Pengertian Biografi

Posted on

Pengertian Biografi – Biografinya secara tertulis, yang biasanya datang fakta pendek tentang kehidupan singkat. Biografi dalam bentuk buku berisi banyak informasi dan fakta kehidupan, yang diceritakannya secara terperinci dan ditulis dalam suatu gaya bahasa yang menarik.

Biografi yang menceritakan kisah hidup seorang tokoh intelektual dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual ini diciptakan melalui dengan berbagai penelitian dan juga dengan menulis dalam bahasa ilmiah.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Biografi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Biografi ?

Pengertian Biografi merupakan adanya suatu tulisan yang menceritakan kisah dan informasi tentang seseorang atau kisah tentang kehidupan orang.

Secara etologis, yakni dalam suatu kata “Biografi” berasal dari bahasa Yunani, “Bios” berarti kehidupan dan “Graphien” berarti menulis. Jadi pengertian singkat tentang biografi adalah surat yang menggambarkan kehidupan suatu kehidupan.

Pengertian-Biografi

Secara umum, buatlah biografi untuk mencari tahu mana yang dianggap penting dan berdampak pada kehidupan banyak orang. Biografi bisa berupa artikel pendek dalam artikel pendek, tetapi bisa berupa buku atau lebih dari satu buku.

Biografinya secara tertulis, yang biasanya datang fakta pendek tentang kehidupan singkat. Biografi dalam bentuk buku berisi banyak informasi dan fakta kehidupan, yang diceritakannya secara terperinci dan ditulis dalam suatu gaya bahasa yang menarik.

Baca Juga :  Pengertian Produktivitas

Ciri-Ciri Teks Biografi

Adapun berbagai ciri-ciri dalam biografi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Teks biografis yakni harus menyampaikan dalam suatu informasi dengan berdasarkan fakta yang diuraikan dalam narasi.
  • Teks biografi telah membawa pengalaman karakter dalam memecahkan masalah sampai berhasil. Jadi harus dijadikan panutan.
  • Teks biografi ini memiliki struktur yang jelas. Struktur-struktur ini termasuk masalah, orientasi, dan reorientasi.

Jenis-Jenis Biografi

Biografi yakni bisa dibagi menjadi tiga kelompok. Jenis biografi berikut meliputi:

1. Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

a. Biografi Ilegal

Biografi tidak menulis dengan izin atau tanpa sepengetahuan orang yang bercerita tentang kehidupan mereka. Adalah umum untuk menulis biografi tidak resmi karena karakter yang ingin Anda sampaikan adalah mafat atau meninggal.

b. Biografi Resmi

Biografi di mana penulis telah diberi izin atau pengetahuan tentang karakter yang akan diceritakan tentang hidupnya.

2. Biografi Berdasarkan Isinya

a. Biografi Perjalanan Hidup

Biografi Perjalanan hidup adalah biografi yang mencakup seluruh sejarah kehidupan karakter atau memperhitungkan beberapa perjalanan hidup.

b. Biografi Perjalanan Karir

Biografi Perjalanan Karir adalah biografi yang membahas perjalanan karier karakter dari awal hingga akhir. Atau ceritakan tentang karier karakter untuk mencapai kesuksesan tertentu.

3. Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas

a. Biografi Intelektual

Biografi Intelektual adalah biografi yang menceritakan kisah hidup seorang tokoh intelektual dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual ini diciptakan melalui dengan berbagai penelitian dan juga dengan menulis dalam bahasa ilmiah.

b. Biografi Politik

Biografi Politik adalah biografi yang berisi kisah hidup tentang karakter suatu negara dari perspektif politik. Meskipun melalui penelitian, sebagian besar biografi politik ini menarik bagi penulis atau bahkan orang yang dikutip.

Baca Juga :  Konjungsi Korelatif

4. Berdasarkan Jurnalistik

Berdasarkan Jurnalistik adalah biografi yang ditulisnya berdasarkan hasil wawancara langsung dengan adanya suatu karakter yang akan menulis dalam sebuah cerita.

5. Biografi Berdasarkan Penerbit

a. Buku Subsidi

Buku Subsidi adalah biografi karakter, yang biaya penulisan dan produksinya ditanggung oleh sponsor. Dari sudut pandang komersial, biografi jenis ini tidak akan laku atau harganya akan sangat tinggi, sehingga sulit diperoleh.

b. Buku Sendiri

Buku Sendiri adalah biografi karakter yang digunakan sebagai buku penerbitan dengan biaya produksi, karena penulisan, pencetakan, dan pemasaran dilakukan sendiri. Tujuan penulisan biografi ini adalah untuk menjualnya di pasar atau untuk menarik perhatian publik.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Biografi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.