Pengertian Geopolitik

Posted on

Pengertian Geopolitik – Persatuan masyarakat yang telah berdiri untuk dirinya sendiri atau untuk negara dan mempunyai sebuah makna bidang politik yang berarti kepentingan publik warga negara suatu bangsa.

Geopolitik dengan tradisional dapat menunjukkan dalam sebuah hubungan antara kekuatan bidang politik dan ruang geografis dengan berdasarkan sebuah kepentingan relatif pasukan laut dan darat dalam sejarah dunia.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap jelas yakni mengenai Pengertian Geopolitik, latar belakang, tujuan beserta fungsinya. untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Geopolitik ?

Geopolitik telah berasal dari sebuah dua kata, yakni “Geo” dan “Politik”. Diskusi tentang pemahaman geopolitik karenanya tidak dapat dipisahkan dari diskusi tentang politik dan geografi. “Geo” berarti planet bumi dan bumi.

Pengertian-Geopolitik

Menurut Preston James, geografi berkaitan dengan perencanaan tata ruang, sebuah sistem untuk menempati ruang di permukaan bumi. Jadi geografi berkaitan dengan keterkaitan antara manusia dan lingkungan tempat mereka tinggal. Selalu dikaitkan dengan pemerintahan atau kekuasaan selama politik tersebut.

Dalam studi tentang hubungan internasional, geopolitik adalah sebuah studi yang melihat hubungan dan masalah internasional dari perspektif spasial atau geosentris. Konteks teritorial di mana hubungan terjadi bervariasi tergantung pada fungsi kawasan dalam interaksi, ukuran kawasan, dan hierarki aktor ialah dari nasional, internasional hingga kawasan kontinental, juga di wilayah provinsi atau di tingkat lokal.

Geopolitik mengkaji kepentingan strategis dan politis suatu wilayah geografis, yang meliputi lokasi, wilayah, dan sumber daya alam kawasan tersebut. Geopolitik terdiri dari empat komponen: kondisi geografis, politik dan strategis, keterkaitan antara geografi dan politik dan unsur kebijaksanaan.

Baca Juga :  Nilai Sosial

Sejarah Konsep Geopolitik

Sebelum abad ke-19, pandangan geopolitik mengenai dunia berputar di sekitar lingkungan negara dan negara tetangga. Para ahli tidak sepenuhnya memahami geografi bumi. Ini karena pengetahuan manusia tentang bumi tidak lengkap, sarana transportasi dan komunikasi sangat terbatas, terutama terhadap kemampuan untuk menjelajah.

Contoh Geopolitik

Dalam teori geopolitiknya, profesor geografi di Universitas London percaya bahwa benteng paling kuat di dunia adalah di Asia. Perkembangan sejarah dunia pada dasarnya dibentuk oleh konflik antara kekuatan darat dan kekuatan angkatan laut.

Fungsi Wawasan Nusantara

Dalam wawasan nusantara dapat berfungsi untuk sebuah pedoman, dan rambut serta dorongan, dan motivasi dalam mendefinisikan semua pedoman, keputusan dan tindakan untuk administrasi negara dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Peranan Geopolitik

Berikut ini adalah sebuah peran dalam geopolitik dengan cara umum untuk suatu negara, ialah:

  • Untuk meningkatkan sebuah posisi suatu negara di mata internasional.
  • Berusaha dalam menggabungkan sebuah kekuatan negara terhadap potensi sumber daya alam yang telah tersedia.
  • Dapat menentukan sebuah arah utama yang bertujuan untuk negara, contohnya fokus dalam sebuahpembangunan.
  • Menghubungkan semua tindakan pemerintah dengan situasi dan kondisi alami.
  • Dapat penyelesaian dan penghindaran dalam sengketa dengan wilayah terhadap negara-negara tetangga.
  • Menentukan dalam sebuah bentuk dan pola politik secara internasional dan domestik.

Tujuan Geopolitik

Terdapat beberapa sebuah tujuan dalam geopolitik secarea lengkap, diantaranya ialah sebagai berikut:

Tujuan nasional, sebagaimana ditunjukkan oleh pembukaan konstitusi 1945, menyatakan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah untuk “melindungi semua orang Indonesia dan semua keracunan darah Indonesia, mendidik kehidupan bangsa, untuk mencapai kebaikan bersama, dan pada Realisasi tatanan dunia untuk berpartisipasi “pada kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial. “

Tujuan kedua ialah sebagai membawa sebuah kesatuan dalam semua aspek kehidupan alami dan sosial. Dapat disimpulkan bahwa adanya sebuah tujuan terhadap rakyat Indonesia adalah untuk melindungi kepentingan nasional dan regional untuk mengatur dan memajukan kesejahteraan, kemuliaan, kedamaian, dan martabat orang di seluruh belahan dunia.

Baca Juga :  Tugas MPR

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Geopolitik, sejarah, fungsi, peranan, beserta tujuan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.