Pengertian Dan Penjelasan Lengkap Siklus Akuntansi

Posted on

Pengertian Dan Penjelasan Lengkap Siklus Akuntansi – Apakah yang dimaksud siklus akuntansi? Sikluas akuntansi adalah mengetahui proses siklus ini penting jika Anda ingin belajar akuntansi dan menjadi seorang akuntan yang profesional.

Siklus akuntansi adalah tingkat untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mencatat peristiwa akuntansi di salah satu perusahaan.

Seri inkremental dimulai ketika transaksi terjadi dan berakhir dengan penyertaan di dalam laporan keuangan. Catatan akuntansi tambahan dapat digunakan selama siklus tersebut, termasuk saat entri dalam buku besar umum dan neraca saldo.

Penjelasan dari Siklus Akuntansi

Pengertian Dan Penjelasan Lengkap Siklus Akuntansi

1. Bukti transaksi

Bukti transaksi adalah memulai proses untuk siklus akuntansi. Bukti transaksi itu sendiri adalah seperangkat dokumen yang berisi informasi tentang transaksi keuangan. Jika tidak ada transaksi keuangan, maka tidak ada bukti transaksi yang perlu kita dilacak. Transaksi dapat mencakup pembayaran utang, pembelian atau akuisisi aset, pendapatan pada penjualan, atau biaya apa pun yang telah terjadi.

2. Jurnal

Setelah transaksi telah terjadi dan bukti transaksi sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah mencatat transaksi di dalam jurnal perusahaan dalam urutan kronologis. Perlu dicatat bahwa ketika mendebit dan mengkredit, akun harus selalu seimbang.

3. Buku Besar

Entri buku harian kemudian dikirim ke buku besar tempat ringkasan semua transaksi untuk setiap akun dapat dilihat.

4. Neraca Saldo

Pada akhir priode akuntansi (biasanya triwulan, bulan, atau tahun tergantung dari pada kebijakan di perusahaan tersebut), neraca saldo berisikan ringkasan akun transaksi dan saldo yang berguna sebagai dasar penyusunan laporan di keuangan atau untuk evaluasi.

Baca Juga :  Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Jasa

5. Jurnal Penyesuaian

Pada akhir periode akuntansi perusahaan, item penyesuaian harus diposting ke akun tertentu pada akhir periode akuntansi agar sesuai dengan kondisi aktual berdasarkan akuntansi akrual sehingga perusahaan dapat menyiapkan laporan keuangan dengan tepat dan akurat.

6. Laporan keuangan

Laporan keuangan terdiri dari beberapa hal seperti: neraca, laporan laba rugi dan analisis arus kas disusun dengan saldo yang benar.

7. jurnal Penutup

Ketika laporan keuangan diposting, semua akun saldo nominal menjadi nol dan siap digunakan untuk mendaftarkan akun lancar di awal periode berikutnya. Yang perlu diingat, dalam siklus ini, adalah alirannya tidak selalu sama.

Misalnya, siklus akuntannsi perdagangan dan layanan jelas sedikit berbeda. Namun secara keseluruhan alirannya hampir sama.

Kapan waktu siklus akuntansi terjadi?

Siklus dimulai dan berakhir selama periode akuntannsi, disaat laporan keuangan disusun. Di dalam konsep akuntansi, periode akuntansi bervariasi dan tergantung pada berbagai faktor.

Akan tetapi, jenis periode akuntansi yang paling banyak di pakai adalah periode tahunan. Selama siklus ini, banyak terjadi transaksi dan pencatatan. Pada akhir tahun, laporan keuangan umumnya disiapkan. Entitas publik di haruskan menyerahkan laporan keuangan pada tanggal yang telah di tentukan.

Pentingnya mengetahui dasar-dasar akuntansi

Untuk sepenuhnya memahami siklus ini, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang amat kuat tentang prinsip-prinsip akuntansi dasar. Yang paling penting ialah kalian diharuskan terlebih dahulu tahu tentang pengakuan pendapatan (ketika perusahaan tersebut mencatat pendapatan di dalam penjualan), prinsip pencocokan (pencocokan biaya dengan pendapatan) dan prinsip akuntansi akrual.

Di dalam konsep dasar ini kemungkinan besar anda untuk membuat laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas, yang merupakan langkah paling terpenting di dalam siklus akuntansi Indonesia.

Baca Juga :  Kebutuhan Sekunder

Dari pernyataan ini, orang dapat mengasumsikan bahwa siklus akuntansi adalah seperangkat aturan standar untuk memastikan keakuratan dan kesesuaian laporan keuangan.

Baca Juga : Mengenai Kebutuhan Sekunder

Pemrosesan data melalui perangkat lunak akuntansi dan aturan tetap yang digunakan dalam setiap proses transaksi telah membantu mengurangi kesalahan perhitungan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Dan Penjelasan Lengkap Siklus Akuntansi yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi bahan pembelajaran untuk kalian semua.