurut Para Ahli. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.