Pengertia Hewan

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian hewan beserta ciri-ciri hewan dan jenis-jenis hewan. Berikut penjelasannya. . .

Apa itu Hewan?

Hewan adalah mahluk hidup yang mampu beradaptasi di berbagai lingkungan. Hewan dapat hidup di laut, air tawar, kutub, dan padang pasir (gurun).

Hewan yang ada hanya memakan hewan lainnya. Ada yang parasite, ada yang memakan tumbuhan dan hewan, serta ada juga yang hanya memakan tumbuhan saja.

pengertian hewan

Hewan menampilkan struktur, peran dan aktivitas yang bervariasi. Mereka  dapat ditemukan dalam ukuran, warna, dan bentuk tubuh yang mengagumkan. Baca Juga : Pengertian Opini Audit

Ciri-ciri Hewan

Hewan mempunyai daya gerak, cepat tanggap terhadap rangsangan eksternal, tumbuh mencapai besar tertentu, memerlukan makanan bentuk kompleks dan jaringan tubuhnya lunak.

Perbedaan itu berlaku secara umum, tentu saja ada kelainan-kelainannya. Tiap individu, baik pada hewan uniselular maupun pada hewan multiselular, merupakan satu unit.

Hewan itu berorganisasi, berarti tiap bagian dari tubuhnya merupakan subordinat dari individu sebagai keseluruhan baik sebagai bagian suatu sel maupun seluruh sel.

Inilah yang disebut konsep organismal, suatu konsep yang penting dalam biologi. Secara umum berikut ini adalah ciri-ciri hewan :

1.Hewan merupakan mahluk hidup eukariotik multiselular (kelompok metazoan).

2.Hewan tidak melakukan kegiatan fotosintesis. Hewan termasuk mahluk hidup heterotroph dan memperoleh energy dengan cara memakan mahluk hidup lain. 

3.Hewan secara khas bereproduksi secara aseksual. 

4.Hewan secara khas bereproduksi secara aseksual. 

5.Hewan mmpu merespons dengan cepat terhadap rangsang dari luar. Kemampuan tersebut merupakan hasil aktivitas sel saraf, otot (jaringan kontraktif), atau keduanya. Baca Juga : Analisis Finansial

Baca Juga :  Apa itu Destilasi?

6. Hewan merupakan mahluk hidup yang motil (aktif bergerak) selama tahap tertentu dalam siklus hidupnya. Hewan yang diam (stasioner) sekalipun, misalnya hewan spons, memiliki tahap motil berupa larva yang berenang.

Jenis-jenis Hewan

1. HERBIVORA : Pemakan Tumbuhan contoh hewan herbivora antara lain Sapi, Kambing, Kuda, Kelinci dan lain sebagainya.

sapi
kuda
kambing
Kelinci

2. KARNIVORA : Pemakan Daging contoh hewan karnivora diantaranya adalah Kucing, Singa, Harimau, Anjing, Serigala dan masih banyak lagi.

kucing
anjing
harimau
singa

3. OMNIVORA : Pemakan Tumbuhan dan Daging contoh hewan omnivora diantaranya Tikus dan Ayam. Baca Juga : Konjungsi Penerang

tikus
ayam

Demikianlah pembahasan tentang pengertian hewan, beserta ciri-ciri hewan dan jenis-jenis hewan. Semoga bermanfaat, dan Terima kasih.