Pengertian Geometri dan Rumus-rumus Dasarnya Lengkap

Posted on

Pengertian Geometri dan Rumus-rumus Dasarnya Lengkap – Salah satu materi dasar yang dipelajari sejak dasar yaitu geometri. Kita mulai diajari untuk menggambar berbagai bentuk. Dari sebuah titik pun kita dapat membentuk berbagai macam bentuk benda. Baik itu rumah, kursi, sepeda, dan benda lainnya. Benda – benda tersebut termasuk dalam geometri.

Geometri merupakan awal. Awal di sini maksudnya adalah titik. Dengan titik kita dapat membuat apapun. Dari sebuah titik kita dapat menariknya menjadi sebuah garis. Kemudian garis tersebut digabungkan dengan garis lainnya membentuk sebuah bidang. Bidang dapat membentuk sebuah bangun datar. Dari bangun datar kita dapat membuat bangun ruang. Dengan membuat bangun ruang kita dapat mendirikan bangunan yang lebih besar seperti rumah, gedung, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, guruakuntansi.co.id akan membahas mengenai pengertian dari geometri dan rumus – rumus dasar secara lengkap dan jelas. Ayo semangat belajar!

Pengertian Geometri

Dalam matematika, geometri merupakan ilmu yang mempelajari titik, garis, ruang, sudut, dan volume yang berkaitan satu sama lainnya. Geometri memiliki titik dan garis yang membentuk sebuah bangun.

Karena geometri juga merupakan titik awal sehingga hubungan yang dihasilkan dari titik begitu kuat. Tidak akan menjadi garis jika tidak ada titik. Itu sebabnya titik merupakan awal dari bangun. Lantas bagaimana bisa terdapat pembangunan dari berbagai bentuk bangun di kehidupan kita?

Selain tentang bangun, geometri juga termasuk dalam materi barisan dan deret. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan geomteri bangun.

Macam-macam Geometri

Ilmu yang berhubungan dengan titik dan garis ini memiliki berbagai macam jenisnya di antaranya yaitu:

  1. Geometeri bangun datar, mempelajari tentang garis dan sudut dalam bidang datar.
  2. Geometri bangun ruang, mempelajari tentang bangun ruang tiga dimensi.
  3. Geometri diferensial merupakan materi yang lebih tinggi. Materi ini dipelajari pada kalkulus yang mempelajari sifat – sifat dari kurva.
  4. Geometri deskriptif merupakan teknik yang digunakan mendeskripsikan hubungan dari permukaan tiga dimensi pada suatu permukaan bidang.
  5. Geometri analitik merupakan metode aljabar yang mempelajari tentang garis – garis dan kurva – kurva yang dinyatakan dalam persamaan aljabar.
Baca Juga :  Rumus Trapesium Mencari Luas, Keliling, dan Diagonal

Dari kelima macam – macam geometri tersebut yang akan kita bahas lebih lanjut yaitu geometri bangun datar dan bangun ruang. karena ketiga macam geometri lainnya dipelajari pada tingkatan yang lebih tinggi yaitu saat SMA dan lebih dalam ketika kuliah.

Jenis Bangun Geometri

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai Macam-macam Bangun Datar dan Bangun Ruang Plus Gambarnya Anda dapat melihat artikel ini untuk lebih jelasnya. Pada bangun geometri yang telah dipelajari sejak awal yaitu bangun datar. Dari sebelum kita bersekolah bentuk bangun datar ini telah diajarkan oleh orang tua kita.

Jenis bangun datar geometri yaitu seperti bangun lingkaran, kerucut, segi tiga, segi empat, dan segi n lainnya. Semua bangun tersebut berasal dari titik yang ditarik menjadi garis.

Rumus Dasar Geometri

Berikut ini merupakan rumus dasar geometri dari bangun datar yaitu:

Bangun DatarRumus
PeregiLuas = sisi x sisi                                                          
Persegi PanjangLuas = panjang x lebar
SegitigaLuas = ½ x alas x tinggi
TrapesiumLuas = ½ x (alas atas + alas bawah) x tinggi
Jajar GenjangLuas = alas x tinggi
Layang-layangLuas = ½ x diagonal1 x diagonal2
LingkaranLuas = 2 x  x r2
Luas Bangun Datar
Dengan π dibaca phi adalah 22/7 atau 3, 14 dan r adalah jari – jari.

Sebaiknya Anda tidak hanya mengingat rumus-rumus tersebut saja. Supaya Anda lebih memahami rumus tersebut. Kerjakan soal-soal yang berhubungan dengan geometri jika masih kesulitan Anda dapat memulainya dengan mengerjakan contoh soal yang terdapat pada materi sebelumnya. Silakan Anda buka guruakuntansi.co.id untuk melihat artikel lainnya.

Meski materi ini merupakan geometri dasar yang sudah dipelajari sejak dasar tapi tak jarang anak – anak murid yang masih belum mengetahui rumus dasar tersebut. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman yang baik yang menyebabkan anak hanya mengerjakan sekilas dan melupakan rumus bangun – bangun tersebut.

Baca Juga :  Cara Memecahkan Soal Persamaan Linear Dua Variabel

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan rumus – rumus dasar dari geometri lengkap dengan jenisnya. Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami geometri. Terima kasih.