Pengertian E-book

2 min read

Pengertian E-book – Publikasi buku dengan berbentuk digital, termasuk gambar, teks, atau keduanya, dapat dibaca di layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang disebut sebagai “versi elektronik dari buku cetak”, ada e-book yang dibuat tanpa versi cetak.

Karena berfungsi sebagai media media. Secara umum, perusahaan menawarkan e-book gratis untuk pengguna yang membutuhkannya. Cukup masukkan alamat email dan pengguna dapat mengunduh buku-e dengan tutorial atau informasi yang diperlukan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian E-book. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu E-Book ?

Pengertian E-book merupakan adanya buku digital atau elektronik yang biasanya berisi informasi atau instruksi atau suatu tutorial. E-book ini hanya dapat dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik misalnya tablet, komputer, dan smartphone.

Berbeda dengan kebanyakan buku cetak, e-book (e-book) atau e-book juga mengandung teks dan gambar dengan berbagai topik seperti teknologi e-book, e-book, e-book motivasi dan e-book buku teks dan banyak lagi topik lainnya.

Pengertian-E-book

Di era digital ini, e-book lebih sering digunakan daripada buku cetak. Jika Anda merujuk pada pemahaman e-book sebagai buku digital, lebih mudah untuk menggunakan dan menyimpannya, sehingga banyak orang lebih suka membeli e-book daripada buku cetak.

Format E-Book

Adapun berbagai format dalam e-book, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Teks Polos

Teks polos ialah adanya suatu format paling sederhana yang dapat ditampilkan sebagian besar program pada PC. Pada beberapa perangkat seluler, format ini dapat dibaca dengan perangkat lunak yang perlu Anda instal dengan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Kode Etik Profesi Akuntan

b. JPEG

JPEG yakni memiliki suatu format gambar lainnya, format JPEG lebih besar dibandingkan dengan informasi teks yang dikandungnya. Oleh karena itu, umumnya tidak populer untuk buku elektronik volume tinggi, tetapi untuk komik atau mangga, yang proporsinya lebih grafis.

c. PDF

Format PDF menawarkan keuntungan lebih dari format siap cetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku yang sebenarnya. Selain itu, ia memiliki fungsi pencarian, daftar isi, memuat gambar, tautan eksternal dan multimedia.

d. LIT

Format LIT adalah adanya suatu format dari Microsoft Reader yang dapat digunakan untuk memotong teks dalam buku elektronik hingga kedalaman layar perangkat seluler yang digunakan untuk membaca. Keuntungan format ini adalah font tersebut dapat dibaca.

e. Format Open Electronic Book Package

Format ini juga dikenal sebagai OPF FlipBook. OPF adalah format buku elektronik berbasis XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format ini diketahui ketika FlipBooks adalah perangkat lunak presentasi yang menyertakan buku 3D untuk dicetak dan diputar.

f. HTML

Ini dapat diakses dalam format teks dan teks. Tata letak teks dan gambar dapat dikelola, tetapi hasil di layar terkadang tidak cocok ketika dicetak.

Fungsi Dan Manfaat Ebook

Contoh-E-Book

Adapun berbagai fungsi dan manfaat dalam e-book, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Pengungkapan Gagasan atau Ide Baru

Jika Anda ingin membuat buku untuk mengembangkan ide baru, tetapi tidak memiliki sarana untuk membuat buku di toko buku berikutnya. Jangan khawatir, e-book adalah alternatif yang bagus bagi Anda yang suka menulis dan mempunyai suatu ide-ide hebat serta ide-ide yang menyenangkan dan bermanfaat.

2. Sebagai Media Informasi

Melalui e-book kami menemukan informasi yang kami cari, serta buku biasa. Perbedaan antara e-book dan buku normal adalah isinya. Buku-buku biasa biasanya hanya berisi teks dan gambar. Namun, e-book berisi konten media multimedia seperti teks, gambar, video dan audio.

Baca Juga :  Pengertian Pendelegasian Wewenang

Selain e-book itu sendiri, format PDF dan HTML khususnya memiliki fungsi pencarian yang memudahkan Anda menemukan informasi yang Anda butuhkan. Ambil blog ini sebagai contoh.

Solusi e-book tersedia untuk siswa yang mudah bosan dan yang kesulitan menemukan jawaban dari guru mereka selama masa studi mereka. Karena e-book lebih mudah dipahami daripada buku biasa, belajar e-book itu menyenangkan dan lengkap.

Tujuan E-Book

Adapun berbagai tujuan dalam e-book, yakni:

  • Dapat menjadikan suatu belajar yang mudah.
  • Mempermudah guru untuk menugaskan mereka.
  • Memfasilitasi pembelajaran kelompok online untuk siswa.
  • Guru dapat membuat materi tersedia bahkan ketika guru berada di luar.
  • Dapat mengikuti ujian online karena lebih mudah.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian E-book. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.