Pengertian Bimasakti

Posted on

Pengertian Bimasakti – Bimasakti adalah galaksi spiral dan memiliki bentuk seperti cakram. Untuk membayangkan seperti apa galaksi kita, kita dapat membayangkan dua telur mata sapi di bawahnya.

Bimasakti termasuk dalam sebuah galaksi yang berisi matahari, 8 planet, yakni dengan beberapa planet asteroid, kerdil, dan benda langit lainnya yang membentuk sistem yang terikat oleh gravitasi.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Bimasakti. Untuk ulasan selengkapnya, yyukk… Simak sebagai berikut.

Apa yang di maksud dengan Bimasakti ?

Pengertian Galaksi Bimasakti adalah adanya sebuah sistem yang terdiri atas sebuah kumpulan benda ruang dan bintang yang disusun secara teratur. Secara umum, galaksi terdiri atas miliaran bintang dengan ukuran, warna, dan properti yang berbeda.

Ada banyak galaksi di alam semesta. Salah satu galaksi yang paling terkenal adalah galaksi tempat Bumi berada, Bima Sakti. Bimasakti sering disebut sebagai Bimasakti. Bimasakti adalah galaksi tempat kita tinggal.

Pengertian-Bimasakti

Jika kita telah menyebutkan bahwa Bimasakti adalah galaksi tempat kita hidup, maka jelas bahwa Bimasakti adalah galaksi di mana terdapat matahari, 8 planet, beberapa planet kerdil, asteroid, dan benda langit lainnya yang terbentuk yakni dengan melalui bentuk sebuah sistem gravitasi.

Sejarah Terciptanya Galaksi Bimasakti

Dimulai yakni sekitar 600 juta tahun setelah Big Bang, bintang-bintang tua terbentuk yang penuh dan padat setelah melalui periode gelap yang begitu cukup panjang.

Bintang-bintang tua ini nantinya akan membentuk Bimasakti. Susunan yang membentuk bintang-bintang tua ini adalah hidrogen nebula yang menyebabkan zaman kegelapan.

Galaxy-Bima-Sakti

Pada saat bintang-bintang tua ini lahir, era kegelapan telah berakhir. Alasan utama yakni adanya sebuah pembentukan bintang kuno ini adalah gravitasi.

Baca Juga :  Pengertian Abrasi

Bintang-bintang tua ini baru berumur sekitar 10 juta tahun. Lalu akan ada hypernova, yang merupakan penyebab hancurnya bintang di kabut debu. Kemudian nebula ini membentuk bintang-bintang baru dengan ukuran lebih kecil.

Kemunculan hypernova yakni telah disebabkan oleh bintang-bintang kuno yang jatuh ke gravitasinya sendiri. Namun, sesuatu yang unik terjadi dalam insiden ini. Ketika inti bintang lama menyusut karena gravitasi, yang terjadi adalah sebaliknya di tubuh bintang lama.

Fase ini adalah termasuk dalam fase pertama bintang lama terbentuk dari nebula pada periode gelap, setelah itu bintang lama meledak dan menciptakan bintang lama baru. Bintang tua baru ini kemudian dipecah dan kembali ke reunifikasi dengan sebuah bentuk galaksi.

Macam – Macam Galaksi

Galaksi Bimasakti adalah adanya suatu galaksi yang ditemukan pada 18 Juli 1783. Galaksi ini adalah galaksi besar yang saat ini ditempati oleh manusia di mana bumi berada. Galaksi Bima Sakti terdiri dari lebih dari 400 miliar bintang dengan diameter sekitar 130.000 tahun cahaya.

1. Galaksi Centaurus

Jenis galaksi terakhir adalah sebuah galaksi Centaurus. Centaurus Galaxy adalah galaksi yang dikenal dengan NGC. Galaksi lensa ini berjarak kira-kira 11 juta tahun cahaya. Ini merupakan salah satu radio galaksi dekat-Bumi, itulah sebabnya inti galaksi aktif telah dipelajari secara luas dengan para peneliti profesional dan astronom.

2. Galaksi Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor yakni mempunyai sebuah nama yang unik, dengan galaksi yang berjarak hingga 10 juta tahun cahaya, dan galaksi ini umumnya dikenal sebagai galaksi beruang besar. Walikota Ursa sering dikenal di kepulauan karena dipandang sebagai tujuh bintang terang yang berguna untuk kapal dan kapal sebagai tolok ukur untuk berlayar malam.

