Pengertian Ekonomi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian ekonomi beserta prinsip, tujuan dan juga contoh kegiatan ekonomi. Mari kita simak materi berikut ini.

Pengertian Ekonomi

Ekonomi menurut pengetian mendasar merupakan salah satu aspek yang terjadi dalam keseharian manusia. Yang mana aspek ini mengakibatkan adanya transaksi antara satu individu dan individu yang lain, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Seseorang dapat memenuhi kebutuhannya melalui aspek ekonomi. Seperti untuk memenuhi kebutuhan pangan, maka seseorang menukarkan sejumlah uang dengan beras (aktivitas jual-beli).

Secara harfiah ekonomi yaitu segala daya dan upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran.

Menurut Samuelson dijelaskan bahwa “cara untuk memenuhi kebutuhan itu dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya tertentu. Oleh manusia sumber daya tersebut diolah untuk menjadi suatu barang dan didistribusikan kepada khalayak ramai”.

Tujuan Ekonomi

Pengertian ekonomi

Apabila kebijakan ekonomi dalam suatu negara tidak dijalankan maka yang akan terjadi adalah ketidakstabilan perekonomian di negara tersebut. Tujuan yang terpenting dalam ekonomi yaitu:

1. Pertumbuhan Ekonomi

Kebutuhan seseorang akan bertambah dan tidak akan ada habisnya, hali ini menyebabkan pertumbuhan di sektor produksi yang tentu saja dapat diatasi dengan cara menaikkan produksi yang pada akhirnya berdampak pula terhadap ekonomi.

2. Pemerataan Ekonomi

Bagi sebagian negara luar ada yang menganggap bahwa Indonesia telah maju dalam sektor ekonomi, tapi ada pula yang menaggap sebaliknya.

Baca Juga :  Sistem Pembayaran

Jakarta, Bandung, Makasar dan sebagainya hanya kota ini saja yang berkembang di Indonesia, sedangkan Indonesia memiliki begitu banyak kota. Maka diperlukan adanya pemerataan ekonomi.

3. Stabilitas Ekonomi

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi yang mana bila salah satunya naik maka dampaknya akan mempengaruhi seluruh sektor. Contohnya kenaikan harga BBM.

Prinsip Ekonomi

Secara umum terdapat beberapa prinsip ekonomi, yaitu sebagai berikut:

1. Prinsip Produksi

Perekonomian berperan dalam proses penghasilan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Proses ini membutuhkan biaya baik dari segi moril dan juga materil.

Misalnya, terciptanya lapangan pekerjaan yang memrpoduksi barang tertentu.

2. Prinsip Distribusi

Aspek distribusi yang meliputi aktivitas penyaluran suatu produk kepada konsumen. Aktivitas ini dilakukan dengan perhitungan waktu yang baik, sehingga barang sampai di tempat penjualan dengan tepat waktu.

Contohnya, Penyaluran sayur-sayuran dan buah-buahan dari petani menuju pasar yang dilakukan pada dini hari untuk selanjutnya dijual kepada konsumen oleh pasar.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip konsumsi merupakan aktivitas pemakaian/penggunaan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan.
Contohnya,
Sesorang membeli mie instan untuk kemudian dimasak, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Contoh Tindakan Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat beberapa macam kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap hari. Berikut beberapa diantaranya:

1. Tindakan Ekonomi Dalam Keluarga

Untuk mempertahankan keluarga agar tetap hidup maka diperlukan adanya tindakan ekonomi seperti:

  • Ayah berperan sebagai kepala keluarga harus bekerja untuk mendapakan penghasilan. Ayah bekerja pada suatu perusahaan dan memberi sumber daya sebagai dedikasi kepada perusahaan tersebut. Maka perusahaan memberikan imbalan berupa upah peghasilan. Penghasilan tersebut dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Tindakan ini merupakan tindakan ekonomi sehari-hari yang terjadi dalam keluarga.
  • Ibu rumah tangga belanja rutin setiap hari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Peran ibu untuk memenuhi kebutuhan keluarga membutuhkan tindakan ekonomi. Saat mendapat uang bulanan dari suami, ibu akan membagi berbagai kebutuhan keluarga untuk satu bulan ke depan. Belanja bahan makanan untuk dikonsumsi oleh keluarga. Tindakan ini merupakan tindakan ekonomi sehari-hari yang terjadi dalam keluarga.
Baca Juga :  Filsafat Ekonomi Islam

2. Tindakan Ekonomi Perorangan

Setiap individu pasti memiliki kebutuhan ekonomi masing-masing, dan proses ekonomi yang terjadi pada diri seseorang bisa dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal.

Faktor internal terjadi karena atas kebutuhan pribadi, sedangkan faktor eksternal terjadi karena manusia merupakan makhluk sosial. Contohnya:

  • Seseorang membutuhkan sesuatu baik itu makanan maupun barang. Ketika seseorang pulang setelah bekerja, kemudian dia merasa lapar maka dia akan pergi ke sebuah restataurant untuk membeli makan.
  • Ketika seorang mahasiswa membutuhkan laptop maka dia akan berusaha untuk memilikinya, baik dengan cara meminta uang kepada orang tua ataupun mencari kerja paruh waktu, kemudian upah yang dia dapat ditabung sampai akhirnya dapat membeli laptop tersebut.

3. Tindakan Ekonomi Perdagangan

Perdagangan merupakan kegiatan transaksi jual beli antara produsen kepada konsumen, kegiatan ekonomi perdagangan yaitu produsen menyediakan dan mendistribusikan berbagai jenis barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.

4. Tindakan Ekonomi Jasa

Kegiatan ekonomi di bidang jasa adalah kegiatan yang dilakukan sebagai pemberi layanan suatu jasa.

Contohnya jasa transportasi baik itu transportasi darat, laut, maupun udara. Ada juga yang bergerak dibidan pariwisata yakni untuk memenuhi kebutuha para wisatawan luar yang berkunjung ke Indonesia.

Baca juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian ekonomi beserta prinsip, tujuan dan juga contoh kegiatan ekonomi. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Pengertian Ekonomi
5 (100%) 1 vote[s]