Pengertian Ekologi

Posted on

Pengertian Ekologi – Pada umumnya meneliti interaksi organisme dengan lingkungan. Ruang lingkup ekologi dasar terbatas pada sejumlah hal, termasuk individu, komunitas, ekosistem, populasi, dan biografi.

Ketika memeriksa hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya, beberapa aspek dan prinsip harus dipertimbangkan. Ada juga penjelasan ekologis, cabang ilmu yang telah meneliti interaksi makhluk hidup atau kelompok makhluk hidup terhadap lingkungannya.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Ekologi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk.. Simak sebagai berikut.

Apa itu Ekologi ?

Pengertian Ekologi juga dapat diartikan sebagai cabang ilmu yang meneliti dalam suatu interaksi kelompok makhluk atau makhluk hidup hidup terhadap lingkungannya.

Istilah ekologis sering dipandang sebagai bahasa asing yang jarang didengar oleh publik. Faktanya, sebagian besar orang beranggapan bahwa ekuivalen ekologis ekosistem yang sebenarnya yakni begitu aneh.

Pengertian-Ekologi

Ekologi atau ekologi, dikenal oleh ahli biologi Jerman Ernst Heinrich Philipp August Haeckel atau yang biasa dikenal dengan Ernst Haeckel. Secara ekologis, ekologi berasal dari kata Yunani oikos dan logo. Oikos berarti ruang hidup ketika logo berarti pengetahuan.

Sebagaimana diteliti lebih lanjut, ekologi karenanya memiliki kepentingan untuk memeriksa hubungan antara organisme dan hubungan antara organisme dan lingkungannya. Pandangannya bisa berbeda karena beberapa ahli mempunyai pendapat yang berbeda.

Baca Juga :  Pengertian Kontaminasi

Manfaat Ekologi bagi Manusia dan Lingkungan Hidup

Pelajari lebih lanjut tentang interaksi organisme dengan organisme dan organisme lain dengan lingkungannya. Manusia sebagai organisme juga merupakan salah satu masalah ekologis.

Melalui ekologi, kita dapat belajar lebih banyak tentang makhluk di bumi dari gunung tinggi hingga dasar laut dalam. Selain itu, melalui pengetahuan ini kita dapat memahami peran manusia di bumi.

Berikut ialah beberapa manfaat terhadap lingkungan dari penggunaan sehari-hari, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Mengenal Lebih Banyak Keanekaragaman Hayati

Kehidupan menyebar dari dasar laut ke gunung tertinggi. Tentu saja keanekaragaman hayati ini harus dipelajari oleh manusia. Selain penemuan bentuk kehidupan dan penerapan pengetahuan manusia untuk spesies hidup, cara hidup makhluk hidup dan lingkungannya nantinya dapat dipelajari untuk manusia.

b. Mengenal Lebih Jauh Mekhluk Hidup

Biologi perilaku adalah salah satu cabang ekologi. Ini karena perilaku barang, tergantung pada lingkungan, dan terutama hewan, .

c. Membantu Memecahkan Masalah Pangan

Manusia mungkin adalah jaring makanan tingkat tertinggi. Seperti yang kita ketahui, semua materi di Bumi berada dalam satu siklus. Ekologi menjelaskan bahwa makanan yang digunakan adalah barang yang baik dari produsen lain, dengan produsen utama menjadi konsumen sekunder atau primer.

d. Membantu Mengetahui Dampak Terhadap Lingkungan

Apakah kita lupa menggunakan DDT pada 1970-1980? Sebagai menghilangkan hama ini, ditemukan pestisida bernama DDT. DDT sangat efektif dalam menyingkirkan serangga global untuk waktu yang lama. Tetapi setelah bertahun-tahun digunakan, dampak terhadap suatu lingkungan mulai memudar.

e. Membantu Memecahkan Masalah Pertanian

Kesuburan tanah tidak hanya terjadi, tetapi juga terkait dengan biologis yang terkandung di dalamnya. Sebagian besar tanaman, termasuk pertanian, bergantung pada mikroorganisme dan tanaman karena mereka membutuhkan nitrat dan amonium yang tidak dapat disintesis.

Baca Juga :  Penyimpangan Sosial

Ruang Lingkup Ekologi

Pada umumnya, ekologi meneliti interaksi organisme dengan lingkungannya. Pembatasan dalam suatu subjek atau ekologi adalah:

1. Individu

Seorang individu adalah unit dari organisme tertentu atau jenis tertentu. Contohnya ialah terhadap manusia, burung, gajah, dan lain sebagainya.

2. Masyarakat atau Komunitas

Komunitas adalah sekelompok hal yang terdiri dari banyak kelompok populasi dan berinteraksi satu sama lain di tempat tertentu dan pada waktu tertentu. Contoh komunitas rumput adalah padang rumput, padang rumput, populasi ular, populasi burung, dan banyak lagi.

3. Populasi

Populasi ialah suatu kelompok orang yang sama di tempat tertentu dan pada waktu tertentu. Contohnya adalah populasi manusia, populasi rumput, populasi burung, dan banyak lagi.

4. Ekosistem

Ekosistem ialah terhadap suatu kondisi yang saling terkait dan bergantung pada makhluk hidup dan lingkungannya. Contohnya ekosistem air laut, ekosistem hutan, dan sebagainya.

5. Biosfer

Ilmu kehidupan ialah adanya suatu tingkat tertinggi organisasi biologis, ada kehidupan di bumi dan ada interaksi antara lingkungan fisik dengan cara keseluruhan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Ekologi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.