Pengertian Diskriminasi

Posted on

Pengertian Diskriminasi – Adanya sebuah peristiwa yang sering terjadi dengan suatu kehidupan manusia adalah karena kecenderungan sikap manusia untuk lebih suka mendiskriminasi terhadap orang lain.

Perlakuan yang tidak sama dengan kelompok atau individu berdasarkan pada hal-hal yang biasanya kategorikal atau khas, misalnya ras, agama, suku, atau kelas sosial.

Dalam pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Diskriminasi. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Diskriminasi ?

Pengertian Diskriminasi merupakan adanya sebuah sikap, tindakan , dan perilaku yang tidak adil atau tidak seimbang oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain.

Disebutkan pula bahwa makna diskriminasi ialah adanya sebuah perlakuan atau tindakan yang mencerminkan ketidakadilan terhadap orang atau kelompok tertentu yang disebabkan dengan karakteristik khusus orang atau kelompok tersebut.

Pengertian-Diskriminasi

Terdapat banyak bentuk diskriminasi dalam kehidupan sosial dan negara. Ini terjadi karena orang umumnya cenderung mendiskriminasi atau mengklasifikasikan diri.

Adanya sebuah perlakuan yang tidak adil dapat terjadi di mana saja, kapan saja karena perbedaan sifat, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Perbedaan kelas sosial.
  • Perbedaan etnis dan ras.
  • Perbedaan kepercayaan atau agama.
  • Pandangan politik yang berbeda.
  • perbedaan gender (jenis kelamin).
  • perbedaan dalam kondisi fisik.

Tipe – Tipe Diskriminasi

Terdapat bebeara tipe dalam diskriminasi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Diskriminasi Tidak Langsung

Diskriminasi secara tidak langsung timbul dari penciptaan kebijakan yang mencegah kelompok etnis atau ras tertentu dari kontak tanpa hambatan dengan kelompok etnis atau ras lain, sementara aturan dan prosedur yang mereka praktikkan termasuk dalam sebuah bentuk diskriminasi yang tidak terlihat dan secara sistematis membahayakan kelompok atau komunitas orang tersebut.

Baca Juga :  Bendera Indonesia

2. Diskriminasi Langsung

Pembatasan dalam sebuah area tertentu misalnya permukiman, lembaga publik, jenis pekerjaan, dan sejenisnya juga terjadi ketika pengambil keputusan dipandu dengan seorang prasangka terhadap contoh kelompok sosial tersebut.

Penyebab Diskriminasi

Contoh-Diskriminasi

Seperti disebutkan sebelumnya, diskriminasi terjadi karena kecenderungan dalam diri manusia sebagai mengklasifikasikan atau mendiskriminasi diri, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Perasaan Kecewa

Diskriminasi dapat terjadi karena sebuah kekecewaan. Kekecewaan itu yakni kemudian dapat ditransfer ke mereka yang dianggap sebagai kambing hitam kekecewaan mereka.

2. Mekanisme Pertahanan Psikologi

Pada manusia ada mekanisme pertahanan psikologis (proyeksi), di mana satu orang mentransfer properti yang tidak diinginkan dalam dirinya ke orang lain.

3. Perasaan Tidak Selamat dan Rendah Diri

Terdapat begitu banyak orang yang merasa terancam (tidak aman) dan memiliki harga diri rendah dan kemudian mencoba untuk menenangkan diri dengan mempermalukan orang lain. Ini menciptakan diskriminasi.

4. Keberadaan Sejarah

Diskriminasi dengan suatu ras atau negara tersebut yakni dapat terjadi karena masa lalu yang tidak menyenangkan yang terkait dalam adanya sebuah ras atau negara itu.

5. Corak Sosialisasi

Sikap terhadap diskriminasi telah dipelajari dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui proses sosialisasi. Ini kemudian membentuk pandangan stereotip dalam masyarakat mengenai gaya hidup, perilaku, dan lain sebagainya.

6. Persaingan dan Eksploitasi

Masyarakat modern yakni secara umumnya selalu bersaing satu sama lain dan lebih materialistis. Persaingan semacam itu kemudian dapat menyebabkan diskriminasi terhadap individu atau kelompok tertentu untuk dapat mengeksploitasi kekayaan, kekuasaan, dan kemewahan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Diskriminasi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semunya.