Pengertian Disiplin

Posted on

Pengertian Disiplin – Rasa kepatuhan dan taat pada nilai yang ditangkap adalah tanggung jawab. Dengan kata lain, dari disiplin dapat mematuhi peraturan atau tunduk terhadap pengendalian dan pengawasan.

Disiplin adalah adanya sebuah sikap yang selalu menjadi janji yang tepat sehingga orang lain percaya karena modal kewirausahaan adalah untuk memenangkan kepercayaan orang lain.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Disiplin, jenis, macam-macam, beserta manfaatnya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Displin ?

Pengertian Disiplin merupakan adanya sebuah karakteristik atau kemampuan yang dimiliki terhadap seseorang agar taat dan mengendalikan diri sehingga mereka terus mengikuti dalam sebuah aturan yang telah ditetapkan atau disepakati.

Disiplin termasuk suatu perilaku atau sikap yang tentunya diharapkan terhadap banyak orang, terutama orang-orang yang berpendidikan. Tentu saja, disiplin yakni dapat diperlukan karena dapat membantu memastikan bahwa suatu kegiatan berjalan lancar seperti yang diharapkan. Tentu saja, disiplin tidak dapat dipisahkan dari aturan, prosedur, norma, organisasi, hukuman, kerja sama, dan lain sebagainya.

Pengertian-Disiplin

Dari pendapat lain yakni telah mengatakan bahwa disiplin merupakan adnaya sebuah karakteristik atau kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri dan mematuhi aturan atau nilai yang disepakati. Dalam hal ini, sikap disiplin terkait erat dengan norma, aturan, prosedur, yang ada di kalangan masyarakat.

Baca Juga :  Tujuan Penelitian

Kata “disiplin” yakni telah berasal dari bahasa Inggris yakni “Disciple”, yang berarti pengikut atau siswa. Secara etimologis, kata itu yakni berasal dari bahasa Latin “Discere”, yang berarti belajar.

Jenis Tindakan Disiplin

Pada prinsipnya, adanya sebuah langkah-langkah disiplin dapat diterapkan ke berbagai bidang kehidupan manusia. Secara umum, ada beberapa jenis dalam sebuah tindakan disiplin, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Disiplin Pribadi, merupakan yang mengacu pada berbagai elemen yang harus diikuti dan dilepaskan terhadap seseorang dengan proses sikap yang baik oleh orang tersebut.
  • Disiplin Nasional, merupakan adnaya sebuah sikap mental suatu bangsa dengan cara keseluruhan, yang telah tercermin dalam tindakan dengan sebuah bentuk keputusan dan kepatuhan.
  • Disiplin Sosial, merupakan sesuatu yang telah terkait terhadap komunitas seseorang atau hubungan terhadap lingkungan.

a. Disiplin Menggunakan Waktu

Setiap orang mempunyai sebuah waktu yang sama dalam setiap hari, yakni 24 jam sehari. Berbagi waktu dengan berbagai kegiatan sehari-hari adalah sesuatu yang harus dilakukan terhadap setiap orang.

Bentuk disiplin, misalnya dalam berurusan dengan waktu, yakni:

  • Tepat waktu saat ada janji untuk bertemu terhadap orang lain.
  • Bangun lebih awal dan jangan tidur larut malam.
  • Bekerja dengan sesuai waktu yang telah ditentukan.
  • Dapat menggunakan sebuah waktu untuk diri sendiri dan kesehatan terhadap kalangan masyarakat.

b. Disiplin Dalam Berbangsa dan Bernegara

Secara umum, disiplin yakni dapat diperlukan di semua bidang masyarakat sehingga proses pencapaian tujuan pendidikan, ekonomi dan kemakmuran bangsa dan negara bisa tercapai. Ini termasuk disiplin diri pribadi, disiplin nasional, dan disiplin sosial.

Beberapa bentuk disiplin terhadap bernegara dan berbangsa, yakni:

  • Dapat membuang sampah di tempatnya.
  • Ikuti rambu lalu lintas.
  • Membayar pajak dengan sesuai peraturan.
  • Melakukan sebuah prosedur administrasi dalam kondisi yang ditentukan.
Baca Juga :  Assessment Adalah

c. Disiplin Beribadah

Setiap agama mempunyai sebuah aturan dan nilai yang berbeda yang harus diikuti dengan para pengikutnya. Aturan dan nilai ini harus membimbing orang untuk menjadi lebih baik pada diri mereka sendiri dan terhadap orang lain.

Beberapa bentuk dalam disiplin di beribadah, yakni:

  • Dapat melaksanakan sholat dalam 5 waktu untuk umat Islam.
  • Dapat menjalankan 10 perintah Tuhan untuk orang Katolik atau Kristen.
  • Berdoa untuk umat Hindu di kuil.
  • Berdoa di Vihara untuk umat Buddha.
  • Eksekusi kitab suci Shishu Wujing untuk umat beragama Khonghuchu.
  • Dapat menghargai, menghormati dan menyinggung terhadap agama yang telah berbeda, baik di tempat umum maupun di ruang yang telah tertutup.

d. Disiplin Menjalankan Aturan

Dalam berkehidupan sosial tentu saja terdapat aturan dan nilai yang harus diterapkan dengan semua orang. Dengan mematuhi sebuah aturan dan nilai-nilai ini, dalam keseimbangan dan keharmonisan kalangan masyarakat terjaga.

Misalnya, dengan beberapa bentuk disiplin berlaku untuk aturan, yakni:

  • Dapat memastikan dalam lingkungan bersih
  • Dapat menjaga adanya ketertiban umum.
  • Dapat mengikuti sebuah prosedur yang telah ditetapkan dalam melakukan sebuah kegiatan.

Tujuan Disiplin

Contoh-Disiplin

Menurut Ellen G White, dalam disiplin yakni memiliki tujuan, diantranya ialah:

  • Pesanan tentang diri sendiri.
  • Dapat menaklukan sebuah tekad.
  • Tetapkan tujuan spesifik dan batasi terhadap wawasan.
  • Ketaatan pada prinsip.
  • Mengembangkan dalam ketertiban terhadap sebuah tindakan manusia.
  • Tingkatkan dalam kebiasaan.
  • Dapat mengajarkan dalam menghormati orang tua dan ilahi.

Macam – Macam Disiplin Lengkap

Dalam disiplin, terdapat macam-macam beserta penjelasannya, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Disiplin Dalam Menggunakan Waktu

Mampu membagi dan menggunakan waktu secara baik. Karena waktu itu berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :  Pengertian Diplomasi

2. Disiplin Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Dalam mencapai sebuah tujuan dalam pendidikan, yakni sangat penting bahwa adanya sebuah kinerja terhadap pendidikan dapat dikompromikan dengan ketika dalam sebuah tindakan disipliner dapat diambil.

3. Disiplin Dalam Beribadah

Selalu dipuja dengan adanya sebuah aturan yang terkandung di dalamnya. Disiplin diperlukan di sini, Allah SWT selalu merekomendasikan hamba-Nya untuk disiplin, misalnya dalam Firman Tuhan.

4. Disiplin Sosial

Disiplin sosial adalah adanya suatu disiplin yang dapat berhubungan dengan kalangan masyarakat atau dengan lingkungan masyarakat.

5. Disiplin Diri Pribadi

Disiplin pribadi yakni dapat tergantung pada beberapa elemen, seperti keberadaan sesuatu yang harus dipatuhi atau dilepaskan dan proses sikap terhadapnya.

6. Disiplin Nasional

Disiplin nasional dapat diartikan dalam adanya sebuah keadaan mental bangsa, yang tercermin dalam suatu tindakan dalam bentuk keputusan dan kepatuhan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Disiplin, jenis, tujuan beserta macam-macamnya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.