Pengertian dan Fungsi dari Macro VBA

Posted on

Macro VBA – Ketika kita mengerjakan suatu tugas secara berulang. Apakah kita akan mengulang pekerjaan tersebut dari awal atau akan memprogram kembali supaya tidak mengulang dari awal? Ya kita pasti akan lebih memilih melakukan suatu program agar tidak perlu membuat dari awal lagi. Tapi bagaimana caranya?

Dengan program kita dapat mengatur suatu perintah terhadap pekerjaan yang akan kita lakukan. Sama seperti ketika kita akan mengatur alarm pada ponsel kita. Kita akan mengatur waktu yang kita inginkan dengan memprogramnya, bukan? Sama halnya dengan program pada komputer. Hampir semua aplikasi telah diprogram agar dapat diperintah sesuai dengan fungsinya. Hal ini juga termasuk pada macro VBA. So, tahukah Anda apa itu macro VBA?

Kali ini guruakuntansi.co.id akan menjelaskan tentang Pengertian dan Fungsi dari Macro VBA. Artikel ini akan dijelaskan secara jelas. Simak sama-sama yuk.

Pengertian VBA

Visual Basic for Applications disingkat menjadi VBA. VBA merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk mengontrol excel. Dengan begitu tugas yang sering dilakukan dengan perintah yang sama pun dapat terprogram melalui bantuan VBA. Karena VBA sudah terotomatisasi.

Pengertian dan Fungsi dari Macro VBA

Pengertian Macro

Macro memiliki sifat seperti copy. Dengan adanya macro tugas yang kita kerjakan pada workbook yang pertama dapat kita ulangi kembali pada workbook yang lainnya. Macro akan merekam tugas yang kita buat, sehingga dapat kita ulang kembali.

Macro merupakan otomatisasi yang dibuat dengan script.

Macro VBA merupakan salah satu kebutuhan yang dibutuhkan untuk mengotomatisasi oleh excel. Manfaat dari excel itu sendiri tidak hanya sebatas perhitungan dengan rumus yang telah tersedia saja. Jadi, makro VBA pada excel memiliki manfaat yang baik untuk melakukan satu kali perintah untuk tugas yang berulang. Tetapi perlu diingat bahwa:

VBA sendiri memiliki tugas yang kompleks dan berulang.

Pekerjaan yang dilakukan tersebut menggunakan printah yang kompleks. Tentunya program tersebut harus didesain terlebih dahulu. Sama seperti saat sedang membangun rumah, kita harus mendesain rumah yang kita inginkan agar rumah tersebut dapat sesuai dengan harapan kita dan tentunya dapat berdiri dengan kokoh.

Baca Juga :  Passing Grade UNDIKSHA 2020/2021 : Fakultas + Jurusan

Macro dimiliki oleh Macrosoft excel sebagai proses otomatisasi dengan bantuan VBA. Script yang digunakan akan membantu program berjalan dengan baik. Ya, program pada aplikasi tentunya memiliki bahasa pemrogramannya sendiri.

Fungsi Macro VBA

Macro VBA memiliki fungsi yang dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, di antaranya yaitu:

a. Menciptakan aplikasi
Dengan bantuan macro VBA, Anda dapat mencetuskan aplikasi baru. Misalkan Anda ingin mendata penghasilan warga di lingkungan Anda. Dengan bantuan program ini, aplikasi baru akan tercipta. Script yang telah terprrogram pun dapat terekam dengan sangat baik.

b. Fungsi worksheet semakin berkembang
Rumus formula yang belum ada pada macrosoft excel bisa Anda tambahkan dengan bantuan VBA. Jadi, Anda tidak hanya terpaku pada rumus formula yang telah tersedia di aplikasi Ms. Excel itu sendiri. Sungguh menarik, bukan?

c. Operasi berulang akan terotomatisasi
Ketika kita melakukan perintah di workbook yang sedang kita kerjakan. Kita dapat melakukan kegiatan macro. Hal ini dilakukan untuk merekam erintah yang sedang kita kerjakan tersebut. Merekam macro pun dilakukan sama seperti kita sedang merekam. Kita tidak perlu alat bantu seperti recording untuk merekam perintah tersebut . dengan begitu, kita akan menyeesaikan tugas kita secara cepat. Tentunya kita akan lebih menghemat tenaga, bukan?

d. Dapat membuat perintah khusus
Seperti halnya pengertian yang telah disebutkan di atas, dengan macro VBA perintah atau program yang telah kita lakukan akan tersimpan atau terekam. Hal inilah yang menyebabkan tugas kita dapat dilakukan dengan hanya satu kali perintah saja. Tidak perlu kita repot-repot untuk mengulangi perintah itu kembali. Lebih efisien, bukan?

Baca Juga:

Baca Juga :  Dasar Akuntansi Menurut Para Ahli

Dengan bantuan macro VBA membuat pekerjaan kita dapat dilakukan dalam satu kali perintah tidak lagi berulang karena sudah terekam. Bukankah Anda tertarik mencobanya? Demikianlah penjelasan mengenai artikel Pengertian dan Fungsi dari Macro VBA yang telah dijelaskan. Semoga artikel ini menambah pengetahuan Anda. Terima kasih.