Pengertian Daun

2 min read

Pengertian Daun – Daun adalah lapisan terluar sel hidup. Jaringan dibagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah. Fungsinya untuk melindungi jaringan di bawah ini.

Daun bertindak sebagai fotosintesis adalah proses mempersiapkan atau membuat makanan dari karbon dioksida (CO2) melalui stomata dan air dengan elemen tepung menggunakan energi matahari.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Daun. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Daun ?

Pengertian Daun merupakan salah satu organ tanaman terpenting dan pada umumnya setiap tanaman memiliki banyak daun. Alat ini hanya ditarik dari batangnya dan tidak pernah terjadi di bagian tanaman yang lain.

Tangkai batang atau perlekatan daun disebut batang (knot stem), dan ruang di atas daun adalah sudut antara tangkai dan daun, yang disebut ketiak (ketiak). Itu umumnya hijau (mengandung klorofil) dan terutama bertindak sebagai pemulung energi dari matahari untuk fotosintesis.

Pengertian-Daun

Mengetahui bahwa daun adalah salah satu organ utama tanaman pada batang, mereka biasanya tipis dan ukuran klorofil, sehingga daun biasanya berwarna hijau. Menurut kedalaman daun hijau tipis dan duduk di pegangan ke atas, itu sesuai dengan fungsi daun untuk tanaman, yaitu:

  • Mengambil terhadap zat makanan (resorbsi)
  • Penguapan terhadap air (transpirasi)
  • Mengolah dalam suatu zat makanan (asimilasi)
  • Pernafsan (respirasi)

Daun sungguhan juga memiliki pigmen lain seperti karoten (oranye), xantofil (kuning) dan antosianin (merah, biru atau ungu, tergantung keasamannya). Daun tua kehilangan klorofil kuning atau merah (bisa dilihat pada daun kering).

Baca Juga :  Pengertian Adaptasi

Karena tanaman wajib dari organisme autotrophic, daun adalah organ yang paling penting untuk kelangsungan hidup tanaman. Oleh karena itu, mereka harus memenuhi kebutuhan energi mereka dengan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia.

Struktur Bagian Dalam Daun

Contoh-Daun

Adapun berbagai struktur dalam bagian daun, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Epidermis

Daun adalah lapisan terluar sel hidup. Jaringan dibagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah. Fungsinya untuk melindungi jaringan di bawah ini.

b. Jaringan Mesofil

Jaringan mesofilik yang berbeda dibagi menjadi dua area:

  • Jaringan spons (Jaringan bunga karang), yang lebih tebal dibandingkan dengan kain palisade. Jaringan berfungsi sebagai lokasi penyimpanan cadangan makanan.
  • Jaringan palisade )Jaringan tiang), yaitu kain yang mengandung banyak kloroplas yang bekerja selama proses pembuatan makanan. Salah satu karakteristik dari jaringan ini adalah bahwa sel-sel disaring dan memiliki bentuk yang kecil.

Adanya suatu berkas di dalam pembuluh ini, yakni dapat dibagi menjadi 2:

  • Pembuluh Tapis (Floem) yang memungkinkan fotosintesis daun pada semua bagian tanaman.
  • Pembuluh Kayu (Xylem) di akar memiliki fungsi mengangkut air dan mineral ke daun, sedangkan Xylem bertindak sebagai sponsor tanaman di batang.

c. Stomata

Stomata bertindak sebagai organ pernapasan. Stomata mengeluarkan CO2 dari udara untuk digunakan sebagai bahan fotosintesis dan melepaskan O2 sebagai fotosintesis. Stomata berada di epidermis bawah. Selain stomata, tanaman tingkat tinggi juga bernapas selama lentisel pada batang.

d. Jaringan Tambahan di Daun

Dalam jaringan ekstraseluler, daun-daun ini terdiri dari sel-sel khusus yang biasanya hadir dalam daun mesofil, seperti sel-sel dan kelenjar kristal.

Fungsi Daun

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari daun, yakni sebagai berikut:

1. Tempat Terjadinya Fotosintesis

Daun bertindak sebagai fotosintesis adalah proses mempersiapkan atau membuat makanan dari karbon dioksida (CO2) melalui stomata dan air dengan elemen tepung menggunakan energi matahari.

Baca Juga :  Daur Hidup Cacing Hati

2. Menjadi Alat Respirasi

Daunnya mengandung stomata, yang berfungsi sebagai animasi atau sebagai saluran pernapasan.

3. Mengelola Proses Transpirasi

Untuk proses penguapan air pada daun yang melewati stomata dan kutikula yang ada di permukaan daun dan yang mungkin berlimpah dalam bahan pada daun.

4. Menjadi Alat Reproduksi Vegetatif

Daun menjadi alat reproduksi vegetatif seperti bentuk tanaman kelapa bebek yang menghasilkan tunas daun. Daun digunakan untuk menanam tanaman.

5. Proses Gutasi

Daun dianggap sebagai proses mutasi dalam bentuk tempat cairan atau air mencapai titik air.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Daun. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.