Bentuk-Galaksi-di-Alam-Semesta

3. Galaksi Black Eye

Galaksi Mata Hitam adalah salah satu galaksi paling populer, seperti halnya Bima Sakti dan galaksi lainnya. Galaksi ini ditemukan oleh seorang astronom Perancis bernama Charles Messier. Dia menemukan sesuatu yang aneh di galaksi ini, yang mempunyai suatu bentuk cincin nebula dan warnanya gelap. Nebula mengelilingi intinya, yang begitu cukup cerah.

Baca Juga :  Pengertian Daratan

4. Galaksi Magellan

Galaksi Magellan yakni sering disebut dengan Awan Magellan. Awan ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu awan Magellan kecil dan besar. Awan ini sebenarnya adalah galaksi kerdil yang mengorbit di Bima Sakti. Ukurannya ialah sekitar 14 ribu tahun cahaya dan 7 ribu tahun cahaya. Jarak antara awan Magellan besar dan kecil ialah sebesar 160 ribu.

5. Galaksi Pusaran Air

Galaksi Pusaran Air atau dapat disebut dengan Messier 51a. Galaksi Whirlpool adalah salah satu galaksi termudah yang ditemukan dengan para astronom amatir, dan Anda bahkan dapat melihat dua galaksi ini dengan teropong.

Galaksi vertebral memang target populer bagi para astronom profesional untuk mempelajari struktur dan juga untuk memahami lengan spiral yang diciptakan dengan galaksi atau sistem tata surya tersebut.

6. Galaxy Roda Biru

Jenis galaksi berikutnya merupakan adanya sebuah galaksi beroda biru. Blue Wheel Galaxy mempunyai nama yang sama dengan bentuk dan warna galaksi. Blue Wheel Galaxy sebenarnya tidak terlalu populer, itu biasa disebut sebagai Blue Pin Wheel. Dengan Galaksi Bima Sakti, galaksi ini berjarak 2 tahun cahaya.

7. Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda adalah adanya sebuah galaksi yang populer di samping Bima Sakti. Galaksi Andromeda adalah galaksi besar berdiameter hampir sekitar 200.000 tahun cahaya, yang berarti diameternya dua kali lipat dari Bima Sakti. Andromeda sendiri mempunyai sebuah massa 300 sampai 400 miliar massa matahari.

8. Galaxy Dolar Perak

Galaksi dolar perak, atau lebih sering disebut dengan koin perak galaksi, adalah galaksi spiral dengan lokasi 13 juta tahun cahaya. Galaksi ini terletak di konstelasi Sculptor, Galaksi Starburst, yang berarti bahwa ia saat ini sedang melalui masa intens dalam sebuah pembentukan bintang.

Baca Juga :  Bimbingan Dan Kerja Sama

9. Galaksi Sombrero

Galaksi sombrero adalah adanya suatu galaksi yang agak membingungkan. Dinamai sombrero karena topi sombrero berbentuk galaksi ini milik dengan orang Latin. Galaksi ini memiliki bentuk spiral dan juga galaksi di rasi Virgo. Galaksi tersebut yakni dapat terlihat seperti sombrero, tetapi tidak dalam arti sebenarnya, akan tetapi hanya dari Bumi.

Ciri – Ciri dan Karakteristik Galaksi Bima Sakti

Terdapat beberapa ciri-ciri dan karakteristik dalam bimasakti ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Dari segi bentuk, Bima Sakti yakni memiliki suatu bentuk spiral yakni telah menyerupai jalan.
  • Dari segi usia, Bima Sakti lebih tua sekitar 4,5 tahun dari Matahari.
  • Bima Sakti dapat memancarkan sebuah cahaya terang, tetapi terhalang oleh galaksi lain.
  • Dengan berdasarkan suatu kesamaan bentuknya dengan objek, ditemukan bahwa galaksi ini memiliki bentuk seperti cakram.
  • Bagian tengah galaksi memiliki diameter 3,26 tahun cahaya.
  • Diameter galaksi ini sekitar 100.000 tahun cahaya.
  • Diameter rata-rata diperkirakan pada ketebalan rata-rata 1000 tahun cahaya.
  • Dari segi warna, galaksi ini memiliki warna yang mirip dengan warna susu.
  • Bima Sakti telah mempunyai sekitar 200-400 miliar bintang.
  • Disk gas Bima Sakti mempunyai suatu ketebalan 12.000 tahun cahaya.
  • Kecepatan rotasi Bimasakti adalah 914.000 km/jam.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Bimasakti. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.