3D Pie Chart + Cara Membuat : Pengertian dan Fungsi

Posted on

3D Pie Chart Plus Cara Membuatnya : Pengertian dan Fungsi Untuk mempermudah Anda dalam mengolah data baiknya ditampilkan dalam bentuk grafik. Grafik pun terdiri dari berbagai jenis dan model. Pada beberapa soal kita juga menemukan grafik yang berkaitan tentang data. Biasanya grafik digunakan dalam pelajaran matematika. Selain grafik, ada juga bentuk lain dari chart yang dapat digunakan untuk mempresentasikan suatu data yaitu diagram.

Diagram juga terdiri dari berbagai jenis umumnya berbentuk lingkaran. Ada salah satu bentuk diagram yang biasa digunakan dan lebih banyak disukai untuk olah data yaitu bentuk pie diagram. Kenapa menggunakan diagram? Pada diagram data yang diperoleh biasanya berdasarkan data keseluruhan. Jadi hubungan yang terlihat antar data lebih mudah terlihat.

Tapi tahukan Anda apa itu pie chart? Pada guruakuntansi.co.id akan menjelaskan mengenai pengertian dan fungsi dari 3D pie chart disertai dengan cara membuat diagram tersebut. Ayo kita belajar bersama.

Pengertian 3D Pie Chart

Pie Chart atau Diagram pie merupakan diagram yang berbentuk lingkaran. Diagram ini digunakan untuk membandingan suatu bagian terhadap seluruh bagian. Pada pie chart satuan yang digunakan yaitu persentase.

Pengertian dan Fungsi dari 3D Pie Chart Plus Cara Membuatnya

Pada aplikasi microsoft excel, pie charts terdiri dari dua jenis yaitu 2D dan 3D. 3D pie charts memiliki bentuk charts yang lebih real. Berikut ini merupakan jenis dari 3D pie charts yaitu:

Pie Charts
Pie Charts

Fungsi 3D Pie Chart

Misalkan terdapat penelitian mengenai transportasi yang banyak digunakan oleh 210 mahasiswa. 85 orang menggunakan kendaraan motor, 40 menggunakan kendaraan mobil, 16 orang menggunakan sepeda, 45 orang menggunakan ojek online, dan sisanya menggunakan angkutan umum.

Untuk merepresentasikan data tersebut digunakanlah pie chart untuk memudahkan dalam mengamati data tersebut. Data tersebut akan diubah dalam bentuk persentase untuk setiap kendaraan yang digunakan dari total jumlah seluruh mahasiswa yang mengikuti penelitian tersebut.

Dengan 3D Pie charts dapat memudahkan Anda dalam membaca data yang sedang Anda buat. Selain itu bentuk dari 3D pie charts juga membantu Anda dalam memahami data tersebut.

Baca Juga :  Rumus Bangun Ruang 3D Geometri

Fungsi dari 3D pie charts adalah untuk menampilkan tiap nilai dari total seluruh nilai.

Cara Membuat 3D Pie Chart pada Excel

Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk membuat pie chart pada microsoft excel:

  1. Blok dahulu data yang akan Anda gunakan.
  2. Klik tab menu Insert, klik Pie yang ada pada Chart.
  3. Pilihlah 3-D Pie Chart yang Anda inginkan.
  4. Setelah itu secara otomatis 3D Pie Chart akan keluar.

Pie chart yang telah Anda pilih tersebut dapat Anda edit sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Cara tersebut dapat membantu Anda untuk memudahkan pekerjaan Anda. Selain itu, dengan 3D pie charts juga dapat menyajikan data dengan rapi dan pas.

Kita tidak perlu susah-susah untuk menghitung persantase dari data tersebut. Karena dengan 3D pie charts hasil akan secara otomatis keluar dan tersajikan.

Sesuai dengan contoh di atas, dapat diperoleh data berikut ini:

KendaraanJumlah
Motor85
Mobil40
Sepeda16
Ojek Online45
Angkutan Umum24
Total210

Dengan data tersebut kita akan menghasilkan 3D pie chart berikut ini:

3D Pie Chart
3D Pie Chart

Pie chart tersebut didapatkan sesuai dengan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, seperti berikut ini:

  1. Ketikkan data yang ada pada tabel di atas.
  2. Kemudian blok dari A3 hingga B8.
  3. Klik tab menu Insert, klik Pie yang ada pada Chart.
  4. Pilihlah 3-D Pie Chart yang Anda inginkan.
  5. Setelah itu secara otomatis 3D Pie Chart akan keluar.

Kemudian Anda dapat mengedit hasil 3D pie charts. Untuk mengedit desain dari diagram tersebut dapat Anda gunakan tab menu Display.

Selain itu pada tab menu Layout dan Format, Anda juga dapat merubah tampilan dari warna tulisan dan lainnya.

Baca Juga :  Rumus Mencari Ranking dan Menentukannya di Ms. Excel

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan fungsi dari 3D pie chart disertai dengan cara membuat diagram tersebut yang telah diterangkan. Semoga Anda bisa lebih mengeksplor berbagai fitur yang ada di microsoft excel untuk memudahkan pekerjaan Anda dan ilmu ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.