Pengertian Diskusi

Posted on

Pengertian Diskusi – Interaksi dalam sebuah komunikasi yakni antara dua orang atau lebih. Dalam komunikasi antara mereka atau kelompok biasanya mengambil bentuk pengetahuan dasar .

Adanya sebuah tujuan dalam diskusi merupakan untuk mencapai kesepakatan tentang topik yang dibahas. Diskusi berlangsung secara bebas, benar dan sistematis sesuai dengan aturan yang disepakati.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Diskusi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu Diskusi ?

Pengertian Diskusi merupakan adanya sebuah interaksi dalam komunikasi yang pernah terjadi yakni dengan antara dua orang atau dalam sebuah kelompok, yang memiliki suatu tujuan sebagai membahas topik atau topik tertentu untuk mencapai kesepakatan.

Pengertian-Diskusi

Pendapat lain yakni telah menyatakan bahwa adanya sebuah makna diskusi merupakan sebuah proses bertukar ide, pikiran, dan pendapat yang dilakukan dengan dua orang atau lebih untuk mencapai gelar atau kesepakatan tersebut.

Diskusi adalah salah satu cara dalam mempromosikan kebiasaan demokratis dan dapat memberdayakan dengan para intelektual. Diskusi tersebut, yakni dapat berlangsung di mana saja, tetapi umumnya kegiatan ini dilakukan di suatu komunitas, organisasi, atau lembaga pendidikan.

Unsur – Unsur Diskusi

Terdapat beberapa sebuah unsur dalam diskusi, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Dalam sebuah unsur manusia yang dapat dimiliki oleh pemimpin atau moderator diskusi.
  • Adanya sebuah bahan yang akan dibahas selama diskusi.
  • Unsur tempat atau fasilitas yang digunakan ketika, misalnya, sebuah ruangan dibahas untuk banyak orang dengan kursi, meja, papan tulis, dan kertas untuk catatan.
Baca Juga :  Pengertian Penelitian

Ciri – ciri Diskusi

Contoh-Diskusi

Adanya sebuah ciri-ciri dalam diskusi diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Memegang terhadap dua orang atau lebih.
  • Berlangsung dengan adanya sebuah suasana yang tertib, bebas, dan sistematis dengan aturan yang telah disepakati.
  • Semua anggota yakni memiliki sebuah kesempatan untuk mendengarkan dalam interaksi pribadi langsung dengan memanggil media suara dan untuk mengekspresikan pendapat mereka dengan cara bebas.
  • Memiliki sebuah tujuan yang harus dicapai dengan melalui kolaborasi yakni dalam antar anggota.

Macam – Macam Diskusi

Terdapat berbagai macam-macam dalam diskusi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Sarasehan

Sarasehan merupakan adanya sebuah pertemuan diadakan untuk mendengarkan pendapat para ahli (infrastruktur) tentang pertanyaan / masalah di bidang-bidang tersebut.

2. Seminar

Seminar merupakan dapat menemui para ahli yang berusaha dalam mencapai sebuah kesepakatan mengenai sesuatu.

3. Lokakarya atau Sanggar Kerja

Lokakarya merupakan adanya sebuah pertemuan yakni sebagai membahas sebuah karya atau pekerjaan.

4. Konferensi

Konferensi merupakan adnaya sebuah pertemuan untuk membahas masalah yang telah kita hadapi.

5. Simposium

Simposium merupakan adnaya sebuah pertemuan yang telah diadakan untuk sementara waktu menghambat pelaksanaan kegiatan tersebut.

6. Muktamar

Muktamar merupakan sebuah perwakilan dari organisasi konferensi bersama-sama membuat keputusan tentang masalah yang akan datang.

7. Diskusi Kelompok

Diskusi Kelompok merupakan dapat memecahan dengan sebuah masalah yakni terhadap kelompok kecil.

8. Diskusi Panel

Diskusi penel yakni dapat diadakan dengan peserta panel (peserta dalam diskusi panel) dan dilihat atau dapat dikunjungi dengan beberapa pendengar dan dapat diatur terhadap moderator.

Tujuan Diskusi

Kegiatan dalam sebuah diskusi yakni tentunya dilakukan sebagai suatu tujuan khusus yang ingin dicapai, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Untuk bertukar ide dan pikiran di antara para panelis.
  • Dapat melatih dalam sebuah keterampilan berpikir para panelis untuk mendapatkan sebuah wawasan yakni yang begitu lebih luas.
  • Mengkomunikasikan dan mempraktikkan sikap demokratis pada peserta dalam diskusi karena mereka terbiasa menyampaikan pendapat orang lain dan mendengarkannya.
  • Berlatih berbicara dengan berkomunikasi dan menanggapi pendapat orang lain dengan informasi yang relevan.
  • Praktekkan toleransi dan hormati pendapat orang lain dan berikan jawaban yang relevan.
Baca Juga :  Pengertian Hiponim

Interaksi dalam sebuah komunikasi yakni antara dua orang atau lebih. Adanya sebuah tujuan dalam diskusi merupakan untuk mencapai kesepakatan tentang topik yang dibahas.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap daan jelas yakni mengenai Pengertian Diskusi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